Sponsors Link

8 Penyakit Sistem Kemih yang Sering Terjadi

Sponsors Link

Sistem kemih terdiri dari beberapa organ. Kesemua organ di sistem kemih bekerja sama dalam proses terbentuknya urine pada manusia. Namun ada kalanya sistem urine mengalami gangguan. Gangguan pada sistem kemih kebanyakan disebabkan oleh adanya penyakit di sistem kemih. Berikut beberapa jenis penyakit sistem kemih yang sering ditemukan pada saluran kemih.

ads
  1. Glomerulonefritis

Salah satu penyakit pada saluran kemih yang cukup seeing ditemui adalah Glomerulonefritis. Penyakit ini adalah sebuah inflamasi yang terjafi pada glomeruli. Glomeruli sendiri adalah bagian dari ginjal yang berfungsi untuk menyaring darah sehingga dapat memgganggu proses penyaringan di ginjal.

  1. Sindrom Nefrotik

Penyakit sistem kemih lainnya yang kerap terjadi di saluran kemih adalah Sindrom Nefrotik. Sindrom ini adalah kelainan yang ditandai dengan adanya peningkatan kadar protein pada urine. Dalam artian ginjal bocor protein, sehingga protein banyak yang terbuang bersama urine. Gangguan ini juga terjadi pada organ ginjal.

  1. Gagal Ginjal Kronik

Gagal ginjal terbagi menjadi dua yaitu kronis dan akut. Namun kasus gagak ginjal kronis lebih banyak terjadi karena banyak faktor yang melatarbelakanginya. Kebanyakan disebabkan oleh adanya riwayat diabetes dan hipertensi. Kondisi ini akan menyebabkan fungsi ginjal menurun secara bertahap dan perlahan sehingga ginjal lama kelamaan akan mengalami kerusakan. Jika sudah demikian cuci darah hingga transplantasi ginjal diperlukan.

  1. Kanker Kandung Kemih

Penyakit sistem kemih juga tidak hanya menyerang organ ginjal saja, karena organ lain di sistem kemih juga kerap kali mendapatkan gangguan. Salah satunya adalah kandung kemih. Dan salah satu penyakit pada kandung kemih uang bisa terjadi adalah kanker. Kanker Kandung Kemih merupakan sebuah tumor atau jaringan tumbuh abnormal pada kandung kemih. Gangguan ini akan menyebabkan gangguan urine atau gangguan kencing, bahkan menunjukkan gejala urine bercampur darah atau hematuria.

  1. Kandung Kemih Hiperaktif

Penyakit lain di saluran kemih atau sistem kemih yang menyerang kandung kemih adalah kandung kemih hiperaktif atau overaktif. Gejalanya adalah seseorang yang terus menerus buang air kecil (beser). Selain itu penderitanya bisa jadi akan kesulitan untuk mengontrol urine yang keluar. Penderita kandung kemih hiperaktif akan membutuhkan popok dewasa untuk menjaga kualitas hidupnya. Penyebab penyakit ini bisa karena faktor usia, bisa juga karena kesalahan atau gangguan pada syaraf.

  1. ISK (Infeksi Saluran Kemih)

Penyakit sistem kemih lainnya yang juga umum terjadi adalah Penyakit Infeksi Saluran Kemih. Infeksi ini kebanyakan disebabkan oleh infekai bakteri yang berhasil mencapai saluran kemih. Bakteri biasa berasal dari proses membersihkan diri setelah buang air kecil dan buang air besar yang salah atau tidak bersih. Sehingga bakteri dari anus bisa berpindah ke bagian kemih. Kebanyakan penderita infeksi ini adalah wanita karena anatomi uretra lebih pendek daripada laki-laki.

Sponsors Link

  1. Batu Ginjal

Penyakit pada saluran kemih lainnya yang sering ditemui dalam masyarakat adalah batu ginjal. Batu ginjal adalah sebuah kristal atau batu di dalam ginjal yang terbentuk dari sisa endapan limbah di ginjal yang kemudian mengeras. Batu ginjal ini sendiri bisa menghambat jalannya urine untuk dibuang sehingga perlu dikeluarkan dari tubuh.

  1. Batu Saluran Kemih

Mirip dengan batu ginjal, penyakit Batu Saluran Kemih juga terbentuk dengan mekanisme yang sama. Hanya saja posisinya yang berbeda. Yaitu berada di kandung kemih atau saluran kemih bagian bawah.

Demikianlah beberapa penyakit sistem kemih yang biasa terjadi dan kasusnya cukup umum ditemui. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , ,