Sponsors Link

Pengobatan Alternatif Gagal Ginjal Kronis yang Wajib Dilakukan

Sponsors Link

Gagal ginjal merupakan salah satu penyakit serius yang dapat menyebabkan kematian. Hal ini dikarenakan penyakit gagal ginjal sulit untuk disembuhkan. Sebelumnya, Anda perlu mengetahui bahwa gagal ginjal dibagi menjadi dua jenis, yaitu gagal ginjal akut dan kronis.

ads

Penderita gagal ginjal akut biasanya mengalami sakit ginjal secara tiba-tiba. Namun, gagal ginjal jenis ini cenderung dapat disembuhkan. Berbeda halnya dengan gagal ginjal kronis. Kebanyakan penderita tidak mengetahui bahwa ia mengalami gagal ginjal. Pasalnya, tubuh tidak akan memberikan reaksi spesifik saat penderita gagal ginjal kronis masih berada pada stadium awal. Baru setelah masuk ke stadium lanjut, gejala-gejala mulai bermunculan, seperti sesak napas, mual, mudah lelah, pembengkakan di kaki atau tangan, dan beberapa gejala lainnya.

Ada beberapa faktor yang paling sering menjadi penyebab gagal ginjal kronis yaitu penyakit diabetes dan hipertensi. Keduanya  memberi tekanan berlebihan pada ginjal sehingga dapat merusak fungsi ginjal. Diabetes adalah tingginya kadar glukosa dalam darah. Kondisi ini dapat mempengaruhi fungsi filtrasi ginjal dalam menyaring limbah dan sisa metabolisme, yang akibatnya apabila terjadi dalam jangka waktu panjang akan merusak sistem fungsi ginjal. Dari data penelitian, sekitar 20-40% penderita diabetes tipe I dan sekitar 1/3 penderita diabetes tipe II menderita gagal ginjal. Sedangkan untuk kasus hipertensi, gagal ginjal disebabkan adanya tekanan darah berlebihan yang akan menghambat proses penyaringan pada ginjal.

Setelah mengetahui beberapa fakta di atas, mungkin Anda akan berpikir bahwa penyakit ginjal sangat berbahaya. Ya, itu memang benar. Namun, bukan berarti Anda akan menyerah begitu saja, bukan? Bagi Anda yang masih memiliki ginjal normal, mari tanamkan niat untuk selalu menjaga pola hidup. Dan untuk Anda yang sedang melakukan pengobatan gagal ginjal, berikut kami bagikan beberapa pengobatan alternatif gagal ginjal kronis yang semoga dapat membantu Anda :

  1. Konsumsi daun peterseli

Tanaman yang memiliki nama ilmial ptroselinum cripsum ternyata dapat mengatasi masalah ginjal rusak. Apalagi dengan bahannya yang alami, tentu tidak akan memberikan efek samping seperti mengkonsumsi obat-obatan berbahan kimia. Berikut beberapa alasan mengapa daun peterseli diyakini mampu memulihkan fungsi ginjal, yaitu :

  • Membersihkan ginjal

Kandungan dalam daun peterseli mampu membantu membersihkan ginjal yang kotor. Ginjal yang kotor dapat menyebabkan kinerja ginjal terhambat sehingga ginjal tidak dapat melakukan tugasnya dengan maksimal. Namun dengan mengkonsumsi daun peterseli, Anda akan memudahkan sistem kerja ginjal Anda. Untuk mengkonsumsinya, pertama haluskan daun peterseli. Masukkan daun peterseli dan perasan jeruk ke dalam blender. Tambahkan air sesuai selera. Blender sampai halus dan jus peterseli siap disajikan. Konsumsi secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Sponsors Link

  • Mencegah kanker ginjal

Dalam daun peterseli, terdapat kandungan yang secara aktif mampu mencegah adanya sel kanker pada ginjal. Terdapat zat dalam daun peterseli yang melakukan fungsi detoksifikasi sehingga racun-racun berbahaya dalam ginjal dapat dinetralisir. Mengkonsumsi daun peterseli sangat baik untuk kesehatan ginjal Anda, baik ginjal yang masih normal maupun ginjal yang sudah menurun fungsinya.

Selain kedua manfaat tersebut, terdapat banyak khasiat lain dalam daun peterseli yang dapat menjaga kesehatan organ tubuh, seperti mencegah batu ginjal, menjaga daya tahan tubuh, menurunkan kadar kolestrol, dan manfaat lain yang dapat Anda baca dalam artikel manfaat peterseli untuk ginjal

ads

  1. Mengkonsumsi buah sukun

Berbeda dengan daun peterseli yang  berpengaruh langsung terhadap ginjal, buah sukun lebih berefek pada tubuh Anda secara keseluruhan. Hal ini dikarenakan buah sukun terbukti secara empiris dapat mencuci darah kotor. Kita tahu, bahwa ginjal yang rusak tidak mampu melakukan penyaringan secara akurat. Dalam artian, ada kemungkinan bahwa terdapat limbah atau racun yang tidak ikut tersaring sehingga masuk ke aliran darah. Karena itu, Anda dapat mencegah adanya akibat yang lebih buruk dengan mengkonsumsi buah sukun.

Selain itu, buah sukun juga memiliki kandungan asam amino yang berfungsi membangun sel-sel baru dan memiliki kandungan serat yang tinggi yang dapat menurunkan kadar kolestrol.

Untuk hasil yang nyata, Anda tidak hanya perlu mengkonsumsi buah sukun secara rutin, tetapi juga menjaga pola makan. Bagaimana pola hidup yang benar bagi penderita gagal ginjal, Anda akan mendapatkan informasi yang lengkap dalam artikel cara mengembalikan fungsi ginjal yang rusak.

  1. Konsumsi buah mengkudu

Buah mengkudu memang dikenal kaya akan khasiat dan manfaat yang menyehatkan tubuh, termasuk menjadi zat yang dapat memulihkan ginjal yang rusak. Di dalam buah mengkudu, terdapat kandungan scopoletin dan proxeronine yang mampu menjaga daya tahan tubuh dan memperbaiki sel-sel rusak. Buah mengkudu juga kaya akan vitamin dan mineral yang dapat membantu mengurangi penyerapan zat yang merugikan. Anda dapat mengkonsumsi buah mengkudu dalam bentuk jus agar terasa lebih nikmat. Ingin mengetahui manfaat lain buah mengkudu, Anda dapat mengeceknya dalam artikel khasiat buah mengkudu untuk ginjal.

  1. Mengkonsumsi buah manggis

Mungkin Anda sering mendengar bahwa buah manggis kaya akan kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dan kabar baiknya, ternyata buah manggis juga mampu memulihkan kesehatan ginjal. Bagi Anda yang belum tahu, berikut saya berikan beberapa alasan mengapa buah manggis layak menjadi salah satu pengobatan alternatif gagal ginjal kronis :

  • Membantu proses penyaringan

Senyawa dalam kulit manggis dapat membantu proses elektrolit tubuh dan melancarkan sirkulasi darah, sehingga tidak heran bahwa buah manggis dapat memudahkan kinerja ginjal dalam melakukan proses penyaringan. 

Sponsors Link

  • Mencegah kanker ginjal

Dalam buah manggis terdapat kandungan yang mampu mencegah pertumbuhan sel kanker juga menghancurkan sel-sel kanker. Anda dapat mengkonsumsi buah manggis untuk menghindari adanya risiko kanker ginjal.

  • Mencegah batu ginjal

Buah manggis memiliki sifat diuretik yang dapat mengeluarkan batu ginjal melalui urin.

Selain ketiga manfaat tersebut, buah manggis juga memiliki banyak khasiat lain yang mampu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Misalnya, menurunkan berat badan, menjaga saluran kencing, melawan radikal bebas, dan masih banyak lagi. Baca selengkapnya mengenai manfaat buah manggis dalam artikel khasiat buah manggis untuk ginjal.

  1. Daun binahong

Mungkin Anda jarang mendengar tanaman yang satu ini. Namun, apabila Anda berselancar di internet dan mencari khasiat daun binahong untuk ginjal, Anda akan menemukan banyak sumber yang mengatakan bahwa daun binahong bermanfaat untuk kesehatan ginjal.

Mengapa demikian?  Hal ini dikarenakan terdapat kandungan dalam daun binahong dapat memperbaiki fungsi ginjal. Pengaruh binahong dapat dilihat oleh perubahan kadar kreatinin. Kelebihan kadar kreatinin mengindikasikan adanya kerusakan ginjal. Dan dengan mengonsumsi daun binahong akan menurunkan kadar kreatinin.

Sekian artikel mengenai pengobatan alternatif gagal ginjal kronis. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu pembaca. Terima kasih.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan