Sponsors Link

Pemeriksaan Massa Ginjal – Manfaat – Gambaran Umum – Hasil

Sponsors Link

Ginjal adalah organ yang penting bagi manusia dengan tugas untuk mengeluarkan sisa limbah dari hasil metabolisme tubuh. Selain itu, organ ginjal juga bertugas untuk mengatur sistem saluran kemih, menyaring darah, menjaga kadar elektrolit tubuh sekaligus membuang sisa metabolisme larut dalam air yang berasal dari aliran darah lewat kandung kemih. Semua fungsi ginjal tersebut nantinya bisa saja terganggu jika ada massa atau kista yang terdapat dalam ginjal atau organ lain yang berada di sekitarnya dan akhirnya menyebabkan macam macam penyakit ginjal. Massa pada ginjal ini bisa dijadikan pertanda jika seseorang menderita kanker ginjal stadium satu yakni jenis kanker yang paling umum terjadi di dunia.

ads

Dari hasil penelitian membuktikan jika sekitar 50% masyarakat dunia diatas umur 50 tahun bisa mempunyai massa ginjal atau kantong yang terisi dengan cairan dan dikenal dengan nama kista ginjal. Dengan bantuan dari ahli radiologi, dokter spesialis ginjal harus sesegera mungkin memeriksa massa ginjal tersebut agar bisa menentukan apakah massa ginjal yang terjadi bisa berpotensi menimbulkan masalah kesehatan lanjutan untuk pasien. Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai pemeriksaan massa ginjal, silahkan simak ulasan berikut ini dari mulai manfaat, gambaran umum dan juga hasil yang bisa didapatkan.

Gambaran Umum Pemeriksaan Massa Ginjal

Pemeriksaan atau evaluasi massa ginjal nantinya akan menggunakan banyak prosedur, diagnostik dan juga pencitraan untuk menentukan apakah massa ginjal tersebut bersifat jinak atau ganas. Pemeriksaan massa ginjal adalah perencanaan dari prosedur pengobatan ginjal yang nantinya bisa mengembalikan fungsi dan juga struktur ginjal sehat pada pasien penderita kista ginjal kanan atau kiri.

Manfaat Pemeriksaan Massa Ginjal

Untuk beberapa kasus umum, massa ginjal biasanya akan ditemukan pada pasien yang menjalani pemeriksaan kondisi atau gejala lain seperti ciri ciri ginjal rusak. Pasien umumnya mengetahui jika dirinya memiliki massa yang berasal dari ginjal atau organ sekitarnya sesudah diberitahukan oleh dokter layanan primer dimana mereka meminta pasien untuk menjalani CR scan atau USG pada saat pasien mulai mengeluhkan sakit di area perut.

Hasil Pemeriksaan Massa Ginjal

Dengan pemeriksaan massa ginjal, nantinya dokter bisa menentukan apakah massa ginjal atau kanker ginjal tersebut memiliki sifat jinak atau ganas dan juga mengetahui apakah massa ginjal tersebut bisa mengganggu fungsi ginjal dan juga kesehatan menyeluruh pasien. Selain itu, pemeriksaan massa ginjal juga bisa membantu dokter untuk menentukan tindakan terbaik apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi massa ginjal tersebut. 

Sponsors Link

Prosedur Pemeriksaan Massa Ginjal

Prosedur pemeriksaan massa ginjal umumnya akan dilakukan jika dokter sudah berhasil mendeteksi massa ginjal sesudah pasien melakukan prosedur pencitraan seperti USG atau CT scan. Pasien kemudian akan dirujuk ke spesialis ginjal yang kemudian akan diminta untuk menjalani prosedur tambahan seperti biopsi agar bisa menghentikan sifat massa ginjal dan juga gejala serius lain yang mungkin terjadi seperti kanker.

Penyebab kista di ginjal biasanya terjadi pada seseorang yang berusia diatas 50 tahun dan biasanya mudah dikenali ahli radiologi lewat prosedur pencitraan. Akan tetapi untuk kasus kista ringan, maka tidak membutuhkan perhatian medis dan dokter juga tidak harus meminta pasien untuk melakukan pengamatan lanjutan. Sedangkan untuk kista kompleks, maka membutuhkan prosedur pencitraan secara berkala agar bisa melihat perubahan ukuran dan juga sifat dari kista tersebut. 

Sponsors Link

Biopsi ginjal biasanya akan dilakukan dengan panduan alat pencitraan seperti USG atau CT scan yang menjadi prosedur penting dalam pemeriksaan ginjal. Hasil dari pencitraan ini nantinya juga bisa dijadikan pertimbangan sebagai cara untuk menentukan pengobatan atau terapi lanjutan yang sebaiknya diberikan pada pasien. Sedangkan untuk beberapa kasus, biopsi harus diulang kembali selama beberapa kali sampai dokter bisa mendapatkan diagnosis yang lebih akurat.

Sedangkan jika pasien memang memiliki massa padat dan sudah terbukti bisa berkembang menjadi kanker, maka dokter ahli ginjal nantinya akan memberi saran pada pasien agar menjalani prosedur pembedahan atau ablasi massa tanpa melakukan biopsi.

Komplikasi dan Risiko

Dalam proses pemeriksaan massa ginjal, sebenarnya secara umum cukup aman dilakukan ali radiologi dan juga dokter ahli ginjal yang diikuti juga dengan mengkonsumsi makanan untuk penderita kista ginjal. Akan tetapi jika memang pasien belum puas dengan hasil dari pemeriksaan tersebut, maka pasien bisa mengunjungi beberapa dokter ahli lain agar bisa mendapatkan pendapat atau opini kedua dan seterusnya.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan