Sponsors Link

Pengaruh Rokok bagi Ginjal yang Perlu Diwaspadai

Sponsors Link

Ada begitu banyak kebiasaan yang salah namun sering dilakukan oleh manusia. Padahal, efeknya bisa menjadi cukup fatal bagi kesehatab. Salah satu kebiasaan yang sering diperdebatkan adalah merokok. Banyak orang yang masih saja merokok, padahal sudah jelas bahwa rokok dapat mempengaruhi kesehatan jangka panjang. Rokok bisa mempengaruhi metabolisme dalam tubuh dan kesehatan organ tubuh. Bahkan juga organ-organ tubuh yang vital, seperti paru-paru, jantung, atau ginjal. Lalu apa saja pengaruh rokok bagi ginjal yang perlu diketahui dan diwaspadai? Berikut penjelasannya.

ads

Rokok dan Pengaruhnya terhadap Ginjal

Orang yang merokok tentu berarti mempertaruhkan hidupnya. Setidaknya, mempertaruhkan kesehatan dan fungsi organ tubuhnya. Karena sudah banyak penjelasan mengenai bahaya rokok. Salah satunya adalah bahayanya bagi organ ginjal, misalnya Hubungan Merokok dengan Gagal Ginjal. Rokok sering disebut-sebut sebagai salah satu faktor risiko penyebab berbagai penyakit ginjal. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini.

  • Mempengaruhi pembuluh darah dan risiko kerusakan ginjal

Salah satu pengaruh rokok bagi ginjal adalah mempengaruhi pembuluh darah dalam tubuh, yang mana pembuluh darah itu sendiri juga berperan dalam proses metabolisme tubuh, termasuk berhubungan erat dengan kinerja ginjal. Rokok ternyata dapat menyebabkan perubahan pada dinding pembuluh darah sehingga meningkatkan risiko terjadinya cytokines dan berbagai peradangan. Peradangan pada pembuluh darah itu sendiri ternyata dapat mengakibatkan kondisi atheroslerosis. Kondisi inilah yang bisa menyebabkan pengaruh terhadap aliran darah menuju ginjal menjadi terganggu.

Jika aliran darah yang menuju ginjal terganggu, maka proses terbentuknya urine atau proses penyaringan darah di ginjal akan terganggu juga. Dan hal ini meningkatkan risiko kerusakan ginjal atau penurunan fungsi ginjal. Jika terjadi secara berkala (jangka panjang) maka hal ini bisa meningkatkan risiko penyakit ginjal jangka panjang seperti gagal ginjal kronis.

  • Menyebabkan tekanan darah tinggi dan risiko gagal ginjal

Pengaruh rokok bagi ginjal beeikutnya berkaitan dengan tekanan darah tinggi. Seperti yang diketahui juga bahwa ada hubungan antara hipertensi dengan gagal ginjal kronik, yang mana hipertensi bisa menyebabkan gagal ginjal, juga sebaliknya. Rokok juga bisa mempengaruhi detak jantung dan juga tekanan darah pada tubuh manusia. Hal ini disebabkan oleh efek nikotin pada batang rokok yang dihisap para perokok aktif. Tekanan darah bisa menjadi tinggi setelah perokok menarik nafas. Bahkan rokok juga bisa menyebabkan pembuluh darah menjadi kaku, sehingga pengobatan darah tinggi bisa jadi tidak berhasil.

Padahal, tekanan darah yang meningkat pada seseorang, apalagi yang secara terus menerus (jangka panjang) bisa menyebabkan kerusakan pada bagian ginjal yaitu glomeruli. Glomeruli itu sendiri adalah penyaring yang ada di ginjal. Kondisi ini akan menurunkan fungsi ginjal dan menyebabkan kerusakan pada ginjal yang berkala, atau yang lebih dikenal sebagai gagal ginjal kronis.

Sponsors Link

  • Memperburuk penyakit ginjal

Anda yang sudah memiliki Penyakit Ginjal pun juga lebih perlu waspada. Bila perlu, kebiasaan merokok memang perlu dihentikan. Jika Anda masih memiliki kebiasaan merokok, maka hentikan sekarang juga karena merokok saat menderita sakit ginjal akan memperburuk kondisi ginjal Anda. Hal ini disebabkan oleh rokok yang bisa mengganggu obat tekanan darah tinggi, sehingga pengobatan tidak akan sempurna. Tentunya hal ini akan menyebabkan penyakit ginjal memburuk. Selain itu, rokok yang bisa menyebabkan aliran darah menuju ginjal terganggu, juga semakin meningkatkan risiko buruknya kondisi ginjal.

Sponsors Link

  • Meningkatkan risiko kanker ginjal

Ada satu lagi pengaruh rokok bagi ginjal yaitu dapat meningkatkan risiko kanker ginjal. Hal ini dijelaskan pada kajian Cancer Research UK di Inggris. Setidaknya ada 4.000 bahan kimia dalam rokok. Dan 80 dari bahan kimia itu adalah salah satu penyebab penyakit kanker. Bahan racun pada rokok juga bisa menyebabkan risiko kanker ginjal meningkat. Penyebabnga adalah bahan arsenik yang menumpuk akan menyebabkan nekrosis tubulus, yaitu matinya sel yang menghantarkan urine ke ureter. Tentunya kondisi ini bisa menyebabkan gangguan serius pada ginjal. Selain itu bahan kimia yang harus dibuang melalui urine juga bisa menumpuk di sekitar ginjal dan meningkatkan risiko kanker ginjal. Rokok memang adalah salah satu Penyebab Ginjal Rusak.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai pengaruh rokok bagi ginjal yang perlu diwaspadai dan dicegah. Sudah tentu bahwa merokok adalah salah satu Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Ginjal sehingga perlu dihindari. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda agar bisa segera menghentikan kebiasaan merokok yang tidak sehat tersebut.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup