Sponsors Link

Pengaruh Gagal Ginjal Pada Kulit – Tulang dan Sendi

Sponsors Link

Pada saat organ ginjal berhenti berfungsi atau terjadi gangguan ginjal, maka banyak orang yang kemudian memiliki masalah pada darah, saraf, tulang dan juga kulit. Selain mengalami kelelahan, menurunnya nafsu makan dan kram pada kaki, beberapa masalah lain yang bisa disebabkan gagal ginjal juga bisa terjadi seperti gangguan tidur, gatal gatal, kaki gelisah, kelemahan tulang, depresi dan juga masalah persendian.

ads

Pengaruh Gagal Ginjal Pada Kulit

Pengaruh ginjal pada kulit khususnya bagi penderita yang menjalani proses hemodialisis seringkali mengeluh tentang beberapa bagian tubuh yang terasa gatal seperti dada, punggung, kepala dan anggota badan lainnya. Gatal akan semakin memburuk selama atau sesudah perawatan dialisis sebab produk limbah tidak akan dibuang selama proses dialisis tersebut.

Masalah kulit juga bisa disebabkan karena salah satu dari macam macam penyakit ginjal yakni ginjal gagal menyeimbangkan kadar kalsium dan fosfor di dalam darah. Tingkat kalsium yang rendah nantinya memicu empat kelenjar pada leher bernama kelenjar paratiroid sehingga melepaskan hormon paratiroid yang kemudian akan menarik kalsium dari tulang belakang ke dalam darah.

Kadar hormon paratiroid yang tinggi tersebut nantinya menyebabkan gatal pada kulit. Beberapa orang umumnya akan merasa lebih baik ketika sebagian besar dari empat kelenjar paratiroid tersebut sudah diangkat. Sedangkan satu kelenjar paratiroid masih ada di dalam tubuh akan dipertahankan untuk mengatur keseimbangan fosfor dan kalsium di dalam darah.

Ciri ciri ginjal rusak membuat fosfor menumpuk dalam darah sehingga menyebabkan gatal gatal pada kulit. Obat pengikat fosfat seperti Reganel, Fosrenol, Tums dan PhosLo akan diresepkan bersama dengan makanan dan makanan ringan untuk mengikat fosfor di dalam usus untuk mengurangi penyerapan ke dalam darah. 

Sponsors Link

Selain itu, gatal gatal pada kulit juga bisa berkurang sesudah kulit terpapar dengan sinar ultraviolet dengan cara berjemur di bawah sinar matahari atau berada dekat dengan kotak cahaya yakni perangkat terapi memakai beberapa lampu neon. Sedangkan penderita ciri ciri ginjal bermasalah lain lebih memilih untuk meningkatkan suntikan EPO dan beberapa antihistamin sepeti diphenhydramine [Benadryl] dan juga hydroxyzine [Vistaril dan Atarax] juga bisa membantu meredakan gatal gatal pada kulit. Sebaiknya, pasien melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan penyedia layanan kesehatan sebelum memutuskan untuk memulai terapi yang meliputi obat obatan yang dijual bebas untuk menghindari komplikasi yang tidak diinginkan. Untuk jenis obat gatal yang bisa bekerja untuk semua penderita sampai saat ini masih belum ditemukan. Sementara dalam beberapa kondisi, penyedia perawatan kesehatan kemungkinan akan merujuk pasien ke dokter kulit untuk merawat orang dengan masalah masalah pada kulit mereka.

Pengaruh Gagal Ginjal Pada Tulang

Pengaruh gagal ginjal pada tulang nantinya membuat tulang kekurangan kalsium sehingga kondisi tulang akan semakin lemah, tipis dan cacat. Untuk gejalanya bisa terlihat dari sebelum menjalani dialisis dimana wanita yang sudah melewati menopause dan orang lebih tua berisiko lebih besar terkena kerusakan tulang sehingga meningkatkan asupan makanan yang mengandung fosfor baik dilakukan untuk mencegah penyakit tulang. 

Sponsors Link

Pengaruh Gagal Ginjal Pada Sendi

Efek samping gagal ginjal pada sendi bisa menyebabkan kaki, nyeri dan cairan pada sendi lebih tepatnya pada titik dua atau lebih tulang saling bertemu. Ini merupakan hasil dari amiloidosis yakni kondisi protein abnormal dalam darah bernama amiloid yang mengendap pada jaringan serta organ termasuk sendi dan juga tendon yakni jaringan keras penghubung tulang dengan otot.

Jika ginjal dalam kondisi sehat, maka protein amiloid akan disaring keluar dari darah. Akan tetapi pada filter dialisis tidak sebagus ginjal dalam menghilangkan amoloid tersebut. Dialisis yang berhubungan dengan amiloidosis sangat umum terjadi pada pasien yang sudah melakukan dialisis lebih dari 5 tahun. Sedangkan amoloidosis sendiri tidak bisa diobati meski transplantasi ginjal bisa menghentikan perkembangan penyakit tersebut. Selain itu, penyedia layanan kesehatan juga bisa memberi saran mengenai cara terbaik untuk menghilangkan rasa sakit yang terjadi.

Sponsors Link
>
, , ,