Sponsors Link

5 Pengaruh Gagal Ginjal Terhadap Gaya Hidup

Sponsors Link

Gagal ginjal adalah salah satu dari macam macam penyakit ginjal yang bisa berpengaruh pada kesehatan seseorang lewat beberapa cara seperti mengalami kelelahan, menurunnya nafsu makan dan kram pada kaki. Beberapa masalah ini bisa terjadi karena produk limbah yang semakin menumpuk pada darah yang disebut dengan uremik. Pada ginjal yang sehat, produk limbah akan dibuang dari dalam darah, namun ketika organ ginjal rusak dan berhenti berfungsi, maka uremia pun terjadi. Ginjal juga memproduksi hormon dan menyeimbangkan mineral dalam darah, sehingga ketika organ ini berhenti bekerja akan banyak kondisi yang bisa mempengaruhi darah, saraf, tulang dan juga kulit. Selain beberapa masalah umum yang sudah kami sebutkan diatas, masih ada beberapa pengaruh gagal ginjal terhadap gaya hidup yang harus anda ketahui dan waspadai.

ads

Pengaruh Gagal Ginjal Pada Darah

Pengaruh gagal ginjal kronis terhadap gaya hidup yang pertama terjadi karena gagal ginjal juga akan mempengaruhi darah penderita. Selain uremia, gagal ginjal bisa mengakibatkan anemia yakni kondisi sel darah merah lebih sedikit atau lebih kecil dari keadaan normal yang berarti akan sedikit jumlah oksigen yang dibawa ke sel tubuh. Anemia ini bisa membuat penderita mengalami kelelahan ekstrim dan bisa meningkatkan masalah jantung.

Anemia biasanya akan dialami oleh penderita gagal ginjal akut atau gagal ginjal stadium 5 dan yang melakukan dialisis sebab ginjal yang rusak akan semakin lambat memproduksi hormon erythropoietin yang membantu sumsum tulang dalam membuat sel darah merah. Kekurangan EPO ini membuat kadar sel darah merah dalam tubuh juga sangat sedikit sehingga anemia terjadi. Sedangkan bentuk sintetis EPO biasanya akan diresepkan untuk penderita yang melakukan proses dialisis.

Pengaruh Gagal Ginjal Pada Jantung dan Pembuluh Darah

Seseorang dengan gagal ginjal khususnya pasien dialisis akan memiliki risiko tinggi terkena masalah jantung serta pembuluh darah dibandingkan yang tidak memiliki masalah ginjal. Serangan jantung merupakan penyebab paling utama dari rawat inap dan juga kematian pasien dialisis.

Gagal ginjal juga bisa meningkatkan gangguan kardiovaskular lain seperti penyumbatan darah menuju jantung dan gagal jantung kongestif. Seseorang dengan gejala gagal ginjal kronik harus memonitor kesehatan jantung dan minum segala obat yang diresepkan serta mengikuti segala petunjuk dari penyedia pelayanan kesehatan untuk olahraga dan juga diet.

Pengaruh Gagal Ginjal Pada Nafsu Makan

Seseorang dengan uremia akan lebih sering tidak nafsu makan dan beberapa orang lainnya merasakan rasa berbeda dari makanan. Sedangkan untuk beberapa orang lagi bahkan tidak ingin makan seperti biasanya dan merasa sakit perut hanya dengan memikirkan makanan saja. Akan tetapi perlu diketahui jika mendapatkan protein dan kalori sangatlah penting.

Penderita gagal ginjal harus berkonsultasi dengan ahli gizi di klinik dialisis atau pusat transplantasi sehingga bisa mendapatkan jenis makanan yang disukai untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mereka.

Pengaruh Gagal Ginjal Pada Pola Tidur

Seseorang dengan ciri ciri gagal ginjal awal umumnya akan menderita insomnia atau kesulitan tidur. Insomnia dan gangguan tidur lain tentunya bisa memperburuk kualitas hidup penderita sehingga harus berkonsultasi dengan dokter. Beberapa penderita sindrom apnea tidur yang kemungkinan berkaitan dengan efek dari gagal ginjal lanjut di pernapasan. Sleep apnea merupakan terhentinya pernapasan seseorang ketika sedang tidur. 

Sponsors Link

Dengan berjalannya waktu, ini bisa menyebabkan sulit tidur di malam hari dan rasa kantuk yang terjadi siang hari. Beberapa jenis pengobatan biasanya bisa bekerja untuk seseorang yang memiliki apnea tidur sebagai efek samping gagal ginjal. Beberapa perawatan tersebut diantaranya adalah untuk kehilangan berat badan, mengenakan masker yang terhubung pada mesin kecil lembut agar bisa memompa udara secara terus menerus lewat selang dalam saluran nafas lewat lubang hidung yang disebut CPAP dan juga mengubah posisi tidur.

Pengaruh Gagal Ginjal Pada Kesehatan Mental

Biasanya orang akan merasa tertekan saat mulai proses hemodialisis atau beberapa bulan sesudah pengobatan. Menyesuaikan diri dengan efek dari gagal ginjal dan waktu yang sudah dihabiskan ketika dialisis bisa menjadi sangat sulit sebab pasien juga biasanya akan mengalami penurunan energi. Mereka harus melakukan perubahan saat bekerja dan juga kehidupan sehari hari sekaligus mengurangi beberapa kegiatan serta tanggung jawab. 

Sponsors Link

Rutinitas seperti ini umumnya memang sulit apabila gagal ginjal sudah terjadi termasuk juga menerima situasi baru yang juga terbilang sulit dilakukan. Konselor kesehatan mental atau pekerja sosial nantinya bisa membantu pasien gagal ginjal total dan juga untuk mereka yang baru saja menjalani dialisis.

Sponsors Link
>
, , ,