Sponsors Link

7 Pengobatan Gagal Ginjal Kronis yang Disesuaikan Dengan Kondisi

Sponsors Link

Tingkat keberhasilan dari pengobatan gagal ginjal kronis sebenarnya tergantung dari penyebab yang mendasari gagal ginjal tersebut. Meski begitu, terkadang gagal ginjal kronis juga tidak bisa disembuhkan. Namun tetap saja beberapa pengobatan tetap bisa diupayakan untuk mengatasi tanda dan juga gejala gagal ginjal kronis sekaligus menurunkan risiko komplikasi dan juga memperlambat perkembangan penyakit ginjal. Jika ginjal rusak sudah dalam tahap yang parah, maka dibutuhkan pengobatan gagal ginjal stadium akhir yang jauh lebih sulit dan tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk mengatasi gagal ginjal kronis, nantinya dokter akan berupaya untuk menghambat atau mengendalikan penyakit atau kondisi medis yang menjadi penyebab gagal ginjal terjadi. Sedangkan pilihan pengobatan gagal ginjal kronis juga sangat beragam tergantung dari penyebabnya. Namun perlu anda ketahui jika kerusakan ginjal yang semakin buruk juga menjadi tanda dari penyakit yang mendasari seperti tekanan darah tinggi. Untuk menambah referensi anda, berikut akan kami berikan beberapa pengobatan gagal ginjal kronis yang nantinya akan disesuaikan dengan kondisi pasien.

ads
  1. Obat Tekanan Darah Tinggi

Penderita gagal ginjal kronis nantinya juga bisa mengalami tekanan darah tinggi yang semakin buruk tergantung dari tingkatan stadium gagal ginjal. Ini membuat para dokter seringkali merekomendasikan obat untuk menurunkan tekanan darah atau hipertensi. Umumnya obat obatan tersebut meliputi angiOtensin converting enzyme atau ACE inhibitor seperti Captopril atau angiotensin II receptor blocker untuk mempertahankan fungsi ginjal.

Obat tekanan darah tinggi pada awalnya memang bisa menurunkan fungsi ginjal sekaligus mengubah kadar elektrolit sehingga periksa darah rutin dan pengawasan dokter harus dilakukan. Selain itu, penderita gagal ginjal juga biasanya sangat direkomendasikan untuk melakukan diet rendah garam.

  1. Obat Penurun Kolesterol

Pasien gagal ginjal kronis juga seringkali memiliki kadar kolesterol jahat yang cukup tinggi. Namun untuk membuktikan hal ini, maka pemeriksaan darah kolesterol lengkap harus dilakukan untuk mencegah efek samping gagal ginjal. Jika memang terbukti kolesterol pasien memang tinggi dan hanya dibiarkan, maka ini bisa meningkatkan risiko penyakit jantung sehingga butuh obat penurun kolesterol seperti yang biasa digunakan adalah golongan statin.

  1. Simvastatin

Simvastatin merupakan obat gagal ginjal yang bisa diberikan untuk mengatasi anemia. Dalam beberapa kondisi tertentu yakni penderita gagal ginjal kronis yang mengalami anemia, maka dibutuhkan suplemen hormon erytroprotein dan terkadang juga ditambahkan dengan zat besi selain juga bisa menggunakan cara mengobati gagal ginjal secara alami. Suplemen ini bisa menginduksi sekaligus meningkatkan produksi sel darah merah sehingga gejala anemia seperti kelemahan dan kelelahan bisa diatasi.

  1. Obat Diuretik

Untuk penderita gejala gagal ginjal kronik yang mengalami penumpukan cairan dalam tubuh dalam jumlah berlebih, nantinya bisa menyebabkan pembengkakan khususnya pada area lengan dan kaki sekaligus juga menyebabkan tekanan darah tinggi. Obat yang disebut diuretik nantinya akan diberikan untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dengan cara membuang cairan tersebut sehingga tekanan darah bisa diturunkan sekaligus menghilangkan edema atau pembengkakan.

  1. Obat Pelindung Tulang

Dokter kemungkinan juga akan meresepkan suplemen kalsium serta vitamin D yang bertujuan untuk mencegah pengeroposan tulang sekaligus menurunkan risiko patah tulang. Pasien nantinya juga bisa mengkonsumsi obat untuk menurunkan jumlah fosfat dalam darah agar jumlah kalsium untuk tulang bisa memiliki persediaan yang cukup. 

Sponsors Link

  1. Diet Rendah Protein

Diet rendah protein juga menjadi salah satu pengobatan untuk mengatasi penyebab gagal ginjal kronis yang bertujuan untuk mengurangi produksi limbah dalam aliran darah. Tubuh akan memproses protein dari asupan makanan dimana dalam proses tersebut juga akan menghasilkan produk limbah dalam darah yang harus disaring organ ginjal. Untuk meringankan fungsi ginjal, maka dokter umumnya akan merekomendasikan agar pasien tidak terlalu banyak makan makanan yang mengandung protein. Dokter juga akan meminta pasien untuk berkonsultasi dengan ahli gizi yang juga bisa menyarankan cara untuk menurunkan asupan protein tanpa perlu menghindari makanan sehat.

  1. Pengobatan Penyakit Ginjal Stadium Akhir

Apabila ginjal memang sudah tidak bisa menyaring limbah dalam tubuh dan produksi limbah sudah membahayakan sekaligus mengembangkan gagal ginjal lengkap, maka ini menandakan penyakit ginjal stadium akhir sudah terjadi. Obat obatan tidak lagi bisa digunakan dan yang harus dilakukan adalah dialisis atau cuci darah dan juga transplantasi ginjal. Cuci darah atau dialisis berguna untuk menghilangkan limbah dan cairan berlebih dalam darah. Sedangkan transplantasi ginjal dilakukan jika penderita memiliki kondisi medis yang mengancam jiwa selain gagal ginjal.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan