Sponsors Link

Penyakit Batu Ginjal – Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang paling penting untuk dijaga kesehatannya. Dengan organ ginjal yang sehat, tubuh bisa mendapatkan berbagai macam manfaat karena fungsi tubuh bisa berjalan dengan lancar dan normal. Sementara apabila organ ginjal mengalami sakit, ada banyak sistem tubuh yang akan terpengaruh karena kerusakan pada sistem ginjal akan mengakibatkan kerusakan pada sistem tubuh yang lainnya.

ads

Oleh karena itu kamu harus mempelajari banyak hal untuk menjaga kesehatan ginjalmu, seperti misalnya penanganan batu ginjal, cara mencegah gagal ginjal, cara mengobati ginjal bocor, penyebab penyakit ginjal, beberapa ciri-ciri penyakit ginjal seperti gejala sakit ginjal pada wanita atau gejala batu ginjal pada pria dan lain sebagainya. Salah satu hal yang perlu kamu pelajari adalah mengenai penyakit  ginjal.

Salah satu penyebab kerusakan organ ginjal adalah karena adanya penyakit-penyakit tertentu yang menyerang ginjal. Beberapa di antaranya adalah gagal ginjal, ginjal bengkak, ginjal bocor, ginjal mengecil dan juga salah satunya adalah batu ginjal. Batu ginjal termasuk masalah yang cukup serius karena bisa menyebabkan masalah ginjal yang lain. Tidak jarang, penyakit seperti gagal ginjal terjadi karena didahului oleh penyakit batu ginjal yang tidak bisa teratasi dengan baik.

Batu ginjal pada dasarnya adalah sebuah keadaan terdapatnya kristal oksalat atau kristal dari bahan lain yang berada di salah satu saluran kemih, atau di dalam ginjal, sehingga menyumbat atau mempersulit aliran cairan yang ada di antara saluran-saluran tersebut. Apabila batu ginjal semakin membesar, maka ginjal atau saluran kemih bisa mengalami iritasi dan juga bisa mengakibatkan cairan tidak bisa keluar masuk ke dalam sistem saluran kemih dan ginjal dengan optimal. Oleh karena inilah bisa terjadi gagal ginjal, ginjal bengkak, dan lain sebagainya.

Bagaimana agar kamu bisa mengatasi dan mencegah penyakit ini dengan baik? Tentu saja kamu harus mempelajari tentang batu ginjal bukan? Oleh karena itulah dalam artikel kali ini akan kita bahas aspek-aspek batu ginjal yang bisa membantumu memahami penyakit batu ginjal dengan baik.

Penyebab Batu Ginjal

Masalah pertama yang perlu kamu ketahui adalah mengenai penyebab terjadinya batu ginjal. Dengan mengetahui penyebab batu ginjal maka kamu bisa menghindari batu ginjal dengan baik. Ada banyak hal yang membuat kenapa kamu bisa terkena batu ginjal. Oleh karena itu maka kamu harus mengetahui apa saja penyebab-penyebab tersebut agar bisa menghindari dan mengantisipasi lebih lanjut.

Secara medis, sebenarnya tidak dapat dipastikan secara presisi apa saja yang menyebabkan masalah batu ginjal. Akan tetapi ada beberapa penyebab umum yang bisa menjadi penyebab gagal ginjal. Beberapa penyebab umum yang memungkinkan terjadinya batu ginjal itu adalah sebagai berikut.

Sponsors Link

  • Konsumsi makanan tinggi kalsium yang terlalu banyak
  • Konsumsi makanan dengan kandungan oksalat yang terlalu banyak
  • Memakan terlalu banyak makanan yang mengandung kadar asam urat tinggi
  • Kadang kala, batu ginjal juga disebabkan karena faktor genetika alias karena masalah keturunan
  • Terjadinya proses pembentukan urine yang tidak sempurna sehingga gagal menghasilkan zat pemisah antara zat-zat kristal yang ada di saluran kemih
  • Terjadinya infeksi ginjal
  • Gaya hidup yang buruk dan kurang banyak minum air
  • Memakan terlalu banyak makanan tinggi protein terutama protein hewani tanpa diimbangi dengan minum air yang cukup
  • Terlalu banyak asam amino sistinuria yang diproduksi oleh ginjal
  • Tidak menghindari makanan penyebab sakit ginjal
  • Kurang memakan makanan yang baik untuk ginjal
ads

Cara Mengatasi Batu Ginjal

Mengetahui penyebab batu ginjal saja tidak akan cukup untuk membuat kita bisa menghindari masalah batu ginjal dengan baik. Apabila kita telah mengalami, atau orang lain telah menderita gagal ginjal, maka berupaya untuk menghindari masalah batu ginjal tersebut tidak akan cukup. Kamu harus mengetahui bagaimana cara untuk mengatasi penyakit batu ginjal.

Ada berbagai macam cara untuk mengatasi penyakit batu ginjal. Dimulai dari obat-obatan medis sampai dengan berbagai macam obat-obatan herbal yang diramu dengan berbagai macam bahan, baik yang mudah ditemukan ataupun yang tidak mudah ditemukan. Dalam artikel kali ini akan kita sampaikan beberapa cara mengatasi penyakit batu ginjal yang bisa kamu lakukan dengan cara tradisional atau bisa pula disebut dengan cara herbal. Berikut ini beberapa cara mengatasi batu ginjal.

1. Meminum jus lemon segar

Cara mengatasi batu ginjal yang pertama adalah dengan memanfaatkan buah lemon. Buah ini memiliki kadar keasaman dan kandungan yang cukup baik untuk menghancurkan batu ginjal yang telah terbentuk di dalam ginjalmu. Untuk memanfaatkan buah lemon sebagai obat batu ginjal, kita bisa membuat jus dari buah lemon untuk diminum sedikit demi sedikit sampai habis.

2. Mengonsumsi minyak zaitun

Obat ginjal berikutnya adalah minyak zaitun. Minyak ini telah lama dikenal sebagai salah satu jenis senyawa yang memiliki banyak khasiat untuk mengatasi berbagai macam keadaan tubuh kita. Minyak zaitun bisa membantu mengatasi berbagai masalah ginjal, dan juga untuk menjaga kesehatan serta berbagai macam manfaat lainnya.

3. Cuka apel murni

Cuka apel murni bisa dimanfaatkan sebagai ramuan utama ataupun ramuan tambahan untuk membuat kinerja ramuan lemon plus minyak zaitun menjadi lebih efektif. Kamu bisa memanfaatkan cuka apel dengan cara meminum cuka apel sebanyak kurang lebih satu sendok teh plus jus lemon setelah sebelumnya kamu meminum jus lemon plus minyak zaitun. Pada saat meminum cuka apel tersebut jumlah jus lemon haruslah berjumlah maksimal setengah dari jus lemon yang telah kamu minum sebelumnya.

4. Uva ursi

Uva ursi merupakan salah satu jenis tanaman yang telah lama dikenal sangat baik untuk menjaga kesehatan ginjal dan kandung kemih. Uva ursi mengandung banyak senyawa penting seperti tanin, flavonoid, piceosides, triterpen, dan lain sebagainya. Dengan kandungan ini uva ursi bisa dimanfaatkan menjadi suatu senyawa anti bakteri yang efektif untuk menjaga kesehatan kandung kemih dan sistem kemih kita. Uva ursi juga merupakan zat diuretik yang baik untuk melawan batu ginjal. Selain itu, uva ursi juga bisa digunakan untuk mengatasi peradangan kronis pada kandung kemih atau ginjal sehingga kesehatan saluran kemih serta ginjal anda akan terjaga dengan baik.

Sponsors Link

Mengonsumsi uva ursi sebanyak kurang lebih 500mg sebanyak tiga kali sehari sangat baik untuk mengatasi batu ginjal. Bila kamu menderita batu ginjal, cobalah untuk mengonsumsi uva ursi setiap hari dan amati apakah terjadi pengurangan ukuran batu ginjal yang kamu miliki. Kemungkinan besar, ukuran batu ginjalmu akan berkurang bahkan bisa jadi hancur lebur bila belum sampai pada tingkat yang parah.

5. Akar dandelion

Selain empat obat ginjal di atas, kamu juga bisa memanfaatkan akar dandelion sebagai salah satu obat untuk mengatasi masalah batu ginjal. Akar organik tanaman dandelion adalah salah satu unsur yang sangat baik untuk digunakan dalam membersihkan ginjal serta merawat fungsi ginjal sehari-hari. Selayaknya uva ursi, kamu pun bisa mengonsumsi akar dandelion dalam jumlah kurang lebih 500 mg sebanyak dua kali sehari untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Selain lima cara mengatasi ginjal di atas, kamu juga bisa memanfaatkan beberapa senyawa herbal atau zat-zat di bawah ini untuk mengatasi masalah batu ginjal. Beberapa senyawa tersebut adalah sebagai berikut.

  • Teh Horsetail
  • Jus Buah Delima
  • Seledri
  • Teh basil
  • Jus seledri
  • Jus basil
  • Keji keling
  • Kumis kucing
  • Mengkudu
  • Daun tempuyung
  • Daun dadap
  • Daun gempur batu
  • Daun alpukat
  • Buah manggis

Ciri-ciri dan Gejala Batu Ginjal

Lalu bagaimana kamu bisa mengetahui bahwa kamu sedang terserang batu ginjal? Tentu saja hal ini pun penting untuk diperhatikan karena banyak sekali kasus pasien terserang penyakit batu ginjal dan berbagai masalah lain yang lebih parah karena mereka tidak mengetahui bahwa mereka sedang menderita batu ginjal. Oleh karena itu kamu harus mengetahui masalah batu ginjal berikut ini. Apa saja ciri-ciri dan gejala batu ginjal tersebut? Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

  • Tingginya suhu badan secara konsisten dan sulit dihilangkan
  • Terjadi perubahan warna urine menjadi lebih pekat
  • Munculnya rasa nyeri yang parah pada bagian sisi tubuh atau punggung di bawah pinggul
  • Sering kali diiringi dengan mual dan muntah yang intens
  • Adanya nyeri saat buang air kecil
  • Buang air kecil menjadi lebih intens
  • Walaupun lebih intens, akan tetapi air kencing lebih sulit keluar
  • Urine berbau busuk

Itulah beberapa hal yang bisa kita bahas mengenai masalah batu ginjal. Jangan lupa untuk membaca pula bagaimana cara menjaga kesehatan ginjal atau tips menjaga kesehatan ginjal agar kamu bisa menjaga ginjalmu dengan lebih sempurna. Semoga dengan membahas batu ginjal kali ini kamu bisa mengantisipasi dan menangani batu ginjal lebih baik ke depannya. Selamat merawat ginjalmu!

Sponsors Link
>
, , , ,