Sponsors Link

5 Pengobatan Batu Ginjal Tanpa Operasi Terbukti Ampuh

Sponsors Link

Memiliki gangguan pada organ ginjal adalah salah satu hal yang serius dan sangat mengkhawatirkan bagi siapapun yang mengalaminya maupun bagi siapapun yang ada disekitar lingkungan pasien. Mengingat ginjal adalah salah satu organ yang sangat penting dalam tubuh manusia. Ginjal adalah salah organ penting yang memiliki peran penting dalam sistem ekskresi pada manusia. Sistem ekskresi adalah sistem yang menjalankan suatu proses pembuangan zat sisa pada makhluk hidup, khusus manusia seperti urea, racun, karbon dioksida dan zat lainnya yang tidak baik untuk tubuh.

ads

Saat ini banyak sekali orang yang mengabaikan pentingnya menjalani pola hidup sehat dan memikirkan kualitas ginjal. Mereka cenderung hidup seenaknya dan tidak memperhatikan segala hal yang mereka lakukan apakah baik untuk ginjal atau tidak. Akhirnya, mereka mengidap penyakit atau gagguan ginjal yang berbahaya seperti batu ginjal. Penyebab dari penyakit batu ginjal sendiri bermacam-macam. Mulai dari keturunan hingga karena pola hidup yang tidak sehat sehingga menimbulkan batu ginjal menumpuk di dalam ginjal. Namun perlu disadari bahwa  gejala sakit ginjal pada wanita atau gejala batu ginjal pada pria sangat berbeda sehingga harus jeli dalam mengenalinya.

Maka dari itu, diperlukan pengobatan yang tepat dan cepat untuk menangani batu ginjal sebelum semakin serius. Namun, kebanyakan orang tidak menginginkan pengobatan batu ginjal tanpa operasi karena operasi sendiri selain membutuhkan dana yang besar juga akan menimbulkan bekas yang mengganggu. Pengobatan batu ginjal tanpa operasi ini ada banyak sekali, namun tidak semua orang mengetahuinya. Berikut dibawah ini pengobatan batu ginjal tanpa operasi yang harus anda ketahui dan dilakukan:

1. Minum Air Putih

Pengobatan batu ginjal tanpa operasi yang pertama adalah dengan rajin mengonsumsi air putih. Ginjal dalam bekerja menyaring bermacam-macam racun dalam tubuh tentu saja membutuhkan air atau cairan yang mampu membantu meluruhkan hasil penyaringan seperti racun dan zat lainnya untuk dikeluarkan bersama urin. Manfaat dari air putih yang anda konsumsi ini nantinya akan membantu ginjal meluruhkan batu ginjal yang mengendap disana.

Untuk dapat mengonsumsi air putih ini tidaklah sulit. Anda cukup tinggal mengkonsumsinya saja setiap hari kapanpun dan dimanapun anda berada. Namun, anda harus memperhatikan air putih yang anda konsumsi. Sebaiknya anda mengonsusmi air putih yang sudah dimasak dengan matang dari pada membeli air putih kemasan. Karena, terkadang beberapa jenis air putih kemasan memiliki kadar kalsium yang tinggi dan tidak baik untuk ginjal. Anda juga harus memperhatikan warna air urin anda. Jika warna urin anda berwarna kuning-jernih, tandanya anda sudah cukup minum air.

2. Lemon atau jeruk nipis

Siapa sangka buah asam ini menjadi salah satu pengobatan batu ginjal tanpa operasi yang sangat ampuh? Buah lemon adalah salah satu jenis buah yang banyak digunakan sebagai salah satu bahan makanan atau minuman yang dapat dikonsumsi oleh anda sekalian setiap harinya. Untuk bisa mendapatkan buah lemon juga tidak sulit karena hampir semua orang membutuhkan buah ini. Namun, dengan mengonsumsi buah lemon secara teratur anda bisa meluruhkan dan mencegah terbentuknya batu ginjal dalam tubuh secara alami.

Sponsors Link

Lemon sendiri mengandung zat bernama asam sitrat yang mampu mencegah timbunan atau endapan senyawa kalsium pada ginjal. Senyawa kalsium inilah yang nantinya mampu membentuk batu ginjal. Namun, asam sitrat mampu mencegah pembentukannya dan juga membantu meluruhkan atau menguraikan batu ginjal yang sudah terbentuk menjadi pecahan kecil dan halus sehingga bisa ikut terbuang bersama urin. Selain itu lemon juga mampu mengurangi rasa sakit atau nyeri yang dirasakan penderita.

Cara mengobati batu ginjal dengan jeruk nipis atau lemon ini cukup mudah, dengan cara mencampurkan perasan 2-3 buah lemon yang ke dalam segelas air hangat dan kemudian mengonsumsinya selagi hangat. Selain menyegarkan, buah lemon ini akan membantu mengatasi penyakit batu ginjal anda.

ads

3. Alpukat

Alpukat menjadi salah satu buah untuk batu ginjal yang sangat baik dalam penanganan Batu Ginjal. Buah tropis ini sering sekali dijadikan campuran makanan atau dibuat sebagai minuman segar seperti jus dalam kehidupan sehari-hari. Tak heran jika alpukat selain memiliki rasa yang enak juga digemari karena memiliki banyak manfaat terutama untuk batu ginjal. Alpukat mengandung salah satu zat yang dibutuhkan oleh ginjal yaitu magnesium dengan kandungan yang sangat tinggi.

Magnesium yang ada di dalam alpukat dapat membantu melakukan penghambatan terhadap proses bersatunya kalsium dengan oksalat. Sehingga dengan mengonsumsi buah alpukat ini, pembentukan batu ginjal yang dibentuk oleh kalsium serta oksalat dapat dihindari. Seperti yang sudah diketahui bahwa batu ginjal jenis oksalat juga tak kalah berbahaya dari batu ginjal biasa atau batu ginjal kalsium.

Untuk mengonsumsi buah alpuka ini anda dapat membuatnya sebagai jus dengan cara mencampurkan satu buah alpukat, 100 mili air dan sedikit gula atau susu ke dalam blender, lalu konsumsi saat itu juga. Sangat mudah, bukan?

4. Asparagus

Apakah anda pernah mengonsumsi sup asparagus? Sayuran satu ini ternyata memiliki segudang manfaat yang ternyata juga mampu mengobati gangguan batu ginjal yang anda alami. Asparagus memiliki banyak sekali zat dan mineral yang mampu bertindak sebagai diuretik alamiah dan mampu membantu tubuh dalam mengendalikan kelebihan cairan serta mengendalikan racun yang ada di dalam tubuh sehingga pembentukan batu ginjal tidak terbentuk dengan sempurna atau bahkan bisa dicegah dengan cepat.

Untuk dapat mengonsumsi asparagus, anda bisa membuatnya menjadi sup atau dibuat tumis sayur seperti biasa. Anda tidak perlu repot mengolah asparagus demi ginjal yang sehat karena asparagus adalah salah satu jenis sayuran pembersih ginjal yang mudah diolah menjadi apa saja.

5. Pisang

Buah kesukaan semua orang satu ini menjadi andalan bagi anda yang ingin melakukan pengobatan abtu ginjal tanpa operasi. Pisang adalah salah satu buah yang mampu membantu melambatkan proses pembentukan batu ginjal dalam tubuh sehingga pembentukan batu ginjal tersebut tidak cepat terbentuk dan cenderung dicegah. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan magnesium yang ada di dalam pisang ini.

Untuk dapat mengonsumsi pisang sebagai pengobatan, anda dapat membuatnya menjadi smoothie yaitu minuman atau jus dengan campuran yogurt yang segar dan mengonsumsinya setiap hari pada waktu malam hari. Anda juga bisa menambahkan dua sendok madu asli ke dalam smoothie untuk menambah rasa. Jadi, mudah kan membuat pisang sebagai minuman pembersih ginjal ?

Itulah diatas macam pengobatan batu ginjal tanpa operasi yang dapat anda lakukan dengan mudah dirumah. Selain melakukan hal diatas, anda juga harus semakin sering mengonsumsi makanan yang baik untuk ginjal dan menjauhi segala macam makanan penyebab sakit ginjal yang mampu menurunkan kinerja ginjal anda. Tidak lupa anda juga harus rajin berolah raga setiap harinya dan menghindari berbagai macam aktivitas dan kebiasaan yang bisa merusak ginjal.

Sponsors Link
>
, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan