Sponsors Link

Penyebab Umum Penyakit Ginjal Kronis dan Gagal Ginjal Akut

Sponsors Link

Ginjal adalah dua buah organ yang ada di rongga perut pada kedua sisi tulang belakang, di tengah punggung dan tepat di atas pinggang. Organ ginjal mempunyai beberapa tugas penting yang tidak bisa digantikan organ lainnya khususnya dalam mempertahankan hidup semua orang. Ginjal bertugas untuk membersihkan darah dengan cara menghilangkan cairan berlebih serta limbah, menjaga keseimbangan garam dan juga mineral dalam darah serta membantu dalam mengatur tekanan darah. Pada saat ginjal rusak terjadi, maka produk limbah serta cairan bisa menumpuk di dalam tubuh dan menyebabkan edema atau pembengkakan di pergelangan kaki, muntah, lemas, kurang tidur dan juga sesak napas. Jika tidak segera ditangani, maka ginjal yang sakit tersebut akhirnya bisa berhenti berfungsi secara total dan bisa berakibat fatal. Berikut ini akan kami berikan beberapa penyebab dari penyakit ginjal kronis dan gagal ginjal akut untuk menambah informasi anda seputar kesehatan ginjal.

ads

Penyebab Gagal Ginjal Akut

Hilangnya fungsi ginjal secara tiba tiba disebut dengan cedera ginjal akut. Cedera ginjal akut bisa disebabkan karena 3 faktor utama yakni aliran darah ke organ ginjal berkurang, kerusakan langsung yang terjadi pada ginjal dan juga penyumbatan urin dari ginjal. Beberapa penyebab umum dari gagal ginjal akut diantaranya adalah:

  • Dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh. Trauma cedera dengan kehilangan cukup banyak darah.
  • Tadan masalah ginjal yang disebabkan karena syok selama infeksi berat yang disebut dengan sepsis.
  • Obstruksi aliran urin seperti pembesaran pada prostat pria.
  • Kerusakan karena beberapa obat tertentu atau toksin.
  • Komplikasi selama masa kehamilan seperti eklampsia dan juga pre-eklampsia atau berhubungan dengan sindrom HELLP.

Seorang pelari marathon dan juga atlet lain yang tidak minum cairan dalam jumlah cukup selama berkompetisi dengan durasi waktu lama kemungkinan bisa menderita gagal ginjal akut akibat rusaknya jaringan otot secara tiba tiba. Kerusakan otot tersebut bisa melepaskan banyak protein dalam aliran darah yang dinamakan mioglobin dan ini bisa merusak organ ginjal anda.

Penyakit Ginjal Kronis

Gangguan ginjal dan juga menurunnya fungsi yang terjadi lebih dari tiga bulan disebut dengan penyakit ginjal kronis. Penyakit ginjal kronis ini sangatlah berbahaya sebab penderita mungkin tidak mengalami gejala apapun hingga akhirnya berkembang menjadi parah. Hal yang sering terjadi ketika diobati, kerusakan ginjal sudah terlanjur terjadi dan diabetes tipe 1 dan tipe 2 serta tekanan darah tinggi menjadi penyebab paling umum dari terjadinya penyakit ginjal kronis. Sedangkan beberapa hal lain yang bisa menyebabkan penyakit ginjal kronis diantaranya adalah: 

Sponsors Link

  • Kondisi sistem kekebalan tubuh seperti lupus dan juga penyakit virus kronis seperti hepatitis B, hepatitis C dan juga HIV/AIDS.
  • Penyakit infeksi saluran kemih dalam organ ginjal yang disebut dengan pielonefritis dimana ini bisa menyebabkan luka ketika proses pemulihan infeksi dan beberapa episode bisa menyebabkan kerusakan ginjal.
  • Peradangan pada filter kecil atau glomeruli dalam bagian organ ginjal yang bisa terjadi sesudah infeksi strep dan juga kondisi lain yang menyebabkan tidak diketahui dengan pasti.
  • Penyakit ginjal polikistik atau kista ginjal polikistik yakni ginjal yang terisi dengan cairan dan terbentuk pada organ ginjal secara bertahap dan ini menjadi bentuk paling umum dari turunan penyakit ginjal.
  • Cacat bawaan yang terjadi ketika bayi dilahirkan akibat dari obstruksi saluran kemih atau malformasi yang bisa berpengaruh pada ginjal. Salah satu yang paling umum adalah melibatkan mekanisme seperti katup di antara kandung kemih dan uretra. Cacat ini terkadang ditemukan pada bayi dalam kandungan dan bisa diatasi dengan pembedahan ahli urologi.
  • Obat dan juga racun termasuk paparan jangka panjang untuk beberapa obat dan juga bahan kimia seperti NSAID atau obat anti inflamasi non steroid seperti naproxen, ibuprofen dan juga pemakaian intravena obat.

Tahap akhir dari penyakit ginjal bisa terjadi sekitar 90% dari fungsi ginjal yang sudah terlanjur hilang. Seseorang dengan gagal ginjal kemungkinan akan mengalami lemas, mual dan muntah, kelelahan kronis, sulit berkonsentrasi, kebingungan dan juga nafsu makan yang menurun dimana semua ini bisa didiagnosis dengan tes darah dan juga tes urin. Demikian ulasan dari kami tentang beberapa penyebab penyakit ginjal kronis dan gagal ginjal akut yang bisa disebabkan karena beberapa hal berbeda meski sama sama menyerang organ ginjal.

Sponsors Link
>
, , ,