Sponsors Link

Pencegahan Gagal Ginjal Kronis yang Harus Dilakukan

Sponsors Link

Gagal ginjal adalah penyakit yang disebabkan oleh penurunan fungsi ginjal. Gagal ginjal bisa menjadi penyakit yang berbahaya karena ginjal sendiri adalah salah satu organ penting di tubuh. Gagal ginjal kronis tidak bisa disembuhkan dan merupakan penyakit jangka panjang. Sehingga tentu saja pencegahan gagal ginjal kronis perlu dilakukan dengan baik agar terbebas dari risiko tinggi gagal ginjal. Berikut beberapa cara mencegah gagal ginjal yang perlu dilakukan.

ads
  1. Menjalani pola makan sehat

Salah satu cara pencegahan dari penyakit gagal ginjal kronis yang perlu dilakukan adalah menerapkan pola makan sehat. Pola makan yang sehat perlu dilakukan untuk menjaga kadar kolesterol darah agar tetap aman. Mengingat kolesterol tidak hanya meningkatkan risiko gagal ginjal kronis saja, melainkan juga dapat meningkatkan risiko dari penyakit jantung dan stroke. Selain itu, pola makan sehat perlu dijaga agar terbebas dari risiko hipertensi dan diabetes, dimana keduanya adalah penyebab paling banyak dari gagal ginjal kronis.

Ada baiknya mengonsumsi Makanan Sehat untuk Ginjal dan Jantung seperti memperbanyak makanan buah dan sayur dengan gizi seimbang. Selain itu menghindari makanan yang tinggi lemak juga perlu dilakukan. Apalagi dari jenis makanan cepat saji. Kurangi juga makanan yang mengandung lemak jenuh yang dapat meningkatkan berbagai gangguan pada tubuh. Dan perbanyak makanan dengan lemak tidak jenuh.

Makanan yang mengandung terlalu banyak garam bisa menigkatkan risiko tekanan darah tinggi sehingga ada baiknya kadar garam dikurangi. Setidaknya mengonsumsi garam tidak direkomendasikan lebih dari 6 gram per hari (kurang lebih 1 sendok teh penuh).

  1. Tidak merokok dan minum minuman beralkohol

Pencegahan gagal ginjal kronis selanjutnya adalah dengan menghentika kebiasaan buruk merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol. Pengaruh Rokok bagi Ginjal dan Bahaya Alkohol bagi Ginjal memang bisa meningkatkan berbagai gangguan dan penyakit pada tubuh. Selaik itu, rokok dan minuman beralkohol bisa memperburuk kondisi gangguan ginjal pada orang-orang yang sudah terdiagnosis gagal ginjal. Sehingga menghentikan keduanya adalah salah satu cara pencegahan yang direkomendasikan.

  1. Olahraga secara teratur

Tekanan darah yang tinggi yang bisa meningkatkan risiko gagal ginjal kronis, bisa diminimalisir dengan melakukan olahraga atau aktivitas fisik. Setidaknya, melakukan olahraga dilakukan secara teratur. Pilihlah olahraga yang ringan tapi mudah dilakukan misalnya berjalan kaki atau bersepeda setiap minggu.

  1. Baca petunjuk obat

Kebanyakan kesalahan mengonsumsi obat terjadi karena banyak orang yang malas membaca petunjuk obat. Padahal mengonsumsi obat yang salah juga bisa mempengaruhi kinerja ginjal. Sehingga, ada baiknya pencegahan gagal ginjal dilakukan dengan lebih memperhatikan petunjuk obat sebelum mengonsumsi obat apapun.

Sponsors Link

  1. Waspada diabetes dan hipertensi

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa Hubungan Gagal Ginjal dengan Diabetes sangat erat. Demikian pula dengan Hubungan Gagal Ginjal Kronis dengan Hipertensi. Diabetes dan hipertensi adalah penyebab utama dari gagal ginjal kronis. Sehingga salah satu pencegahan yang bisa dilakukan adalah waspada terhadap riwayat hipertensi dan diabetes. Cek kadar gula dan tekanan darah secara berkala agar dapat memantau kondisi kesehatan tubuh.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai pencegahan gagal ginjal yang perlu dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup