Sponsors Link

Penyebab Abses Ginjal Terlengkap yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Abses ginjal adalah istilah medis yang digunakan untuk penyakit infeksi ginjal. Seperti yang diketahui, infeksi ginjal biasanya terjadi sebagai hasil komplikasi penyakit infeksi saluran kemih yang menyebar. Abses ginjal atau infeksi ginjal dapat terjadi pada siapa saja dengan berbagai penyebab. Misalnya infeksi ginjal pada anak balita terjadi karena adanya kelainan ginjal bawaan sejak lahir. Atau infeksi ginjal pada anak dengan usia lebih besar disebabkan infeksi bakteri karena lingkungan yang kotor. Sedangkan abses ginjal atau infeksi ginjal pada ibu hamil terjadi karena saluran uretra yang pendek sehingga bakteri lebih mudah masuk dan menyebar.

ads

Penyebab Abses Ginjal

Agar dapat menemukan pengobatan dan cara mengatasi yang tepat, penyebab abses ginjal atau penyebab infeksi ginjal harus dipahami. Inilah penyebab abses ginjal yang sering terjadi:

1. Pielonefritis

Pielonefritis adalah istilah medis untuk infeksi saluran kemih. Ketika bakteri sudah menyebar dari saluran kemih hingga ke ginjal, maka saat itulah abses ginjal terjadi. Penyebaran bakteri ini bisa berlangsung dengan sangat cepat. Oleh karena itu sebelum terjadi komplikasi yang parah, segera lakukan pengobatan yang tepat untuk infeksi saluran kemih.

2. Glomerulonefritis

Penyakit ini adalah sebuah kondisi dimana gelembung kecil di dalam ginjal atau glomeruli mengalami peradangan. Glomeruli adalah tempat untuk menyaring kotoran dalam darah, dan sisa yang tidak terserap tubuh akan dibuang melalui urine. Penyebab utama penyakit ini adalah infeksi yang terjadi pada ginjal. Kenali ciri ciri infeksi ginjal sejak dini agar penyakit ini cepat disembuhkan.

3. Kehamilan

Ada alasan medis mengapa infeksi ginjal pada ibu hamil sering terjadi. Pada kondisi normal, wanita memiliki saluran uretra yang lebih pendek dari pria sehingga bakteri lebih mudah masuk. Saat wanita hamil, aliran urine menjadi lebih lambat sehingga penyebaran bakteri berlangsung lebih cepat. Wanita hamil harus secara rutin memeriksakan kondisi kesehatannya secara menyeluruh untuk memastikan tidak terjadi komplikasi akibat kehamilan.

4. Penyumbatan Saluran Kemih

Salah satu penyebab abses ginjal yang paling utama adalah adanya masalah pada saluran kemih, salah satunya adalah ketika terjadi penyumbatan pada saluran kemih. Saat saluran kemih tersumbat, aliran urine menjadi tidak lancar dan menyebabkan bakteri semakin menumpuk. Bakteri ini kemudian dengan cepat menyebar hingga ke organ ginjal yang menyebabkan abses ginjal.

5. Infeksi Prostat

Penyakit prostat banyak ditemukan pada pria dengan usia 50 tahun ke atas. Kelenjar prostat pada pria memang akan mengalami pembesaran seiring bertambahnya usia. Prostat yang semakin membesar juga meningkatkan resiko penyakit, salah satunya adalah infeksi prostat. Bakteri penyebab infeksi ini akan berbahaya jika sudah menyebar hingga ke ginjal.

Sponsors Link

Cara Mengatasi Abses Ginjal

Abses ginjal bisa disembuhkan apabila Anda mengetahui cara yang tepat, seperti berikut ini:

  • Antibiotik

Obat infeksi ginjal di apotik memang mudah ditemukan dan bisa dibeli secara bebas. Namun jangan sembarangan mengomsumsi antibiotik tanpa tahu dosis yang tepat dan aman. Mintalah resep dokter untuk obat antibiotik yang tepat. Obat yang biasa diberikan adalah ciprofloxacin atau amoxicillin untuk dosis normal. Namun wanita yang sedang hamil biasanya diberi antibiotik dengan dosis yang lebih rendah seperti cephalexin.

ads

  • Obat pereda nyeri

Salah satu gejala yang dirasakan saat abses ginjal adalah nyeri buang air kecil. Hal ini bisa diatasi dengan obat pereda nyeri. Sekali lagi, konsumsi obat hanya di bawah pengawasan dokter. Mengonsumsi obat gangguan ginjal sembarangan akan membuat kondisi ginjal lebih parah lagi.

Pencegahan Abses Ginjal

Agar ginjal tidak sampai mengalami infeksi, diperlukan langkah pencegahan yang tepat, seperti di bawah ini:

  • Kebersihan Organ Intim Selalu Dijaga

Bakteri penyebab abses ginjal bisa masuk dengan mudah melalui organ intim. Oleh karena itu jaga selalu kebersihan organ intim agar tidak mudah dimasuki oleh bakteri. Bakteri yang masuk tidak hanya menyebabkan penyakit ginjal saja, tetapi bisa juga memicu penyakit pada alat kelamin.

  • Menghindari Penggunaan Kateter

Kateter biasanya digunakan oleh pasien yang dirawat di rumah sakit. Namun jika tidak perlu, hindari penggunaannya sebisa mungkin. Kateter akan menjadi tempat berkembangnya bakteri apabila jarang diganti.

  • Minum Air Putih

Untuk menjaga agar tubuh tetap sehat, minum air putih yang cukup. Air putih akan membantu melancarkan metabolisme di dalam tubuh. Manfaat lain yang bisa dirasakan adalah air putih bisa mengeluarkan semua racun dan kotoran yang ada di dalam tubuh, baik melalui keringat atau melalui urine.

  • Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Salah satu penyebab tubuh mudah terkena penyakit adalah sistem imun yang lemah. Meski kondisi tubuh sedang sehat dan tidak sakit, konsumsi vitamin untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan membuatnya tahan terhadap serangan berbagai penyakit.

Itulah penyebab abses ginjal yang patut diwaspadai siapa saja. Sebelum ginjal terkena penyakit, lakukan cara merawat ginjal agar tetap sehat dengan semaksimal mungkin. Ada banyak hal yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan makan makanan pencuci ginjal yang sehat dan aman. Makanan pencuci ginjal akan membantu mengeluarkan semua kotoran di dalam ginjal. Selain itu, jauhi kebiasaan yang bisa merusak ginjal seperti suka merokok dan minum minuman keras.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :