Sponsors Link

Pengobatan Tuntas Batu Ginjal Invasif dan Non Invasif

Sponsors Link

Mengobati batu ginjal memang bukanlah hal mudah untuk dilakukan an kemungkinan juga dibutuhkan obat batu ginjal baik itu obat tradisional atau obat obatan medis. Beberapa jenis obat batu ginjal tersebut tetap memiliki fungsi yang sama yakni menghancurkan batu ginjal ukuran besar sehingga bisa dipecah menjadi kecil dan bisa dibuang bersama buang air kecil. Selain itu pengobatan tuntas batu ginjal juga berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit dan gejala lain yang ditimbulkan. Pengobatan tuntas batu ginjal juga bervariasi tergantung dari jenis batu ginjal dan penyebabnya. Sedangkan untuk ulasan kali ini, kami akan memberikan cara mengobati batu ginjal yang dibagi menjadi 2 yakni invasif dan juga non invasif.

ads

Pengobatan Non Invasif

Untuk batu ginjal yang masih berukuran kecil, maka pengobatan yang diberikan belum membutuhkan pengobatan invasif atau medis. Beberapa cara yang bisa dilakukan diantaranya adalah:

  1. Banyak Minum Air Putih

Minum air putih sebanyak 2 hingga 3 liter per hari bisa membantu melancarkan sistem kemih. Air nantinya bisa mengencerkan serta melarutkan zat pekat yang bisa menyebabkan gejala batu ginjal pada wanita dan pria terbentuk.

  1. Penghilang Rasa Sakit

Salah satu fungsi obat batu ginjal adalah untuk mengatasi rasa nyeri yang ditimbulkan. Khususnya jika rasa nyeri tersebut sangat terasa pada penderita sampai mengganggu aktivitas. Untuk meredakan rasa nyeri karena penyebab batu ginjal pada pria atau wanita berukuran kecil dan umumnya ringan, maka ada beberapa jenis obat yang bisa digunakan seperti acetaminophen, ibuprofen atau naproxen sodium.

Pengobatan Invasif

Pengobatan invasif atau medis bisa dilakukan untuk membantu batu ginjal keluar lewat saluran kencing dan terbuang bersama urin khususnya untuk batu ginjal yang berukuran lebih besar dan berada dalam tahap kronis. Beberapa pengobatan invasif yang bisa dilakukan diantaranya adalah:

  1. Terapi Medis

Ini dilakukan untuk membuang batu ginjal bersama dengan urin. Ada obat yang biasanya digunakan yakni dikenal dengan alpha blocker dengan fungsi untuk melemaskan otot saluran kencing sehingga batu ginjal bisa melewati saluran tersebut lebih cepat sekaligus membuang batu ginjal dengan rasa sakit yang diminimalisir hingga ciri ciri batu ginjal akan sembuh terlihat. Namun untuk mengobati batu ginjal ukuran besar dan berat tidak bisa diatasi dengan beberapa obat ginjal karena bisa menyebabkan pendarahan, kerusakan ginjal atau penyakit infeksi saluran kemih sehingga membutuhkan terapi yang lebih invasif.

  1. Gelombang Suara

Gelombang suara bisa digunakan untuk memecah penyebab batu ginjal kalsium oksalat berukuran besar. untuk batu ginjal jenis tertentu tergantung dari ukuran dan lokasinya, maka bisa diterapi menggunakan prosedur yang dinamakan extracorporeal shock wave lithotripsy atau ESWL. Extracorporeal shock wave lithotripsy ini dilakukan dengan menggunakan gelombang suara untuk menghasilkan getaran yang kuat atau gelombang kejut untuk memecah batu menjadi ukuran kecil sehingga bisa melewati saluran kencing dan terbuang bersama dengan urin.

Prosedur ini umumnya berlangsung antara 45 hingga 60 menit dan bisa menimbulkan nyeri taraf sedang sehingga sebelum dilakukan, pasien akan diberikan obat penenang atau anestesi ringan agar lebih nyaman. Extracorporeal shock wave lithotripsy juga bisa menyebabkan urin berdarah, memar di bagian punggung atau perut, pendarahan sekitar ginjal dan juga organ terdekat serta rasa tidak nyaman pada saat batu ginjal sedang melewati saluran kemih. Extracorporeal shock wave lithotripsy ini biasanya akan dilakukan untuk batu ginjal yang berukuran besar. 

Sponsors Link

  1. Nephrolithotomy Percutan

Prosedur Nephrolithotomy Percutan adalah proses pengangkatan penyebab batu ginjal pada wanita atau pria dengan memakai teleskop berukuran kecil dan juga alat yang dimasukkan lewat sayatan kecil di bagian pinggang belakang. Sama seperti ESWL, dalam operasi Nephrolithotomy Percutan ini, pasien akan dibius dengan anestesi umum selama operasi dilakukan dan pasien harus tetap di rumah sakit sekitar 1 sampai 2 hari untuk proses pemulihan. Dokter umumnya akan menyarankan operasi Nephrolithotomy Percutan ini apabila ESWL belum berhasil atau jika ukuran batu ginjal terlalu besar.

  1. Ureterescope

Ureterescope juga bisa digunakan untuk memecah ciri ciri penyakit batu ginjal. Untuk mengangkat batu ginjal ukuran kecil yang ada di ureter atau ginjal, maka dalam Ureterescope ini dokter akan memasukkan Ureterescope yakni tabung elastis lengkap dengan kamera serta lampu di bagian ujungnya. Alat ini akan dimasukkan ke uretra kandung kemih menuju ureter tempat batu saluran kencing berada. Sesudah batu ginjal ditemukan, maka akan dijerat lalu dipecah menjadi potongan kecil agar bisa keluar lewat saluran kencing.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan