Sponsors Link

Pengertian Konsultasi Ginjal – Manfaat dan Hasilnya

Sponsors Link

Nefrologi merupakan salah satu cabang dari ilmu medis yang mempelajari mengenai fungsi dan juga penyakit pada organ ginjal. Ginjal sendiri merupakan organ tubuh yang memakai jaringan pembuluh darah serta pembuluh darah lain yang lebih kompleks untuk menyaring sisa pembuangan yang ada di dalam tubuh. Kerusakan dan juga kelainan di bagian ginjal yang terjadi nantinya bisa menyebabkan macam macam penyakit ginjal. Lalu, apa sebenarnya pengertian konsultasi ginjal yang sebenarnya?, berikut ulasan selengkapnya untuk anda.

ads

Manfaat Konsultasi Ginjal

Konsultasi ginjal biasanya disarankan untuk pasien yang diduga atau diketahui memiliki beberapa masalah ginjal seperti:

  • Terdapat batu ginjal
  • Terjadi kelainan cairan dan elektrolit dalam tubuh
  • Terjadi kelainan zat asam dalam tubuh
  • Penyakit tubulointerstitial
  • Gagal ginjal kronis dan akut
  • Gangguan metabolisme mineral
  • Penyakit ginjal stadium akhir
  • Cuci darah

Selam konsultasi ginjal dilakukan, dokter ahli ginjal nantinya akan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh untuk memastikan apabila pasien mengalami penyakit ginjal. Jika pasien didiagnosa memiliki penyakit ginjal sebelu konsultasi dilakukan, maka dokter nantinya akan lebih fokus pada sesi konsultasi untuk rencana pengobatan sekaligus mencegah risiko penyakit ginjal.

Cara Kerja Konsultasi Ginjal

Konsultasi ginjal akan diawali dengan pertemuan bersama dokter lain. Dokter ahli ginjal kemudian akan memeriksa rekam medis yang kemudian dilanjutkan dengan konsultasi dan pemeriksaan fisik secara menyeluruh. Sesudah informasi spesifik didapat seperti tekanan darah hingga berat badan, maka akan dilanjutkan dengan uji urin dan uji darah untuk melihat kesehatan ginjal pasien seperti apakah memiliki masalah kanker ginjal, kista ginjal.

Persiapan sebelum konsultasi ginjal, pasien nantinya juga akan diminta untuk membawa dokumen medis untuk membantu dokter tentang riwayat kondisi pasien dan membantu diagnosis agar lebih tepat. Beberapa dokumen yang biasanya dibawah oleh pasien diantaranya adalah:

  • Jenis obat apa saja yang sudah dan sedang dikonsumsi
  • Hasil tes dari laboratorium
  • Laporan radiologi seperti CT scan dna pemeriksaan ultrasonik
  • Program manajemen nutrisi atau pola makan pasien
  • Pertanyaan yang ingin ditanyakan pada dokter

Ketika sedang berdiskusi dengan dokter mengenai kesehatan, maka sebaiknya katakan dengan jujur dan terbuka pada dokter. Katakan juga informasi lain yang tidak terulis dalam laporan medis seperti apakah anda perokok atau sudah berhenti, sering lupa minum obat, mengkonsumsi alkohol dan lain sebagainya. Ini menjadi penting dilakukan agar dokter bisa melihat kondisi pasien secara umum dan lebih akurat.

Untuk diagnosa ginjal, nantinya dokter akan memeriksa kandungan kreatinin dan juga blood urea nitrogen dalam darah. Dokter nantinya juga membutuhkan data GFR atau glomerular filtration rate atau laju penyaringan glomerulus untuk mengelompokkan jenis penyakit kronis seperti kista ginjal polikistik

Sponsors Link

Jika nilai GFRT sudah lebih dari 90 mls/min/1.73m2, maka menandakan ginjal dalam keadaan normal. Jika ada beberapa faktor lain yang mengurangi nilai, maka dokter akan menentukan apakah pasien mengidap penyakit ginjal kronis atau tidak. Tergantung dari kondisi pasien, maka konsultasi ginjal yang bisa dilakukan bisa berupa:

  • Konsultasi ginjal umum: Komplikasi ginjal yang terjadi dari penyakit lain bisa dirujuk pada dokter ahli nefrologi untuk penanganan dan juga pengobatan.
  • Penanganan penyakit ginjal kronis: Dilakukan saat pasien didiagnosis menderita penyakit ginjal kronis terlepas dari stadium penyakit, maka pasien memerlukan pengawasan berkala dan konstan agar komplikasi bisa dikurangi sekaligus memperlambat perkembangan penyakit ginjal penyebab dan gejala gagal ginjal kronik.
  • Perawatan penyakit ginjal stadium akhir: Dialisis biasanya menjadi bagian dari perawatan untuk menjaga fungsi ginjal dan dokter ahli ginjal akan bekerja bersama tim untuk memberikan layanan dialisis dan jika memang memungkinkan, maka transplantasi ginjal bisa dilakukan secepat mungkin.
  • Perawatan jangka panjang pasca transplantasi ginjal: Dilakukan sesudah pasien melaksanakan transplantasi ginjal, maka konsultasi ginjal tidak boleh dilewatkan sebab dokter harus memantau perkembangan dan juga kinerja ginjal yang baru sekaligus memeriksa tubuh pasien bereaksi terhadap ginjal baru tersebut. 
    Sponsors Link

Komplikasi dan Risiko Konsultasi Ginjal

Sebenarnya, konsultasi ginjal ini merupakan tindakan aman untuk dilakukan bahkan sangat berguna untuk mempercepat diagnosis masalah ginjal, ciri ciri penyakit ginjal dan akhirnya bisa diatasi secara baik. Selain itu untuk risiko yang terjadi dari penyakit ginjal bisa diperkecil. Akan tetapi, beberapa jenis uji dan juga tindakan kemungkinan akan dilakukan selama konsultasi berlangsung bisa menimbulkan risiko dan komplikasi tertentu sehingga sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu oleh dokter.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan