Sponsors Link

Pengertian Cangkok Ginjal – Proses dan Efek Sampingnya

Sponsors Link

Sebagai salah satu organ yang tugasnya paling berat, ginjal memang rawan terkena penyakit ginjal. Dari macam macam penyakit yang ada, yang paling parah adalah gagal ginjal kronis dan gagal ginjal akut. Kedua kondisi ini menunjukkan ginjal rusak secara permanen dan tidak bisa lagi berfungsi dengan baik. Penyebab ginjal rusak yang sering terjadi biasanya karena seseorang suka melakukan kebiasaan buruk yang bisa merusak ginjal seperti merokok dan minum minuman penyebab gagal ginjal seperti alkohol dan minuman bersoda.

ads

Pasien gagal ginjal mau tidak mau harus menjalani proses hemodialisis atau cuci darah. Manfaat cuci darah memang untuk menggantikan fungsi ginjal dalam menyaring racun dalam darah. Meski demikian, efek samping cuci darah tidak baik untuk kesehatan jantung. Cuci darah juga membuat ketergantungan dan tidak bisa menyembuhkan gagal ginjal secara total.

Ada satu cara berhenti cuci darah yang efektif bagi pasien gagal ginjal. Yaitu dengan cara melakukan cangkok ginjal atau transplantasi ginjal. Meskipun istilah ini sudah sering terdengar di telinga, yuk kita cari tahu lebih jauh tentang pengertian cangkok ginjal dan seluk beluknya!

Pengertian Cangkok Ginjal

Cangkok ginjal adalah istilah lain dari transplantasi ginjal, yaitu menanamkan atau mentransfer ginjal yang sehat ke dalam tubuh pasien gagal ginjal. Ginjal sehat berasal dari pendonor ginjal, baik yang masih hidup atau sudah meninggal. Ginjal adalah sepasang organ yang ada di tulang punggung bagian bawah. Seseorang masih bisa bertahan hidup walau hanya dengan satu ginjal. Itulah mengapa donor hidup dimungkinkan dalam cangkok ginjal.

Proses Cangkok Ginjal

Untuk melakukan cangkok ginjal, pasien harus menjalani beberapa tahap proses terlebih dahulu. Ini dia tahapan proses transplantasi ginjal atau cangkok ginjal yang harus dijalani:

  • Pra Operasi Cangkok Ginjal

Pasien yang ingin menjalani cangkok ginjal harus terlebih dulu mendaftarkan diri ke pusat transplantasi agar namanya masuk ke dalam daftar penerima donor ginjal. Setelah terdaftar, pasien harus memeriksakan kondisi kesehatannya secara menyeluruh agar bisa ditemukan donor ginjal yang tepat untuknya. Pasien yang memiliki donor hidup dari anggota keluarga harus mendaftarkan calon pendonornya juga agar mendapatkan pemeriksaan kesehatan yang sama. Jika ditemukan kecocokan pada ginjal pendonor, maka operasi cangkok ginjal bisa dijadwalkan. Ginjal yang cocok adalah salah satu syarat transplantasi ginjal yang utama.

Namun bagi pasien yang tidak punya donor hidup harus menunggu di dalam daftar tunggu. Periode menunggu ini beragam, ada yang hanya beberapa bulan saja, ada juga yang bertahun tahun tergantung pada ketersediaan donor.

  • Operasi Cangkok Ginjal

Pasien gagal ginjal yang sudah menemukan atau sudah memiliki donor ginjal yang cocok bisa melakukan operasi cangkok ginjal dengan segera. Cangkok ginjal adalah operasi besar bagi tubuh manusia sehingga pembiusan dilakukan secara total. Terdapat beberapa pilihan bagaimana operasi akan dilakukan. Pertama, pasien melakukan operasi pada saat bersamaan dengan pendonor. Ini hanya bisa dilakukan jika pendonor masih hidup. Namun jika donor ginjal didapatkan dari seseorang yang sudah meninggal, pendonor biasanya dibedah terlebih dahulu.

Sponsors Link

Operasi berlangsung selama 3 sampai 4 jam. Ginjal yang baru dicangkokkan ke dalam tubuh pasien dengan menghubungkannya melalui pembuluh darah vena, arteri, saluran ureter dan kandung kemih. Diperlukan waktu beberapa hari hingga beberapa minggu sebelum ginjal bisa bekerja dengan baik dan menyatu dengan tubuh pasien. Jika pasien sudah bisa mengeluarkan urine sendiri, maka cangkok ginjal yang dilakukan berhasil.

Efek Samping Cangkok Ginjal

Meskipun dinilai sebagai cara mengobati gagal ginjal secara medis yang efektif, bukan berarti cangkok ginjal tidak membawa efek samping bagi pasien dan pendonornya.

  • Efek Samping Bagi Pendonor

Pendonor ginjal beresiko mengalami infeksi ginjal yang disebabkan oleh pendarahan selama operasi. Pendarahan mungkin terjadi karena operasi melibatkan pemotongan pembuluh darah yang besar. Pendonor ginjal juga beresiko terkena hipertensi akibat naiknya tekanan darah selama proses operasi.

Sponsors Link

  • Efek Samping Bagi Penerima Donor

Meskipun karakteristik ginjal pendonor dan pasien dinyatakan cocok, itu bukanlah jaminan bahwa cangkok ginjal akan berhasil. Resiko ginjal yang tidak cocok ini tentu saja ditanggung oleh penerima donor. Tubuh pasien membutuhkan waktu untuk menerima “benda asing” yang sebelumnya tidak ada, sebelum mengenali benda tersebut sebagai organ ginjal yang baru.

Namun bukan tidak mungkin penolakan oleh tubuh pasien terjadi. Penolakan ini disebabkan oleh berbagai hal yang bisa dijelaskan secara medis. Penolakan tubuh pasien terhadap ginjal bisa terjadi dalam waktu beberapa hari setelah operasi, atau bisa juga secara bertahap selama beberapa hari setelah operasi berlangsung. Gejala penolakan yang sering terjadi adalah tubuh pasien yang menggigil, demam tinggi, dan kondisinya tidak stabil setelah operasi.

Itulah dia pengertian cangkok ginjal beserta proses operasi dan efek sampingnya. Ginjal adalah organ berharga bagi tubuh kita. Agar tidak mudah terkena penyakit, lakukan cara merawat ginjal agar tetap sehat dan bisa berfungsi dengan baik. Makanlah makanan pencuci ginjal untuk meringankan kerja ginjal. Hindari kebiasaan yang bisa merusak ginjal secara permanen, karena mencegah tetap lebih baik daripada mengobati.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :