Sponsors Link

5 Pengaruh Gagal Ginjal Terhadap Kehamilan yang Perlu Diwaspadai

Sponsors Link

Gagal ginjal memang bisa menyerang siapa saja, terutama yang tinggi risikonya. Bahkan gagal ginjal kronis juga bisa menyerang ibu hamil sekalipun. Mengingat gagal ginjal kronis adalah salah satu penyakit jangka panjang yang membutuhkan penanganan dan terapi, maka tentu sedikit banyak memang akan ada pengaruh gagal ginjal terhadap kehamilan. Sehingga perlu untuk diwaspadai. Lalu, Apakah Penyakit Ginjal Bisa Hamil, terutama gagal ginjal? Berikut beberapa pengaruh terhadap kehamilan jika seseorang mengalami gagal ginjal kronis.

ads
  1. Kehamilan yang berisiko tinggi

Tentu saja pengaruh gagal ginjal terhadap ibu yang sedang menjalani kehamilan akan menyebabkan kehamilan itu sendiri menjadi kehamilan yang berisiko tinggi. Hal ini disebabkan karena kehamilan itu sendiri bisa menjadi penyebab beberapa kelainan pada ginjal dan saluran kemih.

Misalnya meningkatkan risiko dari infeksi saluran kemih dan juga hipertensi. Sehingga bisa dikatakan bahwa sebenarnya kehamilan merupakan hal yang sangat rentan jika terjadi pada orang dengan gagal ginjal, terutama yang menjalani Macam Macam Cuci Darah.

  1. Angka harapan hidup menurun

Pengaruh gagal ginjal terhadap kehamilan lainnya adalah menurunkan angka harapan hidup. Setidaknya bagi wanita hamil yang sehat (tanpa gangguan gagal ginjal), angka harapan hidup itu sendiri sangat tinggi, yaitu mencapai 95%. Sedangkan pada wanita hamil yang mengalami hemodialisis akibat gagak ginjal, angka harapan hidupnya turun hingga hanya 52% saja.

Tentunya jika wanita hamil mengalami gagal ginjal atau sedang menjalani proses hemodialisis, akan dibutuhkan perhatian khusus pada kesehatan dirinya dan juga janin. Sehingga memang perlu mencegah segala kemungkinan Penyebab Gagal Ginjal Pada Ibu Hamil.

  1. Komplikasi BBLR

Pengaruh gagal ginjal terhadap kehamilan lainnya adalah meningkatkan risiko komplikasi BBLR pada janin, yang mana kemungkinannya cukup tinggi, yaitu 28%. Yang mana janin bisa jadi dilahirkan dalam berat badan yang rendah dan tidak normal. Dan hal ini bisa menjadi penyebab dari berbagai gangguan kesehatan bagi janin itu sendiri.

  1. Prematur hingga kematian

Selain komplikasi BBLR, berbagai komplikasi lainnya juga bisa mengancam janin di dalam kandungan sebagai Bahaya Penyakit Ginjal Pada Ibu Hamil. Misalnya bayi bisa lahir prematur atau sebelum waktunya. Dan kemungkinan bayi lahir prematur pada kasus ini sangat tinggi, yaitu mencapai 85%. Bahkan bisa jadi nyawanya juga terancam.

Maka dari itu, sebaiknya konsultasikan diri sebaik mungkin bagi wanita yang sedang menjalani perawatan hemodialisis atau yang sedang menderita gagal ginjal kronis. Karena kesehatan ibu dan janin tetap perlu untuk diperhatikan selama masa kehamilan tersebut.

Sponsors Link

  1. Harapan hidup janin rendah

Gagal ginjal yang mengharuskan dialisis bagi ibu hamil juga akan menurunkan tingkat harapan hidup bagi janin itu sendiri. Setidaknya hanya kurang lebih 23% sampai 55% saja bayi yang bisa bertahan hidup pada ibu hamil yang sedang menjalani hemodialisis. Bayi yang bisa bertahan hidup pun akan berisiko tinggi mengalami prematur atau BBLR.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai pengaruh gagal ginjal terhadap kehamilan yang perlu diketahui. Selalu perhatikan kesehatan dari diri sendiri agar terhindar dari segala kemungkinan penyakit yang menghambat kehamilan Anda. Ketahui juga Ciri Ciri Penyakit Ginjal Pada Ibu Hamil yang perlu diwaspadai. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , ,