Sponsors Link

10 Pantangan Setelah Operasi Batu Ginjal yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Salah satu penyakit ginjal yang banyak diderita adalah batu ginjal. Dalam bahasa medis, batu ginjal disebut dengan nefrolitiasis, yaitu sebuah keadaan dimana terbentuk sebuah benda yang keras menyerupai batu pada organ ginjal. Benda tersebut terbentuk dari sisa-sisa limbah dalam darah yang mengendap dan mengkristal di dalam ginjal. Endapan tersebut disebabkan oleh makanan tertentu atau masalah kesehatan yang dialami penderita.

ads

Gejala awal penyakit batu ginjal biasanya tidak terdeteksi karena penderita sendiri juga tidak mengalami sakit yang teramat sangat. Batu ginjal yang kecil biasanya akan luruh bersama dengan urine. Jika ukuran batu ginjal semakin membesar hingga menyumbat saluran kencing, baru rasa sakit akan terasa karena batu ginjal melukai dinding saluran kencing. Kondisi akan menjadi semakin parah jika batu ginjal tersangkut di saluran akhir pembuangan urine dan terjadi penumpukan bakteri. Bakteri dan batu ginjal yang berkumpul menjadi satu akan menimbulkan pembengkakan pada saluran kencing.

Berikut gejala penyakit batu ginjal yang wajib Anda ketahui:

  • Sakit yang berlebihan di punggung bagian bawahGinjal terletak di punggung bagian bawah. Oleh karena itu, seseorang yang terkena batu ginjal biasanya mengalami rasa sakit yang sangat hebat di bagian bawah punggung, dan menjalar hingga ke perut. Jika rasa sakit ini berlangsung terus-menerus, segera konsultasikan dengan dokter karena penyakit ini tentu bukan hanya nyeri punggung biasa.
  • Warna urine gelap atau kemerahan. Batu ginjal bisa melukai saluran kencing tempat keluarnya urine. Luka pada saluran kencing yang disebabkan batu ginjal akan tampak pada perubahan warna urine. Urine Anda akan menjadi lebih gelap, dan jika luka sudah parah urine akan kemerahan seperti berdarah.
  • Panas dingin dan demam. Gejala awal orang yang terkena batu ginjal mirip dengan orang yang sedang sakit flu. Jika batu ginjal tersangkut di kandung kemih, maka akan menyebabkan infeksi yang membuat tubuh menjadi demam tinggi, panas dingin, dan kelelahan.
  • Sering buang air kecil. Batu ginjal yang bergerak hingga ke kandung kemih akan melukai saluran ini dan menyebabkan iritasi pada kandung kemih. Jika kandung kemih mengalami iritasi, penderita akan mengalami peningkatan buang air kecil disertai dengan rasa nyeri.

Batu ginjal adalah penyakit yang masih bisa disembuhkan. Namun untuk pengobatannya diperlukan penanganan batu ginjal yang tepat. Batu ginjal sendiri terdapat beberapa macam. Jenis jenis batu ginjal antara lain batu kalsium, batu asam urat, batu struvit, dan batu sistin.

Cara pengobatan batu ginjal yang paling banyak ditempuh adalah operasi batu ginjal karena hasilnya cepat dan cenderung aman karena dilakukan dengan prosedur medis. Namun penanganan tidak berhenti hanya disitu saja, penderita batu ginjal pasca operasi harus bisa menjaga kondisi kesehatannya agar tetap stabil, salah satunya dengan menghindari makanan pantangan setelah operasi ginjal. Berikut pantangan yang harus dijauhi setelah operasi ginjal:

1. Buah tomat

Pasien yang selesai menjalani operasi batu ginjal dilarang memakan buah tomat. Buah tomat mengandung asam oksalat yang bisa meningkatkan kadar kalsium dalam tubuh. Kalsium yang menumpuk terlalu banyak dalam tubuh beresiko membentuk batu ginjal yang baru. Oleh karena itu pasien operasi batu ginjal dilarang memakan buah tomat.

2. Sawi putih

Sawi putih sebenarnya kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan serat yang tinggi dan rendah kalori membuat sayuran ini ideal untuk dikonsumsi penderita diabetes dan penderita penyakit jantung.

Sponsors Link

Namun sawi putih termasuk dalam pantangan setelah operasi batu ginjal. Penderita batu ginjal dilarang memakan sawi putih dalam bentuk apapun, mentah atau olahan. Sawi putih bisa menyebabkan batu ginjal semakin parah karena kandungan asam oksalat pada sayuran ini terlalu tinggi. Sawi putih akan menyebabkan pembentukan kristal-kristal dalam batu ginjal yang jika menggumpal akan menjadi batu ginjal yang baru.

3. Terong

Sayuran berwarna ungu ini terkenal bekhasiat untuk mencegah kanker, menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol, dan menjadi sumber anti oksidan yang alami. Terong sangat populer di masyarakat dan bisa diolah menjadi berbagai macam makanan sehat. Sayangnya sayuran ini tidak baik untuk penderita batu ginjal. Sama seperti sawi putih, kandungan asam oksalat dalam terong sangat tinggi sehingga beresiko pada pembentukan batu ginjal yang baru.

ads

4. Daging hewan

Pantangan setelah operasi batu ginjal yang berikutnya adalah berbagai daging hewani tinggi protein. Yang termasuk di dalamnya adalah daging sapi, daging ayam, daging kambing, dan daging domba. Daging dari hewan-hewan tersebut mengandung protein yang sangat tinggi dan menyebabkan tingginya kadar garam dan asam pada urine. Garam dan asam yang terlalu tinggi bisa menyebabkan munculnya batu ginjal.

Seseorang yang baru selesai menjalani operasi batu ginjal tentu masih dalam masa penyembuhan dan keadannya masih sangat rentan. Oleh karena itu konsumsi daging hewan dilarang agar kondisi batu ginjal tidak semakin parah saja.

5. Buah berry

Mengkonsumsi semua jenis berry termasuk strawberry, blueberry, redberry, atau cranberry sangat dilarang pada penderita batu ginjal. Meski buah tersebut baik untuk kesehatan ginjal, namun untuk mengkonsumsinya sebaiknya menunggu hingga batu ginjal benar-benar hilang atau atas anjuran dokter.

Penderita batu ginjal dilarang memakan buah berry bukan tanpa alasan. Rasa asam pada buah-buahan berry disebabkan oleh kandungan asam oksalat yang tinggi. Padahal penderita batu ginjal harus menekan asupan asam oksalat dalam tubuhnya agar kondisi penderita bisa segera membaik.

6. Buncis

Bagi penderita kolesterol, buncis adalah sayuran sehat karena mengandung banyak serat dan bisa menurunkan kadar kolesterol. Namun bunci termasuk ke dalam sayuran dengan kadar oksalat tinggi sehingga menjadi pantangan bagi penderita batu ginjal.

7. Talas

Umbi talas mengandung banyak vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh. Talas bahkan banyak digunakan sebagai obat herbal untuk beberapa jenis penyakit. Sama seperti makanan sebelumnya, talas juga mengandung senyawa oksalat yang tinggi. Tidak hanya buruk untuk ginjal, umbi talas bisa menyebabkan iritasi kulit seperti gatal-gatal hingga kemerahan. Untuk menghilangkan asam oksalat pada talas, rendam talas dengan air garam selama 30 menit. Namun cara ini juga belum terbukti kebenarannya.

8. Minuman bersoda

Minuman bersoda adalah salah satu penyebab penyakit ginjal. Pemanis buatan dan bahan pengawet yang ada pada minuman bersoda akan memberatkan kerja organ ginjal sehingga menimbulkan kerusakan pada ginjal. Jika diminum secara berlebihan, minuman bersoda akan mengendap di dalam ginjal dan mengkristal membentuk batu ginjal yang berbahaya.

9. Sayur bayam

Sayur bayam memiliki daun berwarna hijau gelap. Sayur ini menyehatkan dan sangat segar untuk dijadikan lauk di siang hari. Warna hijau pada daun bayam dihasilkan oleh asam oksalat yang tinggi pada sayur tersebut. Asam oksalat sangat tidak baik bagi penderita batu ginjal dan termasuk salah satu pantangan setelah operasi batu ginjal.

Sponsors Link

10. Jeruk

Buah jeruk, termasuk jeruk lemon dan jeruk nipis adalah buah yang kaya akan vitamin C. Vitamin C sebenarnya sangat baik untuk pembentukan sistem imun tubuh dan menghindarkan tubuh dari berbagai macam penyakit. Lain halnya dengan pasien batu ginjal. Metabolisme vitamin C di dalam tubuh akan membentuk asam oksalat, zat yang bisa memicu pembentukan batu ginjal. Oleh karena itu pasien batu ginjal yang selesai operasi sebaiknya menjauhi semua makanan yang tinggi kandungan vitamin C.

Itulah berbagai macam pantangan setelah operasi batu ginjal yang harus dijauhi. Agar terhindar dari batu ginjal dan berbagai penyakit ginjal lainnya, Anda harus memahami cara merawat ginjal agar tetap sehat sehingga ginjal tidak mengalami kerusakan. Ginjal adalah organ vital tubuh yang punya fungsi utama menyaring semua racun dan kotoran dari makanan agar tidak mengendap di dalam tubuh dan menimbulkan penyakit lain yang berbahaya. Mengingat pentingnya fungsi ginjal dalam tubuh yang tidak bisa digantikan dengan organ lain, yuk sama-sama jaga kesehatan ginjal kita!

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman