Sponsors Link

Hubungan Penyakit Ginjal Karena Komplikasi Lupus

Sponsors Link

Lupus disebut dengan penyakit autoimun sebab sistem kekebalan tubuh yang sebenarnya bertugas untuk melindungi tubuh dari penyakit akan berbalik menyerang tubuh dan menyebabkan kerusakan jaringan serta organ. Lupus terdiri dari dua jenis yakni sistemik lupus eritematosus yang berbahaya untuk kulit, sendi, bagian organ ginjal dan otak yang bisa berakibat fatal. Sedangkan jenis lupus yang kedua adalah discoid lupus erytematosus yang hanya mempengaruhi kulit penderita saja. Penyebab lupus sendiri sebenarnya tidak diketahui dengan pasti, namun riwayat keluarga dan lingkungan seperti infeksi, bahan kimia beracun dan infeksi kemungkinan berperan penting dalam penyakit tersebut. Pria dan juga wanita dari semua ras bisa saja terkena lupus, namun 90% orang yang didiagnosis terkena lupus umumnya adalah wanita. Lalu, apakah benar penyakit ginjal karena komplikasi lupus bisa benar benar terjadi?, berikut akan kami berikan penjelasannya.

ads

Hubungan Lupus Dengan Ginjal

Macam macam penyakit ginjal karena komplikasi lupus bisa terjadi dalam kadar ringan dan juga berat dimana kerusakan unit penyaringan yakni glomeruli pada ginjal akan mengalami kerusakan. Kerusakan glomeruli yang bertugas untuk membersihkan darah dari limbah ini akan membuat ginjal bekerja dengan buruk atau bahkan sampai tidak bekerja sama sekali. Sekitar 90% penderita lupus kemungkinan besar juga akan mengalami gangguan ginjal, namun hanya sekitar 3% saja yang sampai mengembangkan ciri ciri ginjal bermasalah sehingga membutuhkan pengobatan lebih lanjut. Penyakit ginjal yang dialami karena penyakit lupus ini memang umumnya tidak menimbulkan gejala, akan tetapi perubahan warna urin menjadi gelap, tekanan darah tinggi, nyeri di area pinggang dan peningkatan berat badan karena penumpukan cairan serta pembengkakan sekitar mata, kaki dan tangan kemungkinan akan terjadi.

Deteksi Lupus Menyebabkan Penyakit Ginjal

Untuk melihat apakah penyakit lupus yang diderita sudah berkembang dan sudah menimbulkan penyebab ginjal tidak berfungsi, maka dokter akan menguji darah serta urine penderita lupus untuk melihat apakah penyakit ginjal karena komplikasi lupus memang sudah benar benar terjadi. Tes urin dilakukan untuk memeriksa protein, darah dan hal lain yang memperlihatkan tanda kerusakan ginjal. Sedangkan tes darah dilakukan untuk kreatinin serum yang bisa dipakai untuk menghitung tingkat glomerular fitration atau GFR serta memperlihatkan apakah organ ginjal bisa menyaring limbah dari dalam darah dengan cukup baik. 

Sponsors Link

Akibat Penyakit Ginjal Karena Komplikasi Lupus

Jika gagal ginjal kronis terjadi karena komplikasi lupus, maka nantinya penderita memerlukan pengobatan dengan dialisis atau transplantasi ginjal. Pasien lupus juga disarankan untuk melakukan perawatan tersebut seperti layaknya orang dengan penyakit ginjal. Bahkan, pasien penyakit lupus ginjal juga tidak jarang harus melakukan transplantasi ginjal dan obat yang dipakai untuk mencegah penolakan ginjal baru pada tubuh sama dengan obat yang digunakan untuk mengobati lupus. Untuk jangka panjang, pasien kemungkinan juga harus mengkonsumsi beberapa jenis obat dalam beberapa tahun. Bahkan pasien juga terkadang membutuhkan pemeriksaan secara berkala.

Untuk itulah, penderita diharapkan juga belajar lebih jauh tentang penyakit dan juga faktor yang bisa menyebabkan penyakit tersebut kambuh kembali yang bahkan bisa disebabkan karena paparan sinar matahari. Kegiatan diluar ruangan antara jam 10 hingga 4 sore sebisa mungkin harus dihindari. Jika memang terpaksa harus keluar rumah, maka gunakan tabir surya kuat, topi, jaket dan sebagainya untuk melindungi tubuh. Segala perintah yang dianjurkan dokter juga harus dilakukan dengan baik khususnya mengkonsumsi obat obatan sesuai petunjuk dari dokter. 

Sponsors Link

Faktor kelelahan juga bisa menyebabkan penyakit ini kambuh sehingga pastikan anda mengatur antara aktivitas fisik dengan waktu istirahat secara baik. Untuk penyakit kronis juga membutuhkan pemahaman serta dukungan dari keluarga sebab ketika penyakit ini aktif, maka penderita lupus akan mengalami penurunan kemampuan untuk beraktivitas. Inilah yang membuat peran keluarga dalam mengatur kemampuan penderita agar lebih fleksibel sangat dibutuhkan ketika harus hidup dengan penderita lupus.

Sponsors Link
>
, , ,