Sponsors Link

Apa Boleh Penderita Penyakit Ginjal Minum Kopi?

Sponsors Link

Ketika didiagnosis terkena ciri ciri penyakit ginjal, maka membuat penderita harus lebih berhati hati memilih makanan atau minuman yang akan dikonsumsi. Penderita juga dianjurkan untuk mengetahui sekaligus mencatat menu makanan dan minuman apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi. Ini semua harus dilakukan untuk mencegah penyakit ginjal yang sudah terjadi semakin buruk. Lalu bagaimana dengan kopi?. Untuk anda yang senang minum kopi mungkin masih bingung apakah penderita penyakit ginjal minum kopi masih diperbolehkan?. Untuk menjawab rasa penasaran anda, berikut akan kami jelaskan selengkapnya untuk anda.

ads

Kopi Bisa Menyebabkan Batu Ginjal Kalsium

Kopi memang sangat efektif dikonsumsi untuk mengusir rasa lelah dan kantung ketika masih harus menyelesaikan kegiatan tertentu. Akan tetapi sebenarnya, kafein yang terkandung dalam kopi juga bisa berpengaruh pada fungsi tubuh termasuk juga untuk ginjal. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Urology Agustus 2012 disebutkan jika mengkonsumsi kafein bisa meningkatkan risiko batu ginjal pada seseorang khususnya batu kalsium.

Batu dalam rongga ginjal tersebut dibentuk dari kristal kalsium dan juga oksalat yang kemudian membuat kadar kalsium dalam urine terbilang tinggi dan ini menjadi jenis batu ginjal yang paling sering terjadi. Dalam penelitian melibatkan peserta yang sudah memiliki riwayat batu ginjal kalsium dan kemudian diberikan 6 miligram kafein per kilogram berat badan sesudah sebelumnya diminta berpuasa selama 14 jam. Hasil dari penelitian tersebut terlihat peningkatan risiko batu ginjal kalsium sesudah orang tersebut mengkonsumsi  protein.

Penderita penyakit ginjal minum kopi memang tidak disarankan khususnya jika memang sudah memiliki riwayat ciri ciri penyakit batu ginjal. Tanyakan juga pada dokter atau ahli medis profesional lain untuk mengetahui lebih lengkap tentang menu makanan dan minuman yang sesuai dengan kondisi anda agar lebih tepat.

Kopi Bisa Meningkatkan Hasil Urine

Kafein yang terkandung dalam kopi termasuk dalam zat yang disebut methylxanthines yaitu golongan diuretik ringan. Methylxanthines ini bisa mencegah ginjal untuk menyerap air dan dalam penelitian yang dipublikasikan di Journal of Human Nutrition  and Diettetics tahun 2003 ditemukan jika seseorang yang tidak menerima kafein dalam beberapa hari dan kemudian mendapat dosis kafein yang setara dengan 3 cangkir kopi ditemukan peningkatan di hasil urine.

Kafein Menyebabkan Gagal Ginjal Memburuk

Dalam penelitian berbeda juga memperlihatkan jika kafein bisa memperburuk ciri ciri gagal ginjal awal khususnya untuk seseorang yang juga mempunyai sindrom metabolik. Sindrom metabolik merupakan istilah kedokteran untuk menggambarkan kombinasi sejumlah kondisi yakni hipertensi atau tekanan darah tinggi, hiperglikemia atau kadar gula tinggi, hiperkolesterolemia atau kadar kolesterol tinggi dan juga obesitas yang terjadi secara bersamaan. Untuk itulah seseorang tidak bisa dikatakan memiliki sindrom tersebut jika hanya menderita salah satu atau beberapa dari kondisi ini.

Dalam penelitian pada tikus diabetes, peneliti memberikan kafein selama 2 minggu. Hasil dari penelitian tersebut terlihat peningkatan penyebab adanya protein dalam urine dan juga denyut jantung pada tikus tersebut. Arteri pada ginjal juga memiliki penurunan fungsi sehingga tekanan darah juga meningkat. Untuk itulah seseorang yang sudah memiliki penyakit ginjal sangat tidak dianjurkan untuk minum kopi. Hal ini bisa terjadi karena kafein dalam kopi bisa memperburuk kondisi ginjal yang memang sudah tidak berfungsi seperti seharusnya. 

Sponsors Link

Aturan Minum Kopi yang Baik

Untuk anda yang senang minum kopi sebetulnya tidak perlu panik akan mengalami gagal ginjal atau gejala batu ginjal pada wanita atau pria. Jika anda ingin aman minum kopi dan tetap bisa bebas dari penyakit, maka University of Illinois memberi saran agar tidak mengkonsumsi kafein lebih dari 200 miligram per hari yang setara dengan satu hingga dua cangkir tergantung dari cara mengolah, komposisi dan juga jenis kopi yang dikonsumsi.

Dari ulasan di atas bisa dibuktikan jika sebenarnya minum kopi tidak buruk namun untuk penderita penyakit ginjal memang tidak disarankan karena bisa memperburuk masalah ginjal yang sudah dialami. Untuk cara aman, anda tetap bisa minum kopi namun tidak lebih dari dua cangkir per hari untuk menjaga kesehatan organ ginjal anda.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup