Sponsors Link

19 Pengobatan Alternatif Gagal Ginjal Tanpa Cuci Darah

Sponsors Link

Ginjal adalah salah satu bagian dari tubuh manusia yang memiliki peran penting bagi keseluruhan sistem tubuh kita. Organ yang memiliki ukuran kurang lebih sebesar kepalan tangan orang dewasa ini memang sangat penting, di antaranya menyaring sisa-sisa metabolisme dari darah, membantu mengontrol tekanan darah, membantu produksi sel darah merah dan menyeimbangkan elektrolit di dalam tubuh kita. Dengan memiliki ginjal yang sehat, maka fungsi tubuh kita juga akan bekerja dengan maksimal. Sementara bila kita mengalami sakit ginjal, maka fungsi tubuh akan terganggu. Beberapa penyakit ginjal kadang kala tidak dapat disembuhkan dengan mudah, salah satunya adalah gagal ginjal. Salah satu cara untuk mengatasi masalah penyakit gagal ginjal tersebut adalah pengobatan alternatif gagal ginjal. Baca juga: Kebiasaan yang Bisa Merusak Ginjal

ads

Sebelumya, perlu kita bahas terlebih dahulu mengapa pengobatan alternatif gagal ginjal dapat menjadi salah satu opsi untuk mengobati gagal ginjal. Sebagaimana yang kita ketahui, gagal ginjal adalah salah satu penyakit paling berbahaya yang dapat menyerang berbagai kalangan. Gagal ginjal adalah sebuah keadaan hilangnya fungsi filtrasi pada ginjal sehingga ginjal tidak dapat melakukan proses penyaringan zat-zat yang berbahaya atau nutrisi dari cairan yang masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, gagal ginjal sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh Anda. Seperti namanya, gagal ginjal berarti ginjalmu sudah mengalami kegagalan total dalam berfungsi. Akan tetapi pada kasus tertentu, ginjalmu memang dapat berfungsi kembali. Kondisi tersebut berarti kamu sedang mengalami gagal ginjal akut, dan bukan gagal ginjal kronis.

Dalam mengobati gagal ginjal, salah satu kendala pengobatan yang dihadapi biasanya adalah biaya pengobatan yang mahal, atau proses administratif yang berkepanjangan pada beberapa rumah sakit. Oleh karena itu, salah satu pengobatan yang bisa kamu gunakan untuk membantu mengobati gagal ginjal yang kamu alami adalah dengan memanfaatkan pengobatan alternatif gagal ginjal. Dengan pengobatan alternatif untuk gagal ginjal ini kamu dapat mengobati gagal ginjal secara mandiri tanpa melalui proses medis yang lebih rumit. Tapi ingat, bukan berarti pengobatan dari dokter tidak penting. Apalagi bila penyakit gagal ginjalmu sudah sangat parah, kamu tidak bisa lepas dari dokter.

Baca juga:

Berikut ini adalah beberapa pengobatan alternatif untuk mengobati gagal ginjal yang dapat kamu coba atau buat secara mandiri di rumahmu.

1. Ramuan Palasa

Palasa adalah sebuah tanaman berbunga indah berwarna merah yang juga dikenal dengan sebutan flame of the forest atau dalam bahasa Latin disebut dengan Buteamonosperma. Tanaman ini adalah salah satu jenis tumbuhan yang biasanya digunakan oleh para peramu obat tradisonal dan herbal untuk mengatasi masalah dalam produksi urin. Selain itu, palasa juga dapatdigunakan untuk membantu eksreksi yang dilakukan oleh ginjal kita.

Selain untuk mengatasi masalah ginjal, palasa juga memiliki banyak manfaat lainnya. Salah satu manfaat dari Palasa selain dari mengobati ginjal kita adalah dapat menanangi penyakit hepatitis. Bunga-bunga dari tanaman Palasa sangat efektif untuk mengobati penyakit hepatitis. Dengan kata lain, sambil mengobati ginjalmu juga bisa mengobati penyakit hepatitis bila kamu mengonsumsi Palasa secara rutin.

Untuk dapat mengobati gagal ginjal atau penyakit ginjal lainnya dengan menggunakan tanaman palasa, salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan cara membuat sayur sop. Kamu bisa memasak sayur sup dengan bunga Palasa sebagai salah satu bahan masakannya. Setelah itu, kamu bisa mengonsumsi kurang lebih 100 ml dari sup ini sekitar dua atau tiga kali sehari sebagai bentuk pengobatan untuk ginjalmu. Baca juga: Makanan Sehat untuk Ginjal

2. Rujak Polo (Tribullus terestris)

Pernahkah kamu mendengar sebuah tanaman yang memiliki nama Rujak Polo? Wuih, dari namanya saja sudah terdengar keren kan? Memang benar lo, tak cuma namanya saja yang keren, tapi tanaman ini juga memiliki banyak khasiat untuk tubuh manusia. Tanaman Rujak polo ini memiliki nama latin Tribullus terestis. Di dalam bahasa Inggris, tanaman ini disebut dengan bahasa Inggris Land caltropsBaca juga: Penyebab Radang Ginjal

Sponsors Link

Sejak jaman Yunani kuno (kurang lebih masa Aristotle dan kawan-kawan), konon kabarnya rujak polo sudah banyak dipakai selama berabad-abad untuk mengobati berbagai macam penyakit yang diderita oleh manusia. Selain itu, di dalam model pengobatan Ayurvedi, rujak polo juga digunakan untuk menjaga efektivitas produksi urin dan juga fungsi ginjal yang lainnya. Tidak hanya itu, rujak polo juga bisa kamu manfaatkan untuk meringankan nyeri yang muncul di sekitar ginjal ketika sedang sakit ginjal atau ketika ada penyakit tertentu lainnya.

Beberapa kandungan yang ada di dalam rujak polo antara lain senyawa-senyawa analgesik yang mampu meringankan nyeri tubuh. Selain itu, sapnon, alkaloid karbolin, dan senyawa-senyawa penyembuhan lainnya juga sangat banyak terkandung di dalam tanaman rujak polo. Oleh karena itulah rujak polo merupakan salah satu tanaman yang efektif bila digunakan untuk membantu mengembalikan fungsi ginjal dan menyembuhkan sel-sel yang terluka. Baca juga: Cara Mengobati Ginjal Bengkak

Ekstrak yang diambil dari bibit, akar, atau daun rujak polo memiliki kandungan antimikrobial yang efektif dalam melawan bakteri jahat dan dapat membantu mencegah atau memperbaiki infeksi di saluran urin. Selain itu, tanaman rujak polo juga memiliki sifat diuretik sehingga dapat membantu meningkatkan produksi urin. Atas alasan-alasan di atas, tanaman rujak polo dapat menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi ginjalmu yang sedang sakit gagal ginjal, terutama gagal ginjal akut.

Baca juga:

ads

3. Mengonsumsi Cendana Merah

Sesuai namanya, beberapa bagian tanaman ini berwarna merah. Dalam bahasa Inggris tanaman cendana merah biasa disebut dengan nama Red Sandalwood. Dalam bahasa latin, tanaman ini memiliki nama Santalum album. Tanaman cendana merah sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Tanaman ini dapat membantu kita menghadapi gagal ginjal atau beragam penyakit ginjal lainnya. Hal itu disebabkan karena di dalam cendana merah terkandung senyawa antimikrobial serta memilki sifat diuretik yang dapat membantumu meningkatkan produksi urin oleh karena air di dalam tubuh jadi lebih mudah terikat. Baca juga: Minuman Pembersih Ginjal

Untuk membuat ramuan obat cendana merah ini, kamu bisa membuatnya dengan mandiri melalui langkah-langkah berikut ini:

  • Ambillah beberapa daun dari tanaman cendana merah
  • Taruhlah daun yang kamu ambil tersebut di dalam segelas air
  • Rebus daun beserta air tersebut selama beberapa menit
  • Setelah masak, dinginkan untuk beberapa saat lalu minumlah air rebusan cendana merah tersebut sekali dalam satu hari

Ada keuntungan lain yang bisa kamu peroleh dari mengonsumsi cendana merah. Selain dapat mengatasi masalah ginjal, cendana merah juga akan membantumu mengatasi beragam masalah kulit, peradangan, rematik, dan kulit pecah-pecah. Namun sebaiknya kamu meminta saran dokter sebelum mengonsumsi cendana merah sebagai salah satu obat alternatif untuk gagal ginjal yang kamu derita agar dapat dipastikan bahwa tidak ada dampak negatif lain pada tubuhmu. Akan tetapi, pada kondisi yang normal, alias tidak ada penyakit ginjal yang kamu derita, mengonsumsi cendana merah sangat baik untuk kesehatanmu.

Baca juga:

4. Teh Kamomil

Teh kamomil atau disebut juga dengan chamomile sudah lama diminum karena mengandung manfaat yang banyak untuk kesehatan kita. Teh kamomil mengandung senyawa antibakteri dan antioksidan yang membantu tubuh kita untuk meningkatkan kekuatan imun. Kamu tidak akan mudah sakit bila mengonsumsi teh ini secara rutin. Berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai meminum teh kamomil secara rutin sangat disarankan untuk dilakukan terlebih dahulu.

5. Propolis

Apakah kamu sudah pernah mendengar nama senyawa ini? Jangan salah lo, senyawa ini bukan nama produk pabrik tertentu. Propolis merupakan sejenis senyawa yang dihasilkan oleh spesies lebah Apis cerana dan Apis mellifera. Bila kamu belum tahu, maka sebaiknya kamu mengetahu bahwa propolis ini sangat bermanfaat untuk membantu tubuh kita sembuh dari berbagai macam penyakit. Menurut salah peneliti propolis, Ir. Hotnida CH Siregar, M.Si, lebah pekerja dari jenis Apis cerana dan atau Apis mellifera akan mengolah berbagai jenis bagian tumbuhan seperti pucuk daun, getah tumbuhan, dan kulit sebagai bahan yang akan diolah untuk menghasilkan senyawa yang bernama propolis ini. Apabila madu terletak di dalam sarang lebah, sebaliknya, propolis terletak di luar sarang lebah.

Di tengah pasar, propolis banyak dijual dalam bentuk botolan. Dengan mengonsumsi propolis sebanyak 3 kali sehari sebelum makan kamu dapat merasakan khasiatnya. Cara mengonsumsinya juga mudah. Kamu tinggal mencampur 1 sendok makan propolis dengan 50cc air setiap kali hendak meminum propolis. Hasil konsumsi propolis pada pasien penderita penyakit ginjal menunjukkan bahwa setelah rutin mengonsumsi propolis, kadar kreatinin di dalam darah turun hingga berada di bawah 10 mg/dl. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terjadi kemajuan cukup besar pada keadaan ginjal. Selain itu, hal ini juga menandakan bahwa pasien tidak perlu lagi melakukan cuci darah karena tingkat kreatinin di dalam darah sudah tidak lagi tinggi.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Liu CF, periset di Universitas Perawatan Nasional di Taipei, propolis mengandung antioksidan yang dapat melindungi sel-sel ginjal dari kerusakan parah. Hal tersebut disimpulkan setelah Liu melakukan riset secara in vivo dengan subjek penelitian tikus percobaan yang dimilikinya. Kelompok tikus yang diberi propolis mengalami kerusakan ginjal lebih rendah bila dibandingkan dengan kelompok tikus yang tidak diberikan asupan propolis.

Hasil lain dari konsumsi propolis secara rutin menunjukkan bahwa propolis akan membantu menurunkan kadar kreatinin hingga di bawah 4 mg/dl. Selain itu, konsumsi propolis juga dapat membuat pasien menjadi lebih bertenaga, tidak cepat lemas dan capai. Dengan demikian, pasien gagal ginjal dapat beraktivitas layaknya mereka yang memiliki keadaan ginjal yang baik-baik saja atau normal.

Sponsors Link

Dengan demikian, meminum propolis mungkin dapat menjadi alternatif pengobatan pada gagal ginjal yang kamu derita apabila kamu tidak dapat melakukan cangkok ginjal.

Selain 5 pengobatan alternatif di atas, kamu juga bisa menggunakan beberapa ramuan lain untuk membantu menyembuhkan gagal ginjal yang sedang kamu derita. Beberapa ramuan yang kemungkinan dapat membantumu memperbaiki keadaan ginjal adalah sebagai berikut:

  1. Teh solido atau teh goldenrod
  2. Mengonsumsi Aloe Vera
  3. Makan buah dan tanaman dengan banyak vitamin C seperti jeruk
  4. Mengonsumsi cukup air
  5. Meminum ramuan soda kue
  6. Mengonsumsi Asparagus
  7. Memakan semangka
  8. Meminum jahe
  9. Makan buah cery
  10. Mengonsumsi cinnamon
  11. Makan kacang merah secukupnya
  12. Mengonsumsi minyak zaitun
  13. Mengonsumsi teh jawa atau orthosiphonstamineus
  14. Memakan bawang merah dan bawang putih

Baca juga:

Kelebihan pengobatan alternatif

Beberapa kelebihan obat alternatif bila dibandingkan dengan cuci darah adalah sebagai berikut:

  • Prosesnya berlangsung lebih cepat karena tidak perlu menunggu semua darih tersaring dengan maksimal layaknya pada proses cuci darah.
  • Biaya realtif lebih murah karena tidak memakai peralatan yang canggih seperti yang digunakan pada terapi cuci darah baik secara mandiri ataupun melalui bantuan dokter di rumah sakit.
  • Tingkat stress lebih rendah karena pasien tidak perlu menjalani prosedur terapi yang lama dan membosankan, bahkan pengobatan alternatif dapat dilakukan tanpa disadari dalam arti layaknya melakukan aktivitas biasa.
  • Diklaim lebih rendah efek samping bila dibandingkan dengan melakukan cuci darah biasa, oleh karena kandungan yang digunakan dalam pengobatan alternatif adalah senyawa yang secara alami terbuat melalui proses kimiawi pada tanaman atau hewan tertentu

Itulah beberapa pengobatan alternatif gagal ginjal yang dapat kamu coba untuk mengatasi ginjalmu yang sedang terluka. Semoga ginjalmu cepat sembuh sehingga kamu dapat beraktivitas seperti biasanya ya!

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan