Sponsors Link

Penyakit yang Bisa Dideteksi dari Darah yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Darah merupakan bagian penting dalam tubuh yang berperan dalam berbagai macam metabolisme. Darah mengangkut oksigen dan sari-sari ke seluruh tubuh, sehingga darah bisa juga dijadikan metode untuk mengetahui kesehatan seseorang. Berikut beberapa penyakit yang bisa dideteksi dari darah yang perlu diketahui.

ads
  1. Penyakit ginjal

Ginjal merupakan organ tubuh yang penting dalam mengeluarkan limbah dan racun dari dalam tubuh. Ginjal bekerja dalam memproses urine sebagai material limbah yang sudah tidak lagi dibutuhkan dalam tubuh. Mekanisme kerja ginjal adalah untuk menyaring darah. Sehinga jika ginjal terganggu, darah bisa menjadi salah satu indikator yang dapat membantu diagnosis.

Tes Darah untuk Penyakit Ginjal dilakukan dengan mengetahui beberapa hal, misalnya dengan mengetahui nilai kreatinin, ureum, asam urat, dan sebagainya dari dalam darah. Dimana jika darah mengandung sejumlah senyawa secara berlebihan, msialnya Urea Darah Tinggi atau kreatinin tinggi, bisa jadi itu adalah tanda bahwa ginjal sedang terganggu.

  1. Kolesterol

Kolesterol juga bisa dilihat dari tes darah, dimana darah akan digunakan untuk mengukur kadar lemak dari tubuh. Kadar kolesterol perlu untuk diketahui, terutama bagi mereka yang memiliki riwayat tinggi kolesterol, karena jika kadar kolesterol darah meningkat, akan dapat memicu berbagai gangguan misalnya memicu penyakit kadriovaskular.

  1. TORCH

TORCH adalah singkatan dari Toxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus, dan Herples Simplex. Keempat penyakit tersebut merupakan jenis penyakit yang berbahaya bagi ibu hamil dan janin. Pemeriksaan TORCH bisa dilakukan tes darah, yaitu dengan memeriksa zat antibodi dari penyakit tersebut.

  1. Hepatitis B

Hepatitis B merupakan salah satu Penyakit yang Bisa Dideteksi dari Urine. Hepatitis B juga bisa dideteksi dengan tes darah. Hepatitis B itu sendiri merupakan salah satu gangguan pada hati. Jika tidak diatasi dengan baik, penyakit ini bisa menyebabkan berbagai masalah berat pada tubuh mengingat organ hati juga sangat penting peranannya. Tes darah untuk mendeteksi Hepatitis B dilakukan untuk mengetahui HbsAg dan nilai Anti HBs.

  1. Diabetes

Penyakit yang bisa dideteksi dari darah berikutnya adalah diabetes. Diabetes mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat dimana diabetes memang semakin banyak menyerang dan menyebabkan berbagai permasalahan. Diabetes ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah. Diabetes yang tidak terkontrol bisa menyebabkan berbagai penyakit jangka panjang, termasuk gagal ginjal kronis. Hubungan Gagal Ginjal dengan Diabetes memang cukup erat, sehingga tes kadar gula darah perlu dilakukan secara rutin terutama bagi mereka yang berisiko diabetes.

Sponsors Link

  1. Fungsi hati

Selain penyakit ginjal atau fungsi ginjal, tes darah juga bisa dilakukan untuk mengetahui fungsi hati sebagai alat ekskresi. Hati bertugas untuk memecah senyawa racun serta mengasilkan urea, amonia, serta asam urat. Tes fungsi hati dilakukan dengan mengukur enzim hati dan zat lainnya dari darah. Beberapa istilah yang diuji dari darah adalah nilai SGOT, SGPT, Gamma GT, dan juga Alkali Fosfatase.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai penyakit yang bisa dideteksi dari darah yang termasuk di dalamnya berkaitan dengan kesehatan ginjal. Ketahui juga beberapa jenis Tes Urine Penyakit Ginjal. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
>
, , , ,