Sponsors Link

Penyakit yang Bisa Dideteksi dari Urine yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Urine atau air seni merupakan hasil ekskresi dari organ ginjal yang disalurkan ke saluan kemih lalu dibuang ke luar tubuh. Sebagai material pembuangan, urine tentunya bisa digunakan untuk identifikasi medis beberapa gangguan dari tubuh, mengingat senyawa-senyawa dari urine serta sifat-sifat urine juga dipengaruhi oleh kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Berikut beberapa penyakit yang bisa dideteksi dari urine.

ads
  1. Penyakit ginjal

Seperti yang dijelaskan di atas, urine berhubungan dengan ginjal karena ginjal adalah organ yang bertugas untuk proses terbentuknya urine. Sehingga untuk mengetahui berbagai permasalahan di ginjal, salah satu jenis tes yang bisa dilakukan adalah tes urine. Tes Urine Penyakit Ginjal ini bisa membantu diagnosis beberapa penyakit atau gangguan pada ginjal, misalnya infeksi ginjal, tumor ginjal, gagal ginjal, kelainan ginjal, dan sebagainya.

Hal ini bisa dilihat dari karakter atau sifat urine, misalnya dari warna, volume, serta kandungan-kandungan yang ada di dalam urine. Misalnya jika ada protein berlebihan di dalam urine.

  1. Penyakit saluran kemih

Sama halnya dnegan ginjal, urine juga berhubungan erat dengan saluran kemih. Ginjal dan saluran kemih akan bekerja sama untuk mengeluarkan urine dari tubuh. Sehingga jika ada gangguan di saluran kemih, tes urine juga kerap kali dilakukan sebagai salah satu prosedur diagnosis. Beberapa gangguan saluran kemih misalnya Penyakit Infeksi Saluran Kemih, batu saluran kemih, gangguan pada kandung kemih, Kandung Kemih Bocor, dan masih banyak lagi.

Jika seseorang mengalami gangguan di saluran kemih, urine bisa berubah warna, berubah volume, atau berubah baunya. Selain itu akan muncul beberapa gejala lain seperti muncul rasa sakit saat buang air kecil, sakit pinggang, atau juga ketidakmampuan tubuh untuk menahan urine sehingga urine sering keluar dengan sendirinya.

  1. Diabetes melitus

Penyakit yang bisa dideteksi dari urine berikutnya adalah diabetes melitus. Diabetes melitus adalah sebuah penyakit yang ditandai dengan tingginya kadar gula pada darah. Diabetes melitus ini bisa juga dilihat atau diuji dengan tes urine, karena memang ada beberapa Perbedaan Urine Normal dan Diabetes yang perlu diketahui sebagai indikator awal. Misalnya dari warnanya, frekuensi buang air kecilnya, atau juga dari aromanya.

  1. Hepatitis B

Hepatitis B merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus yang sering dikenal juga dengan penyakit kuning. Penyakit yang satu ini menyerang organ hati dan menyebabkan beberapa gejala yang khas. Urine pada penderita hepatitis B akan menjadi lebih gelap warnanya.

Sponsors Link

  1. Masalah pada prostat

Pada laki-laki, gangguan pada prostat juga berhubungan dengan urine karena prostat berada di bawah kandung kemih. Jika muncul gangguan pada prostat, urine bisa jadi akan bercampur dengan darah sehingga warnanya menjadi berubah. Selain itu, volume atau kekuatan pancaran urine juga bisa menjadi lemah.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai beberapa jenis penyakit yang bisa dideteksi dari urine. Ketahui beberapa Ciri Urine Sehat yang perlu diketahui. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda. Jika Anda memiliki masalah dengan urine atau perubahan terhadap warna urine, segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

Sponsors Link
>
, , ,