Sponsors Link

Penyebab Pengangkatan Ginjal – Tipe dan Manfaatnya

Sponsors Link

Pengangkatan ginjal atau nefrektomi merupakan operasi besar untuk mengangkat seluruh atau sebagian organ ginjal. Ginjal sendiri merupakan dua organ kecil berbentuk seperti kacang yang terletak di perut. Fungsinya adalah untuk menyaring air serta membuang produk dari darah sekaligus menghasilkan beberapa hormon tertentu.

ads

Manfaat Pengangkatan Ginjal

Nefrektomi atau pengangkatan ginjal dilakukan pada pasien yang memiliki beberapa gangguan atau beberapa penyebab ginjal tidak berfungsi tertentu, seperti:

Dokter nantinya akan mengangkat ginjal lewat operasi terbuka atau laparoskopi. Bedah laparoskopi ini melibatkan sayatan kecil sehingga waktu pemulihannya juga cepat. Pemulihan dari pengangkatan ginjal membutuhkan waktu hingga beberapa minggu dan beberapa diantaranya mungkin akan terasa menyakitkan. Sama seperti jenis operasi yang lain, komplikasi seperti infeksi bisa saja terjadi namun tetap memiliki prospek yang sangat baik.

Manfaat Pengangkatan Ginjal

Mengangkat sebagian atau seluruh bagian organ ginjal merupakan prosedur yang sangat serius sehingga dokter menganggap ini merupakan cara terakhir untuk menjaga kesehatan pasien. Berikut adalah beberapa kegunaan dari pengangkatan ginjal.

1. Ginjal Mengalami Kerusakan

Seseorang mungkin harus mengangkat sebagian atau seluruh ginjal jika mengalami ginjal rusak dengan tujuan mengatasi kerusakan atau jaringan parut yang terbentuk. Ini bisa terjadi karena cedera, penyakit atau infeksi ginjal kiri atau kanan. Kanker menjadi alasan lain dari pengangkatan ginjal, apabila tumir ginjal berukuran kecil dan bisa terdeteksi lebih awal, maka hanya sebagian dari ginjal saja yang akan diangkat.

2. Menyumbangkan Ginjal

Kadang kadang, seseorang yang ingin menyumbangkan ginjalnya yang sehat pada seseorang juga harus dilakukan pada seseorang yang membutuhkan ginjal baru. Transplantasi ginjal lebih berhasil dengan donor ginjal hidup dibandingkan dari pendonor yang sudah meninggal dan pendonor ginjal juga bisa tetap hidup sehat meski hanya memiliki 1 ginjal saja.

Jenis Operasi Pengangkatan Ginjal

Operasi pengangkatan ginjal atau nefrektomi terdiri dari beberapa jenis yakni nefrektomi sederhana, nefrektomi parsial dan juga bedah laparoskopi.

1. Nefrektomi Sederhana

Nefrektomi sederhana melibatkan pengangkatan seluruh ginjal dimana dokter akan memotong pembuluh darah ginjal dan juga hubungan ke anatomi saluran kemih. Dokter bedah akan menghilangkan seluruh organ tersebut dan bahkan kemungkinan juga harus mengeluarkan tulang rusuk agar bisa mengakses ginjal.

2. Nefrektomi Parsial

Prosedur nefrektomi parsial ini melibatkan pengangkatan sebagian ginjal saja. Prosedur ini mirip dengan nefrektomi sederhana, namun dokter bedah kemungkinan akan membuat sayatan dengan ukuran yang lebih kecil.

3. Bedah Laparoskopi

Bedah ini juga disebut dengan operasi lubang kunci yang bisa digunakan untuk nefrektomi sederhana atau parsial. Dokter bukan membuat satu sayatan panjang namun akan membuat serangkaian sayatan kecil di perut pasien. Dokter akan memasukkan kamera serta instrumen kecil lewat sayatan tersebut.

Nantinya, ini akan memungkinkan ahli bedah untuk melihat ke dalam sekaligus mengeluarkan organ ginjal. Jenis operasi ini umumnya tidak terlalu menyebabkan rasa menyakitkan dibandingkan dengan operasi terbuka. Selain itu, waktu pemulihannya juga lebih singkat.

Risiko Pengangkatan Ginjal

Ada bebreapa risiko terkait dengan semua operasi besar termasuk juga operasi pengangkatan ginjal. Meski memang jarang terjadi, namun ada beberapa efek samping operasi pengangkatan ginjal atau komplikasi yang mungkin bisa dialami, seperti:

  • Kehilangan darah.
  • Serangan jantung.
  • Stroke.
  • Reaksi alergi pada anestesi atau obat lain pembentukan gumpalan darah di kaki yang bergerak ke paru paru dinamakan dengan emboli paru.
  • Kesulitan bernafas.
  • Infeksi pada bekas sayatan bedah.
  • Cedera organ atau jaringan lain di sekitar ginjal.
  • Hernia yakni organ kemungkinan akan menonjol keluar dari sayatan bedah.
    Sponsors Link

Persiapan Pengangkatan Ginjal

Langkah persiapan pengangkatan ginjal yang harus dilakukan adalah memastikan untuk memberi tahu dokter dan ahli bedah jika anda sedang dalam masa kehamilan. Selain itu, pastikan memberi tahu tentang semua obat yang anda konsumsi termasuk obat yang dijual bebas. Pasien kemungkinan juga harus berhenti minum obat tertentu sebelum operasi khususnya obat pengencer darah.

Beberapa hari sebelum operasi, dokter akan mengambil darah anda namun berbeda dengan tes darah untuk penyakit ginjal. ini akan menentukan golongan darah anda apabila membutuhkan transfusi selama prosedur dilakukan. Selain itu, pasien juga harus berpuasa dan berhenti minum cairan untuk periode sebelum operasi.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan