Sponsors Link

Pembengkakan Ginjal Kiri (#Anda Wajib Tahu)

Sponsors Link

Kita semua memahami bahwa kesehatan adalah sesuatu yang sangat mahal harganya. Semua orang di dunia ini oleh karenanya senantiasa berusaha untuk menjaga agar dirinya tetap sehat dan tidak terkena serangan penyakit tertentu yang dapat membahayakan dirinya. Oleh karena itulah, kamu pun harus melakukan hal yang sama. Salah satu langkah yang bisa kamu lakukan adalah dengan memahami berbagai macam penyakit yang membahayakan untuk tubuhmu, termasuk salah satu di antaranya adalah penyakit pembengkakan ginjal kiri.

ads

Pembengkakan ginjal sebenarnya merupakan satu penyakit ginjal yang pada umumnya banyak dialami oleh orang dewasa. Walaupun demikian tidak sama dengan akhirnya para remaja, anak-anak, dan kelompok umur yang lain terbebas dari adanya penyakit mematikan ini. Salah satu penyebab sakit ginjal utama dari penyakit pembengkakan ginjal, termasuk khususnya pembengkakan ginjal kiri, adalah adanya penyumbatan pada saluran kemih, sehingga yang seharusnya keluar dari ginjal tidak bisa keluar dengan leluasa. Selain penyumbatan, infeksi juga dapat menjadi salah satu penyebab mengapa ginjal dapat mengalami pembengkakan. Oleh karena ginjal kita terdiri dari dua bagian, yaitu ginjal sebelah kiri dan ginjal sebelah kanan, maka mengetahui pembengkakan pada ginjal pada masing-masing lokasi ini adalah sesuatu yang perlu kamu ketahui agar kamu dapat mengantisipasi dan mengatasi ketika mengalami hal tersebut.

Pada prinsipnya, ginjal bengkak adalah salah satu penyakit ginjal yang harus kamu waspadai. Apabila kamu tidak mengantisipasinya dengan baik dengan baik maka ginjal bengkak dapat menjadi awal dari serangan penyakit ginjal lain yang lebih parah. Apabila penyakit ginjalmu sudah sangat parah, maka sebagian besar yang kamu lakukan dalam hidup adalah mencoba untuk melakukan hal-hal yang dapat meningkatkan harapan hidupny. Pengobatan terbaik untuk mengatasi masalah tersebut, tetapi mahal adalah dengan melakukan transplantasi ginjal sehingga kamu bisa mendapatkan ginjal baru yang bisa berfungsi menggantikan ginjal lamamu yang telah rusak. Melihat kondisi ini, sudah jelas bahwa mengantisipasi dan mencegah penyakit ginjal, walaupun hanya menyerang salah satu bagian ginjal adalah sesuatu yang wajib untuk kamu lakukan.

Dilihat dari ukurannya secara fisik, organ ginjal memang hanyalah sebuah organ kecil yang memiliki berat tidak lebih dari 150 gram, atau sekitar berat separuh genggaman tangan orang dewasa. Akan tetapi organ yang satu ini ternyata memiliki fungsi-fungsi yang sangat penting untuk tubuh dan gangguan pada organ yang satu ini dapat mempengaruhi kinerja semua bagian tubuh secara keseluruhan seperti dalam hal mengatur keseimbangan elektrolit, asam basa, dan keseimbangan cairan yang ada di dalam tubuh. Beberapa fungsi utama yang akan terganggu akibat pembengkakan ginjal, walaupun hanya pembengkakan ginjal kiri adalah fungsi ginjal dalam membuang sampah dari aktivitas metabolisme tubuh yang akan meracuni tubuh apabila terus bersarang di dalam tubuh, membantu mengatur tekanan darah tubuh dan membantu menjaga kesehatan tulang.

Selain berpotensi mengakibatkan gangguan pada proses pengeluaran racun dari dalam tubuh, gangguan ginjal seperti pembengkakan ginjal juga mampu menyebabkan gangguan pada sistem metabolisme tubuh. Gangguan pada sistem metabolisme tubuh ini berpeluang untuk menyebabkan komplikasi-komplikasi lain yang lebih parah seperti penyakit jantung koroner, penyakit pembuluh perifer, dan stroke. Oleh karena itulah setiap orang disarankan untuk melakukan pengecekan kesehatan ginjal secara rutin, terutama bagi mereka yang memiliki riwayat keluarga penderita darah tinggi dan lain sebagainya, dan juga menerapkan cara menjaga kesehatan ginjal atau tips menjaga kesehatan ginjal yang telah kami bahas pada kesempatan yang lain.

Sponsors Link

Ciri-ciri Ginjal Bengkak Sebelah Kiri

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri yang bisa kamu amati untuk mengetahui adanya pembengkakan pada ginjal sebelah kirimu.

1. Nyeri pada punggung

Ciri-ciri pertama dari adanya pembengkakan ginjal pada sebelah kiri adalah adanya rasa nyeri pada bagian punggung di sekitar sisi pinggir kiri atau kanan pada punggungmu.

2. Buang air kecil terlalu intens

Sering buang air kecil dapat menjadi salah satu tanda bahwa ginjalmu mengalami pembengkakan karena ginjal yang membengkak biasanya akan kelebihan air kencing tetapi sulit untuk mengeluarkannya secara tuntas. Akibatnya, tubuh akan terus-menerus mengeluarkan dorongan untuk kencing pada otakmu.

ads

3. Ginjal perih pada bagian sebelah kiri

Munculnya rasa sakit atau perih pada ginjal juga merupakan salah satu gejala pembengkakan ginjal yang paling umum terjadi pada para penderita ginjal bengkak. Ginjal yang membengkak akan membuat tubuh atau badan para penderitanya merasa tidak nyaman karena adanya pembengkakan tersebut. Rasa sakit ini pada titik tertentu dapat mengakibatkan para penderitanya untuk tidak bisa melakukan aktivitas sama sekali karena rasa nyeri atau perih yang terlalu kuat.

4. Air kencing keluar dengan tidak lancar

Ciri-ciri penyakit ginjal berikutnya adalah buang air kecil yang tidak lancar. Maksudnya adalah, aliran air kencing yang keluar dari tubuhmu terasa seperti tersendat-sendat alias tidak lancar karena adanya penyumbatan pada ginjalmu yang disebabkan oleh batu ginjal atau yang sejenisnya. Penyumbatan inilah yang kemudian membuat ginjalmu membengkak dan terganggu aktivitasnya.

5. Badan terasa tidak nyaman

Adanya gangguan di dalam organ tubuh tentu akan membuat tubuh menjadi tidak nyaman ketika kita menggerakkannya untuk melakukan berbagai macam aktivitas . Duduk akan lebih sulit, dan berdiri pun juga sakit. Apabila kamu mengalami hal ini dapat diwaspadai ada sesuatu yang salah di dalam tubuhmu, walaupun belum pasti ginjalmu bermasalah, akan tetapi tidak ada salahnya menjadikan gejala tersebut sebagai suatu bentuk kewaspadaan tersendiri.

Penyebab Ginjal Bengkak Sebelah Kiri

Mengetahui apa ciri ciri ginjal bengkak atau gejala ginjal bengkak sebelah kiri saja tidak akan cukup untuk membantumu menghindari pembengkakan ginjal kiri secara mendalam apabila kamu tidak mengetahui penyebab dari penyakit ini. Oleh karena itulah maka kamu pun harus mengetahui apa yang menjadi penyebab pembengkakan ginjal bagian kiri sehingga kamu dapat menghindarinya dengan baik. Berikut ini adalah beberapa penyebab ginjal bengkak sebelah kiri yang paling sering menjadi penyebab pembengkakan ginjal pada sebelah kiri.

  • Kurang berolahraga
  • Terlalu banyak mengonsumsi makanan beroksalat tinggi
  • Adanya batu ginjal pada ginjal atau saluran kandung kemih yang menyumbat pada saluran ginjal sebelah giri
  • Kelainan pada saluran kandung kemih
  • Infeksi pada beberapa bagian ginjal di sebelah kiri
  • dan lain sebagainya.
Sponsors Link

Cara Mengatasi Ginjal Bengkak Sebelah Kiri

Lalu bagaimana cara untuk mengatasi pembengkakan ginjal sebelah kiri yang mungkin saat ini telah kamu alami dan perlu diselesaikan secepatnya? Tentu saja kamu harus mengetahui berbagai macam cara mengatasi penyakit ginjal bengkak sebelah kiri yang dapat kamu lakukan secara mandiri sebagai alternatif pengobatan yang dapat kamu dapatkan dari resep-resep dokter dari hasil proses check-up. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi ginjal bengkak sebelah kiri yang dapat kamu lakukan secara mandiri. Tetapi ingatlah untuk selalu berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui apakah pengobatan di bawah ini cocok untukmu atau tidak.

  • Meminum ramuan air seduhan daun alpukat
  • Meminum ramuan air rebusan daun sirsak
  • Meminum ramuan air rebusan kulit manggis
  • Meminum ramuan air rebusan daun kumis kucing
  • Mengonsumsi ramuan air rebusan akar alang-alang
  • Meminum ramuan air rebusan daun tempuyung
  • Mengonsumsi uva ursi
  • Menjauhi makanan penyebab sakit ginjal
  • Memakan makanan yang baik untuk ginjal

Dari beberapa pembahasan di atas telah kita ketahui beberapa hal penting yang bisa kamu manfaatkan untuk melindungi diri dari permasalahan ginjal bengkak sebelah kiri yang merupakan salah satu penyakit berbahaya. Walaupun ginjal bengkak sebelah kiri itu dapat diobati, akan tetapi tentu saja pencegahan dari penyakit yang satu ini adalah langkah utama untuk memastikan dirimu agar tidak terkena serangan penyakit ginjal sebelah kiri dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak untuk melakukan pengobatan-pengobatan seperti di atas. Pada prinsipnya, sangat disarankan untukmu agar menjaga kesehatan ginjalmu sehingga kamu tidak perlu terkena penyakit ginjal bengkak sebelah kiri terlebih dahulu hingga kamu baru menyadari nilai pentingnya kesehatan tubuhmu.

Sponsors Link
>
, ,