Sponsors Link

3 Jenis Penyakit Ginjal Akibat Makan Protein Terlalu Berlebihan

Sponsors Link

Hingga saat ini, perdebatan tentang penyakit ginjal akibat makan protein terlalu berlebihan memang benar atau tidak. Namun satu hal yang pasti adalah seseorang yang memiliki riwayat ciri ciri penyakit ginjal sangat dianjurkan untuk mengurangi asupan protein setiap hari. Ini harus dilakukan karena protein bisa menambah kerja ginjal yang memang sudah mengalami gangguan. Rata rata orang dewasa membutuhkan protein antara 0.8 hingga 1 gram per kg berat badan untuk sehari. Untuk beberapa kondisi, seseorang kemungkinan butuh protein yang lebih banyak. Namun untuk pemilik riwayat penyakit ginjal disarankan untuk mengurangi konsumsi protein agar tidak menambah kerja ginjal. Berikut akan kami jelaskan beberapa penyakit ginjal yang bisa terjadi ketika anda mengkonsumsi protein terlalu banyak.

ads
  1. Nefrolitiasis atau Batu Ginjal

Batu ginjal atau nefrolitiasis merupakan batu atau massa yang terkandung dalam urin. Batu ginjal sendiri terdiri dari beberapa macam seperti batu kalsium yang terbentuk dari kalsium oksalat seperti kacang kacangan, coklat, sayur serta buah. Batu struvite yang terbentuk karena infeksi dan paling mudah berkembang menjadi besar. Batu asam urea karena jarang minum air putih dan kehilangan cairan dalam jumlah banyak dan juga batu cystine karena keturunan atau memang memiliki gangguan fungsi ginjal. Mengkonsumsi makanan yang mengandung protein terlalu banyak menjadi penyebab utama dari ciri ciri batu ginjal jenis asam urea. Ini sudah dibuktikan lewat penelitian dimana ditemukan jika mengkonsumsi makanan tinggi protein selama 6 minggu berturut turut bisa menyebabkan urin mengandung kalsium dan juga aciuria atau urin asam yakni berubahnya pH tubuh menjadi asam. Ketika ini terjadi terus menerus, maka bisa memicu pembentukan batu ginjal.

Dalam penelitian melibatkan 45 ribu pria yang rata rata mengkonsumsi protein dalam jumlah banyak. Hasilnya ditemukan jika ada hubungan antara mengkonsumsi protein dengan ciri ciri batu ginjal awal. Protein khususnya dari hewani seperti daging ayam, daging sapi, makanan laut dan juga telur bisa membuat kadar sitrat dalam tubuh semakin menurun yang sebetulnya berfungsi untuk mencegah batu ginjal. Untuk itulah penyakit ginjal akibat makan protein bisa terjadi khususnya masalah batu ginjal.

  1. Gagal Ginjal Akut

Seseorang dikatakan terkena gagal ginjal akut pada saat organ ginjal tidak lagi bisa berfungsi dengan baik yakni menyaring zat dari aliran darah. Ketika fungsi ginjal menghilang, maka zat yang semestinya dibuang tubuh bersama urin akan mengendap dan terkumpul di dalam tubuh yang kemudian mengganggu fungsi dari tubuh. Gagal ginjal akut merupakan penyakit yang bisa berkembang dengan cepat dan akan terus memburuk dari hitung hari bahkan hanya dalam hitungan jam.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan ciri ciri gagal ginjal akut dan salah satunya adalah terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang tinggi protein. Iskea dalam ginjal merupakan kondisi pembuluh darah di organ ginjal yang tersumbat sehingga ginjal tidak mendapatkan oksigen dan makanan dalam jumlah cukup. Ini kemudian akan menyebabkan jaringan pada organ ginjal ikut mati dan gagal ginjal terjadi.

  1. Glomerulosclerosis

Glomerulosclerosis merupakan kerusakan pada bagian ginjal bernama glomerulus. Glomerulus sendiri adalah bagian organ ginjal yang berfungsi untuk menyaring darah, membuang zat dan cairan yang tidak diperlukan yang semuanya akan dibuang sebagai urin. Sebetulnya fungsi glomerulus dalam menyaring darah memang akan menurun seiring dengan pertambahan usia dan akan semakin parah pada seseorang yang memiliki riwayat hipertensi atau penyakit ginjal lain. 

Sponsors Link

Selain itu, rusaknya glomerulus juga semakin kronis untuk seseorang yang mengkonsumsi protein terlalu banyak sebab ginjal tidak akan bisa menyaring protein berlebih sehingga menjadi penyebab adanya protein dalam urin akan mengendap dalam urin.

Apakah Tidak Boleh Makan Protein?

Protein tetap harus dikonsumsi karena menjadi sumber zat gizi makro yang dibutuhkan tubuh untuk membangun dan memelihara sel tubuh. Akan tetapi mengkonsumsi protein juga harus dibatasi khususnya protein hewani sebab kadar lemaknya terbilang tinggi dibandingkan protein nabati. Untuk itu jika dikonsumsi terlalu berlebihan, maka bisa menyebabkan masalah kesehatan tidak hanya penyakit ginjal namun juga penyakit degeneratif seperti penyakit jantung.

Sponsors Link
>
, , ,