Sponsors Link

5 Pencegahan Penyakit Polikistik dan Gejalanya

Sponsors Link

Ginjal, sepasang organ yang bentuknya mirip kacang merah dan terletak di punggung bagian bawah, melekat pada tulang rusuk. Keberadaan ginjal sangat dibutuhkan oleh tubuh karena salah satu tugas utama organ ginjal adalah menyaring kotoran yang ada dalam darah dan membuang zat zat sisa metabolisme keluar melalui urine. Itulah alasan mengapa menjaga kesehatan ginjal sangatlah penting.

ads

Banyak penyakit ginjal yang mengancam kesehatan organ yang satu ini. Di antara berbagai macam penyakit tersebut adalah kista ginjal polikistik atau singkatnya disebut ginjal polikistik. Penyakit ini bukanlah kategori penyakit parah yang sulit disembuhkan. Jika bisa ditangani dengan cepat dan tepat, penyakit ini bisa sembuh dengan total.

Tetapi tentu tidak ada seorangpun yang ingin terkena penyakit seperti ini. Oleh sebab itu, cara cara pencegahan penyakit polikistik harus diketahui dan dilakukan dengan baik. Bagaimana cara pencegahan penyakit polikisitik? Ini dia cara mudah yang bisa Anda lakukan.

1. Menghindari Kelebihan Berat Badan

Kelebihan berat bada atau obesitas adalah hal yang harus dihindari jika ingin memiliki tubuh yang sehat. Seseorang yang memiliki kelebihan berat badan memang lebih mudah terkena penyakit dibandingkan mereka yang punya berat bada seimbang. Obesitas memang menjadi salat satu penyebab penyakit ginjal. Namun bukan hanya itu saja, penyakit lain yang bisa muncul karena obesitas adalah resiko serangan jantung, hipertensi, hingga gangguan pada otak.

Jagalah berat badan agar tetap seimbang, tidak obesitas tetapi juga tidak berada jauh di bawah indeks BMI. Lakukan olahraga secara rutin untuk menjaga berat badan dan kebugaran tubuh. Memakan makanan bergizi, kaya serat dan vitamin juga penting untuk menjaga berat badan.

2. Olahraga Teratur

Gaya hidup sehat adalah cara tepat untuk mencegah penyakit apapun datang ke tubuh. Olahraga tidak harus yang berat dan melelahkan. Berjalan kaki selama beberapa menit setiap hari termasuk kategori olahraga ringan yang menyehatkan. Manfaat olahraga adalah untuk memperbaharui sel sel di dalam tubuh yang telah rusak dan mati. Sel tersebut akan digantikan dengan sel baru yang lebih sehat, yang banyak diproduksi saat berolahraga. Olahraga secara teratur adalah cara hidup sehat dengan satu ginjal yang disarankan oleh dokter.

3. Tidak Merokok

Rokok adalah benda yang mengandung banyak racun, tetapi ironisnya sangat digemari oleh masyarakat. Kebiasaan merokok adalah salah satu penyebab utama berbagai macam penyakit ginjal dalam tubuh. Jika ada pertanyaan bolehkah penderita batu ginjal merokok? Tentu jawabannya tidak. Merokok sama saja dengan menumpuk racun di dalam ginjal, dan lama kelamaan akan merusak ginjal dan memicu gagal ginjal. Inilah penjelasan tentang hubungan merokok dengan gagal ginjal yang harus dipahami.

Merokok bisa menyebabkan komplikasi penyakit yang tidak diinginkan. Selain penyakit ginjal, penyakit lain yang mungkin muncul karena merokok adalah TBC, gangguan pernapasan, serangan jantung, hingga diabetes.

4. Minum Obat Obatan

Cara terbaik untuk mencegah penyakit adalah dengan mematuhi anjuran dokter dan dengan rutin meminum obat apa saja yang diresepkan oleh dokter. Obat obatan ini diberikan dokter tentu setelah melihat kondisi seseorang. Manfaat dari obat ini tentu saja untuk meredakan gejala, menyembuhkan penyakit, dan mencegah suatu penyakit kambuh lagi.

Perawatan secara oral dengan obat bisa menjadi pengobatan kista ginjal tanpa operasi yang baik. Tidak meminum obat secara teratur dan rutin akan membuat tubuh menjadi kebal dengan kandungan yang ada di dalamnya. Sehingga jika suatu saat seseorang tersebut diresepkan obat yang sama, tubuh tidak akan bereaksi dan memerlukan dosis obat yang lebih tinggi untuk menyembuhkan penyakitnya.

5. Memakan Makanan Rendah Garam

Makanan mungkin terasa kurang nikmat jika tidak asin. Garam memang bisa menambah citarasa gurih dan membangkitkan selera makan seseorang. Namun tahukah Anda bahwa makanan asin bukanlah makanan sehat untuk penderita kista ginjal polikisitik yang boleh dikonsumsi.

Sponsors Link

Garam bisa meningkatkan resiko hipertensi. Sebaiknya konsumsi makanan rendah garam yang merupakan makanan untuk penderita kista ginjal yang sangat baik untuk kesehatan ginjal.

Gejala Penyakit Polikistik

  1. Hematuria atau Urine Berwarna Merah.
  2. Air Seni Berbusa.
  3. Adanya infeksi yang menyebabkan penderita sering mengalami demam, pusing maupun mengigil.
  4. Nyeri pada punggung dan nyeri pada bagian atas perut.
  5. Fungsi ginjal yang menurun.
  6. Tekanan darah tinggi.
  7. Bagian tubuh mengalami pembengkakan.
  8. Adanya batu ginjal.
  9. Mudah lemah dan lelah .
  10. Rasa nyeri pada persendian.
  11. Sering buang air kecil.
  12. Kulit yang mudah memar.
  13. Warna kulit memucat.
  14. Sakit kepala.
  15. Kuku yang tidak normal, baik warna maupun bentuknya.

Pencegahan penyakit polikistik harus dilakukan dengan cepat dan tepat. Meski penyakit ini telah sembuh, bukan berarti tidak bisa kambuh lagi. Itulah pentingnya mempraktikkan cara merawat ginjal agar tetap sehat. Banyak penyakit ginjal yang bisa mengancam kesehatan organ tubuh yang satu ini, bukan hanya penyakit polikistik saja. Cara merawat ginjal tidaklah rumit jika Anda mau meninggalkan kebiasaan yang bisa merusak ginjal seperti ketergantungan terhadap rokok atau suka meminum minuman keras. Jalani pola hidup yang sehat dengan mengonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang dan melakukan olahraga ringan secara rutin.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan