Sponsors Link

Hubungan Penyakit Ginjal Kronis dan Radang Paru

Sponsors Link

Perlu diketahui jika sangat penting untuk memperoleh informasi terbaru tentang vaksinasi anda khususnya jika anda memiliki penyakit ginjal, gagal ginjal stadium 5 atau sudah melakukan transplantasi ginjal. Ada beberapa vaksin yang anda butuhkan dan salah satu vaksin yang mungkin tidak anda ketahui adalah vaksin untuk penyakit pneumokokus sebab ada hubungan antara penyakit ginjal kronis dan radang paru yang harus anda ketahui.

Apakah Penyakit Radang Paru

Penyakit radang paru atau pneumokokus merupakan infeksi yang disebabkan karena bakteri pneumokokus yang bisa menyebabkan penyakit serius dan bahkan mematikan seperti pneumonia, meningitis dan sepsis atau infeksi darah.

Semua orang bisa terkena penyakit ini, namun beberapa orang memiliki risiko lebih tinggi seperti bayi, orang berusia 65 tahun ke atas dan orang dewasa segala usia dengan okndisi kesehatan tertentu seperti penyakit ginjal. Anda juga memiliki risiko lebih tinggi apabila sedang menjalani dialisis atau menjalani transplantasi ginjal. Lalu, apa hubungan penyakit ginjal dan radang paru sebenarnya?.

Siapa yang Berisiko Terkena Penyakit Radang Paru?

Umumnya, tubuh akan melawan semua yang bukan bagian dari dirinya seperti virus dan kuman.Memiliki penyakit ginjal dan gagal ginjal bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga infeksi akan lebih mudah bertahan. Bahkan, dokter dan peneliti sudah menemukan jika sebagian besar infeksi seperti yang disebabkan oleh penyakit pneumokokus dan lebih buruk lagi pada orang dengan gangguan ginjal.

Orang dengan transplantasi ginjal juga mempunyai sistem kekebalan yang melemah. Ini disebabkan karena obat antirejeksi atau imunosupresan yang melindungi tubuh menolak bagian organ ginjal yang sudah ditransplantasikan dan menekan sistem kekebalan tubuh anda. Berita baiknya, mendapatkan vaksinasi bisa membantu melindungi terhadap penyakit pneumokokus.

Apa Saja Gejala Pneumokokkus?

Gejalanya tidak selalu sama pada setiap penderita dan bisa muncul tanpa peringatan. Tergantung pada apakah infeksi menyebabkan pneumonia, sepsis atau meningitis, maka anda mungkin akan mengalami beberapa kombinasi gejala berikut ini:

  • Tiba tiba mengalami demam.
  • Kedinginan atau gemetar.
  • Sesak napas.
  • Batuk.
  • Sakit dada.
  • Leher terasa kaku.
  • Disorientasi.

Jika anda mengalami salah satu dari gejala ini, maka segera dapatkan bantuan medis dan pergi ke ruang gawat darurat.

Apa Pentingnya Vaksin?

Vaksin sangatlah penting sebab penyakit pneumokokus menyebabkan beberapa penyakit yang berbeda. Bakteri pneumokokus bisa masuk ke paru paru dan menyebabkan pneumonia. Jika masuk ke aliran darah, maka bisa menyebabkan infeksi yang disebut dengan sepsis. Ini juga bisa menginfeksi penutup jantung atau bisa menyerang sistem saraf pusat dan menyebabkan meningitis.

Penyakit pneumokokus sangat berbahaya dan mematikan. Semua bentuk penyakit pneumokokus bisa serius bahkan mematikan. Namun sepsis dan meningitis adalah yang paling serius. Orang orang yang selamat dari keduanya sering menghadapi rawat inap, waktu pemulihan yang lama dan juga masalah kesehatan yang menghancurkan seperti kejang, gangguan pendengaran, kebutaan dan lumpuh.

Pneumonia pneumokokus juga berbahaya. Ini bisa menyebabkan kematian pada 5 sampai 7% orang yang mendapatkannya. Pada beberapa orang, ini bisa menyebabkan serangan jantung atau bahkan gagal jantung.

Orang dengan penyakit ginjal, gagal ginjal kronis atau transplantasi ginjal juga harus divaksinasi influenza. Flu atau influenza juga merupakan infeksi serius yang harus dilindungi oleh penderita penyakit ginjal kronis dan juga bisa meningkatkan risiko penyakit pneumokkokus.

Penderita penyakit ginjal harus mendapatkan vaksinasi flu setiap tahun tidak hanya pada musim dingin namun juga untuk semua musim.

Seberapa Sering Harus Divaksinasi?

Ada 2 jenis vaksin pneumokokus untuk orang dewasa yakni vaksin polisakarida pneumokokus atau PPSV23 dan juga vaksin konjuasi pneumokokus atau PCV13. Orang dewasa dengan penyakit ginjal, gagal ginjal atau transplantasi ginjal harus menerima kedua jenis vaksin tersebut.

Vaksin pneumokokus juga direkomendasikan untuk anak anak yang lebih tua dan remaja dengan macam macam penyakit ginjal, gagal ginjal atau transplantasi organ bahkan untuk bayi. Jika memang anak anak belum divaksinasi, maka segera bicarakan dengan dokter anda.

Sponsors Link
>
, , ,