Sponsors Link

Apa Pentingnya Organ Ginjal?

Sponsors Link

Kebanyakan orang tahu jika fungsi ginjal utama adalah untuk menghilangkan produk limbah dan juga kelebihan cairan dalam tubuh. Produk limbah dan kelebihan cairan akan dikeluarkan lewat urin. Produksi urin sendiri melibatkan beberapa langkah ekskresi serta penyerapan kembali yang sangat kompleks. Proses tersebut dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan bahan kimia tubuh yang stabil.

Pengaturan kritis dari kandungan kalium, garam serta asam tubuh dilakukan oleh ginjal yang juga menghasilkan hormon yang mempengaruhi fungsi organ lain. Sebagai contoh, hormon yang doproduksi ginjal merangsang produksi sel darah merah dan hormon lain diproduksi ginjal untuk membantu mengatur tekanan darah dan mengontrol metabolisme kalsium. Lalu, apa pentingnya organ ginjal lain yang harus diketahui?.

Fungsi Ginjal yang Penting

Ginjal merupakan pabrik kimia yang kuat dan memiliki beberapa fungsi sebagai berikut:

  • Menghilangkan produk limbah dari tubuh.
  • Menghilangkan obat dari tubuh.
  • Menyeimbangkan cairan dalam tubuh.
  • Melepaskan hormon yang mengatur tekanan darah.
  • Menghasilkan bentuk aktif vitamin D yang meningkatkan kesehatan tulang.
  • Mengontrol produksi sel darah merah.

Dimana dan Bagaimana Fungsi Ginjal?

Ginjal terdiri dari 2 buah yang masing masing berukuran kepalan tangan dan terletak di kedua sisi tulang belakang pada tingkat serendah tulang rusuk. Setiap ginjal mengandung 1 juta unit yang disebut dengan nefron. Nefron tersebut terdiri dari unit penyaringan pembuluh darah kecil yang disebut dengan glomerulus yang melekat pada tubulus.

Pada saat darah masuk ke glomerulus, maka akan disaring dan cairan yang tersisa akan melewati tubulus. Di dalam tubulus, bahan kimia dan air akan ditambahkan atau dihilangkan dari cairan yang disaring sesuai dengan kebutuhan tubuh dan produk akhirnya yang merupakan urin akan dikeluarkan.

Ginjal melakukan pekerjaan penyaringan seumur hidup dan kembali ke aliran darah sekitar 200 liter cairan setiap 24 jam. Sekitar 2 liter akan dikeluarkan dari dalam tubuh berbentuk urin dan sekitar 198 liter akan dipulihkan. Urin yang akan dikeluarkan sudah tersimpan di dalam kandung kemih selama 1 hingga 8 jam.

Penyebab Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal kronis seperti gagal ginjal kronis didefinisikan mempunyai beberapa jenis kelainan ginjal atau penanda seperti penyebab adanya protein dalam urin dan mengalami penurunan fungsi ginjal selama 3 bulan atau lebih.

Ada banyak penyebab penyakit ginjal kronis dan ginjal mungkin terpengaruh karena penyakit seperti tekanan darah tinggi serta diabetes. Sedangkan beberapa kondisi ginjal diturunkan dari keluarga. Seseorang juga bisa dilahirkan dengan kelainan yang bisa berpengaruh pada ginjal. Berikut adalah beberapa penyebab kerusakan yang paling umum.

1. Diabetes

Diabetes merupakan penyakit di mana tubuh tidak menghasilkan cukup insulin atau tidak bisa memakai jumlah normal insulin dengan benar. Ini akan menghasilkan kadar gula darah tinggi yang bisa menyebabkan masalah di banyak bagian tubuh dan diabetes menjadi penyebab utama dari penyakit ginjal seperti penyakit infeksi ginjal.

2. Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan penyebab umum penyakit ginjal, gangguan ginjal serta komplikasi lain seperti serangan jantung serta stroke. Tekanan darah tinggi terjadi pada saat kekuatan darah pada dinding arteri meningkat. Pada saat tekanan darah tinggi dikendalikan, maka risiko komplikasi seperti penyakit ginjal kronis bisa menurun.

3. Glomerulonefritis

Glomerulonefritis merupakan penyakit yang menyebabkan peradangan pada unit penyaringan kecil ginjal yang disebut dengan glomeruli. Glomerulonefritis bisa terjadi secara tiba tiba seperti sesudah radang tenggorokan. Akan tetapi penyakit ini akan berkembang secara perlahan selama beberapa tahun dan bisa menyebabkan hilangnya fungsi ginjal secara progresif.

4. Penyakit Ginjal Polikistik

Penyakit kista ginjal polikistik merupakan penyakit ginjal bawaan yang paling umum. Ini ditandai dengan pembentukan kristal ginjal yang membesar dari waktu ke waktu dan bisa menyebabkan ginjal rusak serius dan bahkan gagal ginjal. Penyakit bawaan lainnya yang bisa mempengaruhi ginjal termasuk hiperoksaluria primer, Sindrom Alport dan juga sistinuria.

5. Batu Ginjal

Batu ginjal bisa menyebabkan sakit parah di punggung dan bagian samping. Ada banyak kemungkinan penyebab batu ginjal termasuk kelainan bawaan yang menyebabkan terlalu banyak kalsium untuk diserap dari makanan dan juga penyakit infeksi saluran kemih.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Tips