Sponsors Link

7 Pencegahan Penyakit Hidronefrosis yang Paling Ampuh

Sponsors Link

Masalah-masalah kesehatan yang sering ditemui khususnya pada seseorang yang tingkat usia yang mendekati usia tua yaitu masalah pada beberapa organ. Salah satunya yaitu pada masalah organ ginjal. Masalah organ ginjal ini pun bermacam macam mulai dari masalah ringan dan masalah yang berat.

ads

Beberapa macam penyakit ginjal diantaranya glukosuria , oliguria , poliuria , sesak nafas pada gagal ginjal kronis , ginjal mengecil pada usia lanjut dan lain sebagainya. Masalah-masalah tersebut tentunya disebabkan oleh adanya faktor pemicu. Beberapa faktor tersebut bermacam-macam seperti faktor genetik , pola hidup yang tidak sehat ataupun faktor terpapar lingkungan yang tidak sehat seperti polusi dan lainnua. Memang banyak masalah pada ginjal , namun perlu kita ketahui juga tentang penyakit hidronefrosis beserta pencegahan agar tidak terkena penyakit tersebut.

Hidronefrosis merupakan salah satu penyakit ginjal yang perlu kita perhatikan. Pada umumnya hidronefrosis akan menyebabkan ginjal menjadi bengkak. Hal tersebut tentunya akan membuat seseorang mengalami penurunana pada kualitas hidupnya. Maa dari itu perlnya informasi mengenai pencegahan penyakit hidronefrosis untuk pengetahuan seseorang. Berikut mengenai pencegahan hidronefrosisi yang dapat kita lakukan.

Pencegahan Penyakit Hidronefrosis

Sebelum mengetahi bagaimana cara untuk mencegah hidronefroosis ini , kita juga perlu mengetahui mengenai informasi mulai dari pengertian , tanda dan gejala serta penyebabnya. Setelah mengetahui informasi tersebut maka akan mempermudahkan kita untuk mengetahui cara pencegahannya.

Pengerttian dari hidronefrosis sendiri adalah pembengkakan yang terjadi di ginjal akibat adanya penumpukan urine. Biasanya kondisi ini bisa terjadi pada salah satu ginjal saja maupun pada kedua ginjal tersebut. Apabila seseorang terkena ataupun terindikasi hidronefrosis maka perlu ditangani lebih lanjut, apabila tidak segera ditangani maka akan mengakibatkan komplikasi jangka panjang. Perlu kita ketahui juga bahwa hidronefrosis dapat menyerang segala usia dari usia muda bahkan usisa lanjut usia.

Hidronefrosisi ini biasanya disebabkan adanya kondisi tertentu seperti adanya batu ginjal, penyempitan ureter, pembengkakan kelenjar prostat, adanya berbagai jenis kanker. Tanda dan gejala yang biasa dirasakan antara lain yaitu demam, mual, perut bertambah besar, menggigil , addanya darah didalam urine, dan sering buang air kecil.

Namun untuk menjaga kesehatan ginjal , ada beberapa pencegahaan hidronefrosis sendiri. Berikut mengenai pencegahan hidronefrosis :

1. Mengatur Pola Makan

Menjaga atau mengatur pola makan sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh seseorang. Baik kesehatan luar tubuh maupun didalam tubuh. Pola makan yang baik yaitu dalam sehari makan teratur sebanyak 3 kali perhari dengan porsi yang cukup. Porsi yang cukup dalam hal ini adalah keseimbangan antara komponen karbohidrat, lemak, protein serta vitamin sama banyak. Tanaman pembersih ginjal mungkin dapat kia konsumsi untuk membersihkan ginjal kita agar terbebas dari kotoran dan racun.

Sponsors Link

2. Mengatur Pola Tidur

Mengatur pola tidur sama pentingnya dengan mengatur pola makan. Tidur yang cukup dan teratur mampu menjaga kesehatan organ dalam . Tidur merupakan salah satu kebutuhan manusia yang harus terpenuhi. Saat sedang tidur tubuh kita melakukan regenerasi atu memperbaiki sel-sel yang rusak. Selain itu tidur akan membuat organ didalam tubuh kita istirahat sejenak den merilekskan diri. Banyak sekali peyakit yang pada dasarnya disebabkan karea kurang tidur ini. Maka menjag tidur ini sangatlah penting bagi kesehatan tubuh. Cara mengembalikan fungsi ginjal yang rusak dapat dilakukan denga melakukan pengobatan dan memenuhi kebutuhan tidur sehari-hari secara cukup.

ads

3. Olahraga Secara Rutin

Tidak dapat dipungkiri bahwa melakukan olahraga rutin msangat bermanfaat sekali bagi kesehatan tubuh. Salah satu peran dari melakukan olahraga yaitu olahraga mampu meningkatkan metabolisme tubuh serta meningkatkan sistem imunitas seseorang. Apabila metablisme didalam tubuh maksimal dan imunias tubuh maksimal maka seseorang akan tidak mudah terserang penyakit. Maka olahraga ini sangat mempu menjaga kesehatan ginjal dan menghindari ginjal terkena beberapa masalah atau penyakit yang serius. Mencegah batu ginjal dapat kita lakukan denga olah raga ringan seperti jalan santai setiap hari selama 30 menit.

4. Hindari Mengkonsumsi Makanan JunkFood

Selanjutnya hal yang dapat kita lakukan untuk mencegah berbagai masalah kesehatan salah satunya masalah pada ginjal yaitu dengan cara menghindari konsusmsi makanan junkfood atau siap saji. Makanan junkfood atau siap saji tidak baik bagi kesehatan ginjal karena mengandung beberapa kandungan yang berbahaya seperti pengawt, pewarna dan zat-zat yang berbahaya lainnya. Apabila mengkonsumsi makanan junk food secara berlebihan atau terus menerus akan berdampak pada kerusakan ginjal yang serius. Cara mencegah infeksi saluran kemih salah satunya yaitu dengan cara menghindari mengkonsumsi junkfood ini.

5. Hindari Konsumsi Kafein

Kaafein merupakan salah satu kandungan yang tidak baik pada tubuh apabila dikonsumsi secara berlebihan. Salah satu minuman yang mengandung kafein yaitu kopi. Dimana kopi sangat digemari sekali dikalangan masyarakat. Namun meskipun kopi berbahaya bagi kesehatan , apabila tidak dikonsumsi secra berlebihan justru akan berdampak baik bagi tubuh. Kefei yang berlebihan akan menyebebkan gangguan fungsi pada ginjal. Makanan tinggi kalsium oksalat juga dapat meningkatkan resiko terkena penyakit ginjal salah satunya yaitu hidronefrosis.

6. Hindari Konsumsi Alkohol

Biasanya alkohol digunakan tenaga medis untuk kepentingan medis. Namun sering kali alkohol ini digunakan secara tidak bijak, banyak minuman dan maknan yang mengandung alkohol. Apabila alkoho ini dikonsumsi oleh tubuh maka akan berdampak bagi kesehatan. Slah satu dampak buruk yang akan terjadi yaitu kesehatan organ dlam seperti ginjal akan terganggu. Ginjal merupakan organ yang penting dan berperan dalam kinerja tubuh manusia. Penyebab fungsi ginjal menurun yaitu mengkonsumsi alkohol ini, salah satu kondisi yang beresiko tinggi karena alkohol ini adalah penyakit hidronefrosis pada ginjal.

7. Hindari Konsumsi Obat-Obatan

Obat-obatan yang dikonsumsi secara berlebihan akan mengakibatkan ginjal mengalami over dalam bekerja, obat akan mengakibatkan ginjal untuk bekerja keras menyaringnya. Apabil  ginjal tersebut bekerja terus menerus maka akan berdampak pada kerusakan ginjal. Maka dari itu saat mengkonsumsi obat sebaiknya anjuran dari dokter dan tidak mengkonsumsi obat dari warung dengan dosis yang tidak tepat. Penyebab disfungsi pada ginjal mungkin juga disebabkan karena seseorang mengkonsumsi obat-obatan secara berlebihan.

Pencegahan hidronefrosis pada dasarnya adalah menjaga kesehatan tubuh yang dapat dilakukan beberapa cara seperti cara diatas. Sebaiknya melakukan konsultasi atau melakukan pemeriksaan secara rutin dengan dokter.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Tips