Sponsors Link

Pengaruh Rokok Terhadap Ginjal yang Jarang Diketahui

Sponsors Link

Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal. Mulai mengkonsumsi makanan sehat hingga menjalani pola hidup sehat. Kita dapat mengkonsumsi makanan sehat seperti misalnya buah untuk batu ginjal, buah buahan penghancur batu ginjal, sayuran untuk penderita batu ginjal dan menu makanan untuk penderita batu ginjal lainnya. Selain mengkonsumsi makanan yang sehat, kita juga perlu mengubah pola hidup kita untuk menjaga kesehatan ginjal. Caranya adalah berolah raga secara rutin dan menghindari kebiasaan buruk yang bisa merusak ginjal. Salah satu kebiasaan buruk yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan ginjal adalah merokok. Dalam artikel ini akan dijelaskan menganai Pengaruh Rokok Terhadap Ginjal.

ads

Bahaya Rokok Untuk Ginjal

Rokok seringkali dihubungkan dengan menurunnya fungsi ginjal. Merokok juga dapat meningkatkan resiko terkena gagal ginjal kronis dan bahkan kematian akibat gagal ginjal atau ESRW (End-Stage Renal Disease). Berikut adalah Pengaruh Rokok Terhadap Ginjal.

1. Merusak Pembuluh Darah

Rokok dapat menyebabkan perubahan pada lapisan pembuluh darah atau arteri yang nantinya akan memicu timbulnya radang dan cytokines. Peradangan ini akan menyebabkan atherosclerosis, yang akan berpengaruh terhadap aliran darah ke ginjal. Rokok juga dapat menimbulkan penyakit kardiovaskular atau penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah serta beresiko juga menimbulkan penyakit gagal ginjal kronik. Berdasarkan penelitian Dr. James W. Davis yang dipublikasikan pada Clinical Pharmacology and Therapeutics merokok hanya dua batang saja bahkan sudah dapat merusak sel endothelial yang mengalir dalam darah.

2. Meningkatkan Tekanan Darah

Merokok dapat meningkatkan tekanan darah dan juga kecepatan detak jantung karena efek dari kandungan nikotinnya. Tekanan darah langsung melonjak segera setelah perokok tersebut menarik nafas. Norvask atau obat untuk hipertensi yang biasa digunakan untuk menurunkan tekanan darah jadi tidak berfungsi karena pembuluh darah yang kaku akibat merokok.

Ketika seseorang merokok, maka hermodinamika pada sistem ginjalnya juga meningkat. Hemodinamika (hemodynamics) adalah studi yang mempelajari pengaruh aliran darah terhadap jantung. Tekanan yang meningkat dapat menyebabkan kerusakan pada glomeruli, yaitu penyaring kecil yang ada di dalam ginjal. Ketika tingkat kerusakan pada glomeruli atau glomerular filtration rate (GFR) ini meningkat, maka begitu juga dengan kerusakan ginjal. GFR dapat dijadikan indikator yang bagus untuk mengetahui apakah ginjal berfungsi dengan baik atau tidak. Merokok juga berpengaruh terhadap arteri ginjal, yang merupakan sumber utama masuknya aliran darah ke ginjal.

Sponsors Link

3. Memicu Kanker Ginjal

Menurut pusat kajian kanker di Inggris (Cancer Research UK), terdapat paling tidak 4000 bahan kimia yang terkandung di dalam rokok. Sekitar 80 diantaranya adalah bahan penyebab kanker. Rokok rendah zat tar (low-tar cigarette) juga memiliki racun yang serupa dengan rokok-rokok lainnya, dan rokok-rokok tersebut juga tidak aman untuk dihisap. Bahan arsenik yang terkandung dalam rokok akan menumpuk seiring berjalannya waktu dan akhirnya akan menimbulkan nekrosis tubulus. Ini adalah kondisi yang terjadi ketika sel tubulus, yaitu sel yang biasa membawa urin ke ureter mati karena kehabisan oksigen. Keadaan seperti ini dapat menyebabkan gagal ginjal kronis atau kehilangan fungsi ginjal secara tiba-tiba.

Sponsors Link

Merokok juga dapat meningkatkan resiko terkena kanker ginjal. Racun-racun yang dihisap melalui mulut ketika merokok dapat masuk ke urin. Segala zat racun yang ada di dalam rokok dapat berpotensi menyebabkan kanker, termasuk kanker ginjal.

Itulah Pengaruh Rokok Terhadap Ginjal yang perlu diwaspadai. Merokok memang bukanlah kebiasaan yang menyehatkan. Dibandingkan manfaat, merokok lebih banyak mendatangkan kerugian baik bagi perokok aktif dan pasif. Karena rokok bukan hanya mengandung banyak zat racun, tetapi juga dapat memicu kanker termasuk kanker ginjal. Oleh karena itu, berhentilah merokok mulai dari sekarang.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup