Sponsors Link

6 Pengobatan Hidronefrosis Ringan yang Wajib Anda Lakukan

Sponsors Link

Perlu kita ketahui kasus penyakit ginjal di Indonesia setiap tahu selalu meningkat. Hal itu disebabkan  oleh penduduk indonesia yang terkena penyakit ginjal semakin bertambah , hal tersebut juga akan meningkatkan resiko angka kematian lebih tinggi. Tingginya tingkat seseorang yang terkena penyakit ginnjal tentunya disebabkan oleh beberapa faktor. Fakktor yang paling utama yaitu faktor genetika  atau faktor keturunan, faktor yang kedua yaitu faktor pola hidup seseorang yang tidak sehat.

ads

Apabila seseorang tidak hidup dengan sehat dan pola hidupnya sembarangan maka akan mudah sekali untuk terserang berbagai penyakit. Pada penyakit ginjal pun juga bermacam-macam jenis seperti batu ginjal , sesak nafas pada gagal ginjal kronis , sindrom nefrotik pada dewasa dan masih banyak lagi. Penyakit ginjal dapat menyerang siapa saja mulai dari saat janin hingga lanjut usia contohnya saja seperti pembesaran ginjal pada janin , ginjal bocor pada anak serta kondisi lainnya yang menyerang orang dewasa, remaja serta lanjut usia.

Salah satu kondisi penyakit ginjal yang juga perlu kita ketahui adalah kondisi hidronefrosis. Hidronefrosis merupakan salah satu penyakit ginjal karena adanya pembengkakan . Kondisi tersebut diperlukan pengobatan yang tepat baik medis maupun non medis. Berikut mengenai penjelasan  pengobatan hidronefrosis lebih lanjut.

Pengobatan Hidronefrosis

Hidronefrosis merupakan penyakit ginjal yang disebabakan oleh pembengkakan ginjal akibat dari adanya penumpukan urin . Biasanya kondisi ini pun terjadi pada salah satu ginjal saja , namun juga tidak memungkinkan mengenai kedua ginjal meskipun jarang. Biasanya kondnisi ini akan terjadi komplikasi apabila tida segera diatasi , maka penanganan terhadap hidronefrosisi dengan cepat sangat dibutuhkan . Karena apabila dibiarkan akan menimbulkan penyakit penyakit infeksi saluran kemih  , kerusakan ginjal , behkan hingga ampai terjadi gagal ginjal.

Tentunya penyebab hidronefrosis merupakan hal yag memicu hidronefrosisi penyebab tersebt antara lain yaitu saat kehamilan pembesaran rahim yang menekan ureter , batu ginjal yang meningkatkan penyumbatan ureter, penyempitan ureter karena adanya jaringan parut, pembengkakan kelenjar postrat , adanya kanker , serta terdapat kelainan atau kerusakan pada saraf – sarah kandung kemih seseorang. Pada hidronefrosisi juga akan menimbulkan gejala seperti demam , mual , perut bengkak, darah dalam urine , sakit saat buang ai kecil, frekuensi buang air kecil meningkat , serta seringkali kebelet.

Pengobatan yang dilakkan biasanya digunakan untuk mengurangi tanda dan gejala yang ada pada hidronefrosisi sehingga tidak semakin parah atau tidak semakin memburuk , berikut mengenai pengobatan hidronefrosis yang dapat dilakukan.

1. Penggunaan Obat Medis

Pengobatan yang pertama yang dapat dilakukan oleh seseorang dengan hidronefrosisi adalah mengkonsumsi obat-obata medis dari dokter Biasaya seorang hidronefrosis melakukan pemerikasaan atau pengobatan dengan dokter maka akan diberikan resep obat , yang harus diminum secara rutin. Penggunaan obat yang diberikan dari dokter biasanya digunkana untuk mengurangi tanda dan gejala yang disebabkan oleh hiddronefrosis . Penggunaan obat-obatan medis biasanya juga digunakan dalampengobatan sindrom nefrotik pada anak

Sponsors Link

2. Pengangkatan Sebagain Prostat

Pengankatan prostat dapat dilakukan pada penderita hidronefrosis pada pria. Dimana kelanjar prostat merupakan salah satu  alat vital yang penting yag berfngsi dalam menghasilkan cairan. Selain iitu juga berfungsi dalam meningkatkan kemampuan sperma agar lebih subur. Biasanya pengangkatan kelenjar prostat ini dilakukan apabila pengbatan hanya dengan obatobatan tidak berhasil pada sebagian pria , maka pengangkatan ini perlu dilakukan.

Meskipun akan menimbulkan efek yang kurang baik pada pria , namun pegangkatan kelenjar prostat ini merupakan salah satu cara untuk dapat mengatasi hidronefrosis pada pria tersebut. Cara mencegah infeksi ginjal dari adanya komplikasi hidronefrosis pada pria yaitu salah satu caranya dengan pengangkatan kelenar prostat ini. 

ads

3. Pemasangan Stent Pada Ureter

Hidronefrosisi meruakan pembengakakan ginjal yang dapat terjadi akibat adanya penyempitan peda ureter , sehingga akan menyebabkan ginja membengkakak. Untuk mengatasi hal tersebut hal yang dapa dilakukan adalah dengan cara memeasangkan spent ke dalam ureter yang mengecil , hal ini akan membantu ginjal dalam mengeluarkan urine , sehingga tidak tercadi penumpukan cairan urin yang berlebihan sehinngga dapat mengurangi pembengkakan padda ginjal.

Pemasangan spent ini juga akan menyebabkan beberapa efek samping seperti nyeri , perut terasa tidak enak, anyang-anyangean , adanya rasa nyeri di bagian dubur serta air seni akan berarna mmerah. Karena pada dasarnya setiap tindakan akan menimbulkan efek samping seperti halnya efek samping transplantasi ginjal .

4. Operasi Pengangkatan Batu Ginjal

Operasi pengangkatan batu ginjal ini dilakukan apabila pada hidronefrosisi disebabkan oleh adanya kristal atau batu yang menyebabkan ginjal membengkak. Karena pada dasarnya batu yang ada didalam ginjal akan membuat kerusakan fungsi ginjal seperti fungsi filtrasi air maupun darah , sehingga proses filtrasi tersebut tidak maksimal dan mengakibatkan pembengkakan pada ginjal.

Maka apabila kondisi tersebut memerlukan tindakan pengangkatan batu ginjal atau operasi sangat mungkin dilakukan , untuk mencegah kondisi yang semakin memburuk. Efek samping batu ginjal yang utama memanglah terjadinya hidronefrisis pada seseorang.

5. Pemberian Antibiotik

Tindakan pemberian antibiotik ini memang harus diberikan pada penderita penyakit ginjal pada apapun jenis penyakit ginjal. Karena pada dasarnya seseorang yang terkena penyakit ginjal akan mudah sekali terinfeksi. Pemberian antibiotik ini bertujuan untuk mencegah terjadinya infeksi pada ginjal.

Infeksi yang terjadi akan membuat  kondisi hidronefrosis semakin memburuk. Biasanya antibiotik ini diberikan sesuai dengan anjuran atau  dosis yang diberikan oleh dokter. Penggunaaan antibiotik bsa berbentuk pil maupun sirup yang  ini biasanya harus dihabiskan , dan tidak bolehh sampai tidak habis meskipun hanya satu pil (apabila berbentuk pil).

6. Radioterapi atau Kemoterapi

Radioterapi atau kemoterapi ini digunakan untuk menangani kanker , yang disebabkan oleh komplikasi adanya hidronefrosis. Kemoterapi merupakan pengobatan untuk membunuh kanker yang mempunyai peranan penting dalam lemawan sel kanker. Selin itu jenis kemoterapi ini juga tergantung pada letak sel kanker tersebut.

Sponsors Link

Manfaat kemoterapi sendiri antara lain yaitu untuk meringankan geala, mengendalikan sel kanker, serta menyembuhkan sel kanker. Tindakan kemoterapi juga akan menyebabkan beberapa efek samping diantaranya adalah rambut rontok, nyeri, sesak napas, sulit tidur, kelainan detak jantng dan lain sebagainya.

Tindakan tindakan pengobtan hidronefrosis diatas tentunya harus dari anjuran dari dokter. Sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter untuk menentukan pengobatan yang secara tepat.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan