Sponsors Link

Pengaruh Kurang Tidur Terhadap Ginjal yang Perlu Diwaspadai

Sponsors Link

Gaya hidup merupakan sebuah pola hidup yang harus diatur dengan baik. Kita memang perlu mengatur waktu agar kehidupan dan kesehatan bisa didapatkan dengan berkualitas. Misalnya mengatur waktu istirahat. Ini sangat penting. Namun kebanyakan orang mungkin tidak menyadari bahwa kurang tidur bisa menjadi masalah serius bagi kesehatan. Sehingga masih banyak yang bekerja keras di siang hari dan begadang di malam hari. Padahal kurang tidur bisa juga mengganggu organ tubuh vital seperti ginjal.

ads

Kurang Tidur dapat Mengganggu Ginjal

Berikut beberapa pengaruh kurang tidur terhadap ginjal yang perlu diketahui sebagai informasi bermanfaat.

  1. Menurunkan fungsi ginjal

Ginjal adalah organ yang memiliki peranan penting bagi metabolisme tubuh, dimana ginjal akan menjadi penyaring darah dari zat sisa metabolisme dan akan mengeluarkan limbah tersebut bersama urine. Fungsi ginjal ini sangat penting untuk dijaga, karena jika tidak, berbagai masalah kesehatan bisa mengancam nyawa.

Fungsi ginjal tidak hanya berkaitan dengan tekanan darah, diabetes, atau kolesterol saja. Bahkan hal sepele sekalipun ternyata dapat berpengaruh pada ginjal. Salah satunya pola istirahat atau tidur manusia. Manusia yang kurang tidur, akan menyebabkan banyak organ tubuhnya terpengaruh, salah satunya ginjal.

Seharusnya manusia bisa tidur secara normal selama kurang lebih 6 hingga 8 jam per hari. Tujuannya adalah untuk regenerasi atau pembaharuan jaringan dan juga organ. Jika seseorang mengabaikan ketentuan tersebut, maka akan muncul degenerasi jaringan dan organ, termasuk ginjal. Selain itu kurang tidur juga bisa meningkatkan tekanan darah, juga menurunkan kualitas kesehatan secara umum.

Seperti yang diketahui bahwa peningkatan tekanan darah dan penurunan kualitas kesehatan juga bisa berpengaruh pada Fisiologi Ginjal, karena bisa menurunkan fungsi ginjal. Bahkan dalam sebuah penelitian dari Women’s Hospital di Boston disebutkan bahwa orang-orang yang tidur kurang dari 5 jam per harinya akan mengalami penurunan fungsi ginjal sebesar 65 persen jika dibandingkan dengan orang-orang yang tidur lebih dari 7 jam per harinya.

Walau pengaruh kurang tidur terhadap ginjal belum sepenuhnya jelas, akan tetapi hasil penelitian di atas sudah menjelaskan garis besarnya bahwa kurang tidur bisa mengurangi kemampuan organ ginjal untuk berfungsi dengan baik dalam jangka panjang. Sehingga salah satu Cara Memulihkan Fungsi Ginjal adalah dengan tidur tepat waktu dan cukup waktu.

  1. Meningkatkan risiko gagal ginjal

Jika kurang tidur bisa menyebabkan penurunan fungsi ginjal, maka penurunan fungsi ginjal yang terjadi secara terus menerus bisa menyebabkan gagal ginjal kronis. Sehingga pengaruh kurang tidur terhadap ginjal bisa dikaitkan dengan penyakit gagal ginjal kronis. Hal tersebut memang belum sepenuhnya bisa digeneralisir.

Namun hal itu diperkuat dengan hasil sebuah penelitian. Dalam sebuah penelitian terbaru, diketahui bahwa pola tidur yang salah atau jam tidur yang kruang dapat menyebabkan fungsi ginjal terganggu. Dalam penelitian dari university of Illinois misalnya, dijelaskan bahwa ada 432 orang dewasa yang diteliti untuk mengetahui kualitas dan durasi tidurnya.

Sponsors Link

Hasil penelitian menjelaskan bawha 70 orang yang durasi tidurnya kurang dari 6,5 jam per hari akan mengalami gagal ginjal kronis. Dan 48 di antaranya mengalami Kematian Pada Pasien Gagal Ginjal yang lebih cepat. Dari penelitian yang sama dijelaskan bahwa orang-orang yang menambah durasi tidur malamnya setiap satu jam, ternyata menurunkan risiko gagal ginjal hingga 19 persen.

Itulah beberapa pengaruh kurang tidur terhadap ginjal yang perlu diwaspadai, karena memang bisa berdampak buruk bagi ginjal, bahkan menyebabkan Gagal Ginjal Kronis.

Sponsors Link

Cara Mencegah

Mengingat kurang tidur berbahaya bagi kesehatan, dan merupakan salah satu Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Ginjal, maka sepatutnya kita bisa mencegah berbagai bahaya tersebut. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

  • Berusaha untuk tidur cukup setiap hari, yaitu sebisa mungkin antara 7 hingga 8 jam per hari.
  • Menghindari begadang, apalagi jika tidak ada tujuan dari begadang itu sendiri.
  • Sebaiknya tidur lebih awal, karena biasanya orang yang tidur menjelang tengah malam akan lebih sulit terpejam hingga keesokan paginya.
  • Bekerja sewajarnya, jangan terlalu memforsir kondisi fisik.
  • Mencoba untuk tidur berkualitas.
  • Kelola stress dengan bijak, karena kebanyakan gangguan tidur berasal dari stress yang tidak terkontrol dengan baik.
  • Konsumsi makanan sehat setiap hari dan hindari makanan yang tidak sehat.

Demikianlah beberapa hal yang berkaitan dengan pengaruh kurang tidur terhadap ginjal yang perlu diwaspadai. Jaga selalu kesehatan dan kualitas tidur Anda agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan jangka panjang. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup