Sponsors Link

6 Pengobatan Alami Kandung Kemih Overaktif yang Mudah Dipraktekkan

Sponsors Link

Kandung kemih yang terlalu aktif merupakan sindrom atau serangkaian gejala yang disebabkan karena kontraksi tiba tiba dari otot pada dinding kandung kemih. Kandung kemih overaktif akan membuat otot yang bertugas mengendalikan fungsi kandung kemih mulai bereaksi tanpa sadar dan sering menyebabkan inkontinensia urin atau hilangnya kontrol kandung kemih. Kebocoran urin yang dialami seseorang dengan kandung kemih overaktif bisa berjumlah beberapa tetes hingga beberapa ons. Selain itu, inkontinensia bisa dijadikan pertanda dari terlalu banyak minum minuman yang mengandung kafein setiap hari. Untuk mengatasi kandung kemih overaktif ini bisa dilakukan dengan pengobatan kandung kemih overaktif secara medis dan juga memakai pengobatan alami kandung kemih overaktif yang bisa dilakukan di rumah seperti yang akan kami jelaskan berikut ini.

ads
  1. Latihan Kegel

Apabila panggul lemah berada di akar kandung kemih overaktif, maka latihan kegel bisa sangat membantu mengatasi gejala masalah kandung kemih tersebut agar frekuensi buang air kecil normal bisa kembali pulih. Latihan dasar panggul ini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja baik pada wanita atau pria yang sangat efektif untuk mengatasi kandung kemih overaktif tersebut.

Seorang ahli urologi di Austin merekomendasikan latihan kegel ini bagi penderita kandung kemih overaktif karena bisa memicu refleks untuk merileksasikan kandung kemih. Apabila penderita merasakan dorongan luar biasa untuk buang air kecil, maka melakukan kegel sebelum pergi ke kamar mandi bisa membantu mengatasi kejang kandung kemih dan membantu penderita untuk menahan kencing sampai tiba di kamar mandi.

  1. Hindari Beberapa Jenis Makanan dan Minuman

Secara signifikan, mengurangi beberapa jenis makanan dan minuman juga sangat membantu untuk mengatasi masalah kandung kemih terlalu aktif sekaligus mencegah ciri ciri kandung kemih bermasalah, seperti:

  • Jus jeruk dan buah buahan
  • Alkohol dan minuman atau makanan mengandung kafein
  • Soda serta minuman berkarbonasi lain
  • Makanan pedas
  • Pemanis buatan
  • Susu dan produk susu lainnya
  • Gula dan makanan tinggi gula termasuk juga madu yang tidak boleh dikonsumsi berlebihan.
  1. Perhatikan Asupan Cairan

Minum cukup air setiap hari sangat penting dilakukan untuk terhindar dari dehidrasi sekaligus penting untuk anatomi saluran kemih. Akan tetapi jika terlalu banyak cairan khususnya sebelum tidur, maka mengosongkan kandung kemih mungkin akan dibutuhkan. Banyak dari penderita kandung kemih overaktif yang mengalami nokturia yakni kebutuhan untuk buang air kecil selama beberapa kali dalam semalam. Hal ini tentunya sangat mengganggu kualitas tidur.

Tidak hanya mengganggu kualitas tidur, namun kemungkinan mengompol tidak disengaja juga bisa terjadi. Untuk menurunkan risiko dan gejala kandung kemih overaktif saat malam hari, maka sangat disarankan untuk membatasi asupan cairan sebelum tidur yakni tidak minum cairan sesudah jam 5 sampai 6 sore.

  1. Biji Labu

Biji labu juga merupakan salah satu pengobatan alami kandung kemih overaktif karena kandungan tryptohan, asam lemak tak larut dan kandungan antioksidan tinggi yang sangat penting bagi tubuh termasuk untuk mengatasi penyakit infeksi saluran kemih. Selain itu, tingginya karotenoid dan lipsolunol dalam minyak biji labu dianggap sebagai salah satu bahan yang sangat baik untuk mengatasi gangguan prostat, kandung kemih overaktif dan juga penyakit kandung kemih lainnya.

  • Siapkan 10 gram biji labu kemudian kupas dan panggang selama 3 menit sampai matang.
  • Kupas biji labu tersebut dan dikonsumsi secara teratur.
  • Cara kedua, rendam 20 gram biji labu dengan 500 ml air mendidih selama 30 menit kemudian saring dan minum jus tersebut sebanyak 5 kali seminggu.  
    Sponsors Link

  1. Kombinasi Jamur dan Anggur

Jamur mengandung sedikit kalori namun tinggi vitamin D yang sangat baik dikonsumsi untuk mengatasi kandung kemih overaktif. Sedangkan minuman anggur yang mengandung sedikit alkohol juga bisa meredakan gejala kandung kemih overaktif sehingga sangat baik dikombinasikan untuk pengobatan alami kandung kemih overaktif namun pemeriksaan kandung kemih overaktif juga harus dilakukan dengan teratur.

  • Haluskan 3 buah jamur dengan 3 sendok teh anggur.
  • Kukus selama 30 menit dan konsumsi saat malam sebelum tidur.
  1. Susu

Kandung kemih overaktif juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi susu karena tingginya vitamin D dalam susu bisa mengatasi berbagai gejala kandung kemih yang terlalu aktif tersebut yang juga bisa diminum untuk mengatasi infeksi kandung kemih. Anda hanya perlu minum sebanyak 3 cangkir susu per hari dan lakukan setidaknya dalam seminggu.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan