Sponsors Link

Penyakit Ginjal Menular atau Tidak ? Ini Penjelasannya

Sponsors Link

Penyakit ginjal merupakan penyakit yang menyerang organ ginjal. Ada banyak sekali jenis penyakit ginjal yang terjadi dengan penyebab yang juga beraneka ragam. Ginjal itu sendiri adalah organ tubuh yang masuk dalam sistem ekskresi. Fungsinya adalah untuk membuang limbah dari darah dalam bentuk urine. Mungkin ada beberapa orang yang belum mengetahui apakah penyakit ginjal menular atau tidak, sehingga berikut beberapa penjelasan yang perlu diketahui.

ads

Penyakit Ginjal Bisa Menular atau Tidak?

Seperti yang dijelaskan di atas, penyakit ginjal adalah gangguan yang menyerang ginjal yang banyak jenisnya. Ada gagal ginjal akut, gagal ginjal kronis, batu ginjal, Infeksi Ginjal, kista ginjal, dan masih banyak lagi. Masing-masing penyakit ginjal tersebut memiliki penyebab yang berbeda-beda, tergantung dari masing-masing jenisnya.

Namun, berikut ringkasan dari beberapa penyebab penyakit ginjal atau Penyebab Fungsi Ginjal Menurun.

  • Bisa disebabkan oleh Macam Macam Penyakit Ginjal Bawaan sejak lahir atau bahkan sejak janin berada dalam kandungan
  • Bisa disebabkan oleh reaksi inflamasi, misalnya jika ada infeksi atau reaksi autoimun pada tubuh
  • Bisa disebabkan oleh penuaan atau faktor usia dan menyebabkan penurunan fungsi ginjal
  • Bisa disebabkan oleh cedera atau trauma tertentu pada organ ginjal
  • Bisa disebabkan akibat masalah lain pada tubuh atau kerusakan organ tubuh lainnya (sebagai komplikasi dari penyakit lain, seperti diabetes atau hipertensi)

Dari beberapa penyebab penyakit ginjal di atas, bisa diketahui bahwa penyakit ginjal sangat berbeda dengan penyakit lain yang bisa menular, misalnya influenza, TBC, atau penyakit lainnya. Sehingga jika ada yang bertanya mengenai apakah penyakit ginjal menular atau tidak, maka jawabannya adalah tidak.

Sehingga jika ada anggota keluarga atau teman yang terserang penyakit ginjal, tidak perlu menjaga jarak dengan mereka. Justru mereka membutuhkan dukungan moril agar bisa tetap semangat dalam menjalani pengobatan mereka.

Mencegah Penyakit Ginjal

Karena penyakit ginjal tidak menular, tentunya penyakit ini bisa dicegah agar tidak sampai menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang. Pencegahan terhadap penyakit ginjal tidak jauh-jauh dari menjalankan pola hidup sehat. Berikut beberapa cara Mencegah Penyakit Ginjal yang bisa dilakukan.

Sponsors Link

  • Meminimalisir kelainan bawaan ginjal sejak lahir dengan memeriksakan kandungan secara berkala dengan dokter.
  • Jangan suka menahan air kencing terlalu lama karena bisa mengganggu ginjal dan saluran kemih.
  • Mengonsumsi air yang cukup setiap hari.
  • Jaga tekanan darah agar tetap normal.
  • Kurangi risiko diabetes. Bagi Anda yang memiliki risiko diabetes, sebaiknya kontrol gula darah secara berkala.
  • Hindari mengonsumsi minuman yang bisa merusak ginjal seperti minuman keras, minuman energi, minuman soda, dan sebagainya.
  • Bijaklah dalam mengonsumsi obat-obatan dan suplemen kesehatan karena konsumsi dengan dosis dan cara yang salah bisa mempengaruhi ginjal.
  • Jaga pola makan seimbang dan konsumsilah makanan sehat.
  • Hindari kebiasaan buruk merokok.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai apakah penyakit ginjal menular atau tidak serta beberapa cara mencegah penyakit ginjal yang bisa dilakukan. Ketahui juga beberapa penjelasan mengenai Peluang Penderita Ginjal Bisa Sembuh berdasarkan jenis penyakitnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
>
, , ,