Sponsors Link

Pengobatan Gagal Ginjal Selain Cuci Darah Super Ampuh

Sponsors Link

Cuci darah memang menjadi alternatif utama untuk mengobati gagal ginjal. Namun sayangnya, biaya cuci darah tergolong mahal dan tidak semua orang bisa melakukannya. Selain itu cuci darah dinilai beresiko tinggi terhadap jantung dan efek jangka panjangnya tidak baik untuk jantung. Pengobaan gagal ginjal bisa dilakukan dengan banyak cara selain cuci darah. Di antaranya dengan berbagai ramuan dari bahan alami dan penerapan gaya hidup yang sehat. Berikut alternatif pengobatan gagal ginjal selain cuci darah yang bisa dilakukan:

ads

1. Alang-alang, Rambut Jagung dan Kumis Kucing

Ketiga komponen alami ini jika dibuat menjadi sebuah ramuan sangat baik untuk mengobati gagal ginjal kronis. Bahan-bahan ini sangat mudah didapatkan, dan meramunya menjadi obat pun juga tidak sulit.

Cara membuat ramuan alang-alang, rambut jagung, dan kumis kucing.

Bahan:

  • 3 jengkal alang-alang
  • 1 genggam rambut jagung
  • 15 lembar daun kumis kucing

Cara membuat:

  • Cuci bersih ketiga bahan yang telah disiapkan, lalu rebus dengan 600 ml air.
  • Tunggu hingga mendidih dan air hanya tersisa setengahnya saja.
  • Angkat lalu tunggu ramuan hingga dingin.
  • Minum ramuan ini 3 kali sehari.

2. Ramuan daun Sukun

Salah satu metode pengobatan gagal ginjal selain cuci darah adalah dengan menggunakan daun suku. Secara perlahan, daun sukun akan mampu mengembalikan fungsi ginjal seperti sedia kala. Kandungan yang ada dalam daun sukun di antaranya adalah flavonoid, tanin, aseticolin, dan riboflavin.

Cara membuatnya juga mudah, cukup menyiapkan 5 lembar daun sukun saja. Cuci bersih terlebih dahulu, kemudian rebus dengan air hingga mendidih. Jangan mematikan kompor sebelum daun suku hancur dalam air rebusan. Tunggu hingga dingin sebelum diminum. Minum 2 kali sehari setelah makan. Ini juga bisa menjadi cara menjaga ginjal agar tetap sehat.

3. Bawang bombay, bawang merah, dan jeruk nipis

Harapan hidup pasien cuci darah memang tergolong tinggi karena kecanggihan alat medis untuk kesehatan. Namun ketergantungan pada alat medis saat cuci darah juga tidak baik untuk jangka panjang. Tiga bahan alami di atas mampu menyembuhkan kondisi ginjal yang parah sekalipun. Berikut cara membuat dan bahan yang diperlukan.

Bahan:

  • 11 siung bawang putih (usahakan bawang putih tunggal)
  • 2 siung bawang bombay
  • 3 buah jeruk nipis

Cara membuat:

Setelah dicuci bersih, haluskan semua bahan menjadi satu dengan blender. Minum ramuan ini dengan takaran 1 sendok makan saja sebanyak 3 kali sehari.

Sponsors Link

4. Daun Binahong

Cara mengobati gagal ginjal dapat dilakukan secara alami dengan menggunakan daun binahong. Manfaat tanaman ini memang sangat luar biasa bagi kesehatan, termasuk bagi penderita gagal ginjal.

Siapkan 15 gram daun binahong, lalu rebus dengan 200 ml air. Minum air rebusan ini sebanyak 3 kali sehari. Daun binahong bisa menjadi obat gagal ginjal selain cuci darah yang ampuh.

5. Mahkota Dewa

Satu lagi pengobatan gagal ginjal selain cuci darah. Mahkota dewa, tanaman obat yang berkhasiat untuk kesehatan juga sangat baik untuk penderita gagal ginjal. Tanaman ini bisa mendetoksifikasi tubuh dan membuang semua zat racun yang ada di dalamnya.

Karena khasiatnya yang sangat luar biasa untuk kesehatan, olahan tanaman mahkota dewa telah banyak dijual dalam bentuk madu dan teh. Minum ramuan mahkota dewa secara rutin sebanyak 3 kali sehari.

ads

6. Daun Sirsak

Daun sirsak juga sangat baik untuk mengobati gagal ginjal secara alami. Caranya mudah saja, tinggal menyiapkan 10 lembar daun sirsak. Rebus daun sirsak bersama dengan 300 ml air. Tunggu hingga mendidih, kemudian biarkan air sampai dingin. Sebelum diminum, saring air rebusan daun sirsak. Minum secara rutin sebanyak kali sehari. Cara merawat ginjal  secara alami salah satunya bisa dilakukan dengan ramuan ini.

7. Rujak polo

Tanaman rujak polo mungkin masih asing di telinga. Namun khasiatnya untuk penderita gagal ginjal sangat luar biasa. Tanaman ini mengandung banyak senyawa yang mampu menyembuhkan seperti sapnon, alkaloid karbolin, dan lain-lain. Karena mampu menyembuhkan, rujak polo mampu mengembalikan fungsi ginjal dan memperbanyak produksi urine agar semua racun keluar dari tubuh. Ramuan ini sangat baik untuk gagal ginjal akut. Penyakit gagal ginjal akut disebabkan oleh banyak faktor. Oleh karena itu penting untuk mengetahui berbagai penyebab gagal ginjal akut.

8. Teh bunga chamomile

Teh memang menjadi salah satu minuman penyebab gagal ginjal yang harus dihindari. Namun jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat justru bisa menjadi salah satu cara pengobatan gagal ginjal selain cuci darah. Teh chamomile dapat bekerja sebagai anti bakteri dan anti oksidan yang bisa memperkuat sistem imun.

9. Minyak zaitun

Minyak zaitun memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Untuk organ ginjal, minyak zaitun memiliki manfaat yang besar untuk meningkatkan kesehatannya. Minyak zaitun sangat baik digunakan untuk menggantikan minyak goreng. Menerapkan diet dengan menggunakan minyak zaitun sangat dianjurkan bagi penderita gagal ginjal. Minyak zaitun dapat mengembalikan fungsi ginjal secara perlahan dan mengobati infeksi ginjal akibat bakteri.

10. Cendana merah

Tanaman alami ini juga sangat baik untuk kesehatan. Dalam proses pengobatan penyakit ginjal, cendana merah dapat membantu memperbanyak produksi urine. Dengan banyaknya produksi urine, maka air di dalam tubuh juga lebih mudah terikat. Urine yang keluar dari dalam tubuh juga membawa banyak zat racun dan limbah.

Buat ramuan dari 10 lembar daun cendana merah. Rebus dengan 200 ml air dan biarkan mendidih. Minum air rebusan daun cendana merah minimal 1 kali dalam sehari.

Selain 10 pengobatan yang telah dijelaskan, masih banyak cara mengobati gagal ginjal selain dengan cuci darah. Berikut cara pengobatan gagal ginjal selain cuci darah yang bisa diterapkan:

  1. Ramuan daun keji beling
  2. Konsumsi ikan salmon
  3. Konsumsi sup asparagus
  4. Meminum teh golden rod
  5. Konsumsi kacang merah
  6. Konsumsi wedang jahe
  7. Konsumsi kubis
  8. Banyak minum air putih
  9. Konsumsi buah apel
  10. Konsumsi paprika merah
  11. Konsumsi blueberry
  12. Konsumsi lidah buaya atau aloe vera

Menggunakan bahan alami untuk mengobati cuci darah memang sangat baik. Namun perlu diingat bahwa kesembuhan juga dapat diperoleh dari penerapan gaya hidup yang sehat. Berikut gaya hidup yang harus diterapkan dalam masa pengobatan gagal ginjal:

Sponsors Link

  1. Tidak merokok
  2. Menjaga berat bada stabil
  3. Tidak minum minuma bersoda dan minuman energi
  4. Tidak minum teh dan kopi secara berlebihan
  5. Tidak minum minuman beralkohol
  6. Tidak membeli obat di warung
  7. Tidak menahan buang air kecil
  8. Mengurangi daging tinggi protein
  9. Istirahat yang cukup
  10. Mengurangi makanan asin dan garam

Itulah cara-cara untuk mengobati gagal ginjal selain cuci darah. Mencegah tetap lebih baik daripada mengobati. Selalu jaga kesehatan tubuh agar tidak terkena penyakit berbahaya yang akan mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Rajin olahraga dan perbanyak konsumsi buah dan sayuran adalah cara termudah untuk menjaga kesehatan tubuh.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan