Sponsors Link

Pengaruh Batu Ginjal Pada Kehamilan yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Penyakit ginjal dapat menyerang siapa saja tanpa memandang usia dan jenis kelamin, bahkan ibu hamil sekalipun. Banyak kasus terjadi saat ibu hamil mengalami penyakit ginjal karena kondisi kehamilannya. Penyakit yang rentan menyerang ibu hamil antara lain adalah hidronefrosis, batu ginjal, serta infeksi ginjal dan saluran kemih. Berbagai penyakit yang diderita oleh ibu hamil tentu akan berpengaruh secara langsung terhadap janin yang sedang dikandungnya. Kali ini secara khusus akan dibahas mengenai pengaruh batu ginjal pada kehamilan, termasuk apa yang menyebabkan ibu hamil terkena penyakit batu ginjal, gejala, dan pengaruh batu ginjal pada kehamilan.

ads

Pengertian Batu Ginjal

Batu ginjal dalam bahasa medis disebut nefrolitiasis adalah kondisi ketika di dalam organ ginjal terbentuk material keras yang menyerupai bentuk batu. Material tersebut adalah limbah di dalam darah yang disaring oleh ginjal. Limbah tersebut mengendap, kemudian mengeras dan mengkristal seiring berjalannya waktu.

Penyebab Batu Ginjal Saat Kehamilan

Ada berbagai macam penyebab penyakit ginjal yang bisa menyerang seseorang. Pada kasus ini misalnya, kehamilan menjadi salah satu penyebab gagal ginjal pada wanita yang sering terjadi. Inilah dia penyebab batu ginjal pada kehamilan:

  • Kekurangan Cairan dalam Tubuh

Asupan cairan yang cukup sangat penting bagi tubuh. Oleh karena itu salah satu cara merawat ginjal yang baik adalah dengan meminum banyak air putih. Kekurangan air putih bisa berakibat fatal bagi tubuh, karena salah satu akibat dehidrasi adalah penyakit ginjal kering. Wanita hamil khususnya harus memperbanyak air putih melebihi biasanya. Jangan sampai air putih banyak terserap oleh janin dan ginjal tidak memiliki cairan untuk dibuang menjadi urine bersama racun di dalam tubuh.

  • Faktor Genetik

Salah satu penyebab batu ginjal pada kehamilan adalah faktor genetik. Kondisi kehamilan berpengaruh langsung terhadap kondisi tubuh seorang wanita, dan pada masing masing orang efek yang ditimbulkan tidak sama. Jika dalam keluarga terdapat riwayat batu ginjal, maka kemungkinan besar wanita yang sedang hamil akan menderita penyakit yang sama, seperti pada kasus kista ginjal polikisitik yang disebabkan faktor gen.

Tingginya kadar kalsium di dalam urine juga meningkatkan resiko batu ginjal pada wanita hamil.

  • Infeksi Saluran Pencernaan

Infeksi yang terjadi di saluran pencernaan, yaitu usu atau lambung juga bisa memicu pembentukan batu ginjal pada wanita hamil. Jika perut mengalami peradangan kronis karena maag atau penyebab lain bisa meningkatkan pengkristalan ion kalsium pada ginjal yang kemudian menjadi batu ginjal.

  • Infeksi Saluran Kemih

Salah satu penyebab infeksi saluran kemih pada wanita adalah kehamilan. Janin yang semakin tumbuh dan berkembang menghimpit saluran kemih sehingga urine sulit keluar. Inilah yang menjadi penyebab infeksi saluran kemih. Tidak hanya itu, infeksi jika tidak segera ditangani akan menyebabkan berkembangnya batu ginjal pada wanita yang sedang hamil.

Sponsors Link

Gejala Batu Ginjal Saat Kehamilan

  • Nyeri Berlebihan di Punggung

Bagi anda yang sedang hamil dan merasakan hal yang aneh seperti nyeri di bagian punggung yang berlebihan, maka anda juga harus hati-hati. Karena jika anda sepelekan bisa terjadi hal buruk pada anda dan janin anda. Jadi segeralah ke dokter untuk memeriksa gangguan yang anda alami.

  • Rasa Sakit Saat Buang Air Kecil

Rasa sakit saat buang air kecil bisa berarti dua hal: batu ginjal perlahan keluar dari tubuh bersama dengan urine atau urine yang keluar dari tubuh melewati batu ginjal yang mengkristal. Jika tanda tanda batu ginjal ini sering muncul, segera periksakan diri ke dokter. Batu ginjal harus segera ditangani agar tidak semakin parah.

  • Urine Berdarah

Salah satu gejala awal penyakit ginjal yang sering muncul adalah urine berdarah. Tidak selalu batu ginjal, tetapi urine yang berdarah jelas menunjukkan bahwa ginjal sedang bermasalah. Batu ginjal kemungkinan bergerak di dalam organ ginjal dan menggores pembuluh darah yang ada di dalamnya sehingga menyebabkan urine berdarah.

Sponsors Link

Pengaruh Batu Ginjal Pada Kehamilan

  • Bahaya untuk Kesehatan Janin

Ketika wanita hamil menderita batu ginjal, maka bukan hanya kesehatannya saja yang terganggu. Adanya batu di dalam ginjal akan secara langsung mempengaruhi kesehatan janin juga. Perkembangan janin akan terganggu karena penyakit tersebut. Pengaruh batu ginjal pada kehamilan adalah pada proses kelahiran bayi. Bayi akan menyulitkan proses kelahiran, bahkan pada beberapa kasus menyebabkan bayi lahir prematur.

  • Ginjal Bengkak

Penyakit ginjal bengkak juga mengancam wanita hamil yang menderita batu ginjal. Kondisi ini terjadi jika batu ginjal disebabkan oleh penyempitan saluran kemih atau batu ginjal sudah bergerak dan menyumbat saluran kemih. Ginjal bengkak jika ditangani dengan baik tidak akan menyebabkan penyakit lain yang lebih parah.

Itulah pengaruh batu ginjal pada kehamilan yang harus dipahami oleh setiap wanita hamil agar selalu waspada terhadap kondisi kesehatannya. Banyak penyakit ginjal yang muncul saat kehamilan, karena anatomi tubuh wanita di mana organ ginjal berdekatan dengan rahim yang mengembang saat hamil. Penting bagi wanita hamil untuk memeriksakan kondisi kesehatannya secara rutin dan menyeluruh untuk mengantisipasi penyakit lain yang tidak diinginkan.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :