Sponsors Link

Peluang Penderita Ginjal Bisa Sembuh Berdasarkan Jenis Penyakitnya

Sponsors Link

penyakit ginjal adalah penyakit yang menyerang organ di anatomi saluran kemih, yaitu ginjal. Jenis penyakit ginjal ada beragam. Namun penyakit ginjal yang paling sering terjadi adalah gagal ginjal. Gagal ginjal itu sendiri dibedakan menjadi dua jenis, yaitu gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis. Gagal ginjal akut adalah gagal ginjal yang terjadi secara tiba-tiba dan dikarenakan oleh berbagai faktor. Sedangkan gagal ginjal kronis sifatnya permanen dan terus menerus. Apakah penderita ginjal bisa sembuh? Lebih jelasnya, simak penjelasan berikut.

ads

Peluang Sembuh Penderita Gagal Ginjal Akut

Pada dasarnya gagal ginjal akut terjadi pada seseorang yang biasanya sedang dirawat di rumah sakit karena beberapa jenis penyakit atau keadaan. Gagal ginjal akut biasanya bersifat sementara, yaitu jika penyebab gagal ginjal itu bisa diatasi, maka gagal ginjal akut akan berangsur kembali seperti semula (pulih). Namun tentunya peluang penderita ginjal bisa sembuh untuk gagal ginjal akut ini tergantung dari masing-masing pasien dan masing-masing penyebab.

Misalnya jika Gagal Ginjal Akut Anak maupun dewasa terjadi karena pendarahan hebat sehingga ginjal tidak mampu memfirlter darah karena volumenya yang menurun drastis, maka jika pendarahan hebat itu bisa diatasi dengan baik oleh tim medis, gagal ginjal akut bisa sembuh. Sedangkan jika gagal ginjal akut yang terjadi karena efek komplikasi dari beberapa jenis penyakit tertentu, tentu saja peluang sembuhnya tergantung pada penyakit itu sendiri.

Peluang Sembuh Penderita Gagal Ginjal Kronis

Sedangkan gagal ginjal kronis adalah sebuah penyakit kronis (terus menerus) yang perlahan-lahan merusak organ ginjal. Gagal ginjal kronis ini lah yang sering membuat seseorang harus melakukan cuci darah secara rutin. Kebanyakan penyebab gagal ginjal kronis adalah penyakit kronis juga, misalnya hipertensi dan diabetes. Memang ada Hubungan Gagal Ginjal dan Hipertensi dan diabetes, karena pada dasarnya organ ginjal selalu berhubungan dengan darah, senyawa dalam darah, dan juga tekanan darah.

Pada dasarnya, penyakit gagal ginjal kronis ini memiliki sifat yang permanen, sehingga peluang penderita ginjal bisa sembuh 100 persen akan sangat didapatkan. Keberadaan cuci darah dan pengobatan luar biasanya hanya dimaksudkan untuk mencegah gejala gagal ginjal bertambah parah dan mengurangi gejala yang ada. Sejauh ini pengobatan untuk pasien gagal ginjal kronis bisa dikatakan tidak dilakukan untuk menyembuhkannya, melainkan hanya untuk meringankan gejalanya.

Akan tetapi, kondisi Gagal Ginjal Kronis bisa diatasi dengan melakukan operasi transplantasi ginjal. Inilah satu-satunya cara yang bisa memperbesar peluang sembuh dari gagal ginjal kronis. Namun biaya transplantasi ginjal sangat mahal dan juga terbilang cukup sulit untuk bisa mendapatkan donor ginjal yang cocok. Walau di Indonesia ada beberapa pasien yang sudah berhasil melewati operasi ini, tidak banyak orang yang mau melakukannya karena kendala biaya.

Sponsors Link

Peluang Sembuh Penderita Infeksi Ginjal

Selain gagal ginjal, ada lagi penyakit ginjal yang biasa terjadi dan umum, yaitu infeksi ginjal. Infeksi ginjal adalah sebuah kondisi dimana ginjal terinfeksi bakteri. Jenis bakteri yang menginfeksi adalah jenis streptoccocus. Gejala dari infeksi ginjal adalah demam, perubagan pada urine, rasa sakit saat buang air kecil, dan rasa sakit di area pinggang atau perut.

Untuk jenis penyakit Infeksi Ginjal ini sendiri, karena penyebabnya adalah aktivitas bakteri, maka bisa dikatakan peluang kesembuhannya cukup tinggi. Yaitu, ketika bakteri penyebab infeksi sudah hilang, maka kemungkinan ginjal bisa sembuh seperti sedia kala. Maka dari itulah pengobatan dari infeksi saluran kemih ini lebih ditekankan pada bakteri, yaitu dengan antibiotik.

Sponsors Link

Peluang Sembuh Penderita Batu Ginjal

Ada lagi jenis penyakit ginjal yang sering terjadi, di antaranya batu ginjal. Batu ginjal adalah sebuah kondisi dimana ada sumbatan di dalam saluran kemih yang disebabkan oleh penumpukan senyawa-senyawa dalam tubuh yang mengeras atau mengkristal. Pada dasarnya kondisi ini juga bisa disembuhkan, yaitu dengan menghilangkan sumbatan batu ginjal itu sendiri. Cara penyembuhannya adalah dengan Jenis Operasi Batu Ginjal atau disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pasien dan masing-masing ukuran batu ginjal itu sendiri.

Namun, ada juga beberapa kasus batu ginjal yang turut disertai dengan kerusakan ginjal secara bertahap. Jika hal ini terjadi, maka peluang terkena gagal ginjal kronis bisa saja meningkat. Jika sudah demikian, maka penanganan penyakit ini akan sama dengan penderita gagal ginjal kronis, yaitu sulit disembuhkan. Akan tetapi masing-masing pasien memiliki kondisi dan riwayat yang berbeda-beda.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai penderita ginjal bisa sembuh yang dijabarkan berdasarkan jenis penyakitnya masing-masing. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , ,