Sponsors Link

Pengobatan Sindrom Nefrotik secara Medis yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Saat seseorang mengalami penyakit ginjal bocor, mungkin itu adalah penyakit Syndrome Nefrotik. Sindrom nefrotik itu sendiri merupakan sebuat penyakit di ginjal yang menyebabkan seseorang terlalu banyak mengeluarkan protein melalui urine. Sindrom nefrotik ini kebanyakan terdeteksi pertama kali pada anak usia balita, dan bisa merupakan penyakit jangka panjang, atau akan kambuh lagi ketika dewasa.

ads

Penyebab utama dari sindrom nefrotik ini adalah kerusakan atau kelainan pada glomeruli sehingga darah tidak bisa disaring secara sempurna. Hal ini membuat protein yang seharusnya ikut mengalir bersama darah, menjadi harus terbuang sia-sia, sehingga metabolisme tubuh tidak stabil. Hal ini tentu perlu untuk segera ditangani dengan baik. Dan pengobatan sindrom nefrotik ini bisa dikatakan memang pengobatan jangka panjang.

Adapun Pengobatan Ginjal Bocor yang bisa dilakukan untuk menangani sindrom nefrotik dibedakan menjadi dua, yaitu pengobatan untuk pasien yang baru terdiagnosis dan pengobatan untuk pasien yang kambuh.

Pengobatan Pasien Baru

Pada pasien yang baru terdiagnosis sindrom nefrotik, biasanya penderita akan diberikan saran-saran dan rekomendasi untuk segera mengubah kebiasaan hidupnya secara keseluruhan, karena hal ini sangat penting untuk pengobatan sindrom nefrotik selanjutnya. Selain itu penanganan medis juga akan dilakukan jika kasusnya sudah cukup parah. Berikut beberapa cara mengobati pasien yang baru terdiagnosis sindrom nefrotik.

  • Membiasakan diri untuk mengonsumsi makanan tinggi protein untuk mengganti protein yang hilang.
  • Membiasakan diri untuk mengonsumsi makanan rendah garam.
  • Membiasakan diri untuk mengonsumsi makanan rendah lemak.
  • Mengonsumsi makanan sehat seperti beberapa jenis Sayuran untuk Penderita Ginjal Bocor.
  • Jika diperlukan, mungkin pasien akan dirujuk ke ahli gizi untuk menentukan gizi seperti apa yang cocok bagi mereka, terutama untuk pasien yang fungsi ginjalnya mengalami penurunan.
  • Jika diperlukan, transfusi plasma akan dilakukan, terutama jika ada indikasi yang cukup berbahaya.
  • Infeksi-infeksi di dalam tubuh harus disembuhkan.
  • Pemeriksaan secara keseluruhan akan dilakukan untuk mencari kemungkinan komplikasi.
  • Pemberian terapi suportif untuk meredakan gejala yang ada, misalnya pengobatan diuretik untuk menghilangkan edema atau obat antihipertensi untuk mengatasi hipertensi pada pasien.
  • Terapi prednison.

Itulah beberapa penanganan dari pasien sindrom nefrotik yang baru terdeteksi atau baru terdiagnosis Akibat Ginjal Bocor.

Pengobatan Pasien Kambuh

Walau sebenarnya memang ada kemungkinan sindrom nefrotik ini sembuh, akan tetapi, sekitar 70 persen pasien dengan kasus ginjal bocor ini akan mengalami kambuh di masa yang akan datang. Maka dari itu pengobatan sindrom nefrotik kambuh juga sedikit berbeda dengan yang baru terdiagnosis. Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mengatasi pasien sindrom nefrotik yang kambuh.

Sponsors Link

  • Diuretik yang diberikan pada pasien untuk mengatasi kelebihan cairan yang terlalu berlebihan di dalam tubuhnya agar bisa dibuang melalui urine.
  • Obat antihipertensi yang diberikan pada pasien untuk membantu mengatur tekanan darah tinggi sehingga bisa lebih normal.
  • Obat antikoagulan yang diberikan pada pasien untuk menurunkan potensi-potensi penggumpalan darah karena kekurangan protein pada darah.
  • Steroid yang diberikan pada pasien untuk mengatasi masalah peradangan pada tubuh, termasuk mengatasi glomerulonefritis.
  • Imunosupresan yang diberikan pada pasien untuk mengurangi efek inflamasi atau peredangan, dan juga mengurangi respons tidak normal dari sistem imun tubuh si penderita.
  • Penisilin yang diberikan pada pasien untuk mengatasi infeksi pada tubuh.
Sponsors Link

Secara medis itulah beberapa pengobatan sindrom nefrotik bagi pasien yang kambuh. Akan tetapi, selain beberapa hal di atas, berikut ada beberapa hal lagi yang perlu diperhatikan pada pasien.

  • Pasien harus mendapatkan cukup kalori dan energi di tubuhnya.
  • Pasien harus mendapatkan asupan protein yang cukup dan sesuai dengan kebutuhannya.
  • Pasien sebaiknya tidak mengonsumsi garam, karena hal ini bisa membantu mengurangi edema atau kelebihan cairan di dalam tubuh.
  • Pasien perlu tetap patuh dengan semua peryaratan dan gaya hidup agar sindrom nefrotik tidak mudah kambuh.

Itulah cara mengobati Kelainan Ginjal sindrom nefrotik pada pasien yang perlu diketahui. Tentunya pengobatan di atas akan disesuaikan terhadap masing-masing kasus atau masing-masing kondisi pasien, karena setiap pasien tentunya memiliki permasalahan dan komplikasi yang berbeda-beda. Maka dari itu, ada baiknya segera berobat ke dokter agar lebih mudah disembuhkan sesuai dengan kondisi masing-masing.

Demikianlah pengobatan sindrom nefrotik yang bisa dilakukan secara medis. Semoga artikel ini bermanfaat. Jika Anda memiliki riwayat ginjal bocor, jaga selalu pola makan yang sehat dan pola hidup yang sehat agar tidak kambuh di kemudian hari.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan