Sponsors Link

5 Pantangan Radang Ginjal – Penyebab, Cara Mengatasi dan Pencegahan

Sponsors Link

Menjaga kesehatan ginjal adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap orang. Ginjal termasuk salah satu organ yang penting, namun sensitif terhadap serangan penyakit. Banyak penyakit ginjal yang bisa mengancam kesehatan organ yang satu ini. Salah satu penyakit yang mungkin menyerang adalah radang ginjal atau yang dalam bahasa medis disebut dengan glomerulonefritis.

ads

Selain merupakan penyakit yang serius, radang ginjal bisa menyebabkan organ ginjal tidak bisa lagi berfungsi dengan baik. Apabila tidak mendapatkan perawatan yang tepat, tanda tanda ginjal mulai rusak akan segera terlihat dan dalam waktu tidak lama, ginjal rusak secara permanen akan terjadi.

Mengobati radang ginjal dapat dilakukan secara medis atau dengan bahan tradisional. Selama masa perawatannya, ada beberapa pantangan radang ginjal yang wajib untuk dijauhi, agar kondisi kesehatan ginjal tidak menjadi semakin parah. Inilah pantangan radang ginjal yang harus diketahui:

Pantangan Radang Ginjal

1. Menjauhi Minuman Bersoda

Kandungan minuman bersoda tidak baik untuk ginjal karena banyaknya bahan pengawet. Tidak heran ia menjadi salah satu minuman penyebab gagal ginjal yang harus diwaspadai. Kandungan di dalam soda tidak hanya bahan pengawet saja, tetapi juga pewarna buatan yang terbuat dari bahan bahan berbahaya. Masih banyak lagi bahaya minuman bersoda bagi ginjal karena minuman ini akan membuat kerja ginjal menjadi berkali kali lipat lebih berat.

2. Begadang Hingga Larut Malam

Inilah kebiasaan buruk yang bisa merusak ginjal selain merokok. Manusia modern banyak memilih begadang sebagai gaya hidupnya. Tanpa disadari begadang membuat hormon di dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Akibatnya proses metabolisme tidak bisa berjalan dengan baik. Selain itu, dengan begadang membuat sel sel rusak yang ada di dalam tubuh tidak bisa memperbaharui diri.

3. Memakan Daging Merah Berlebihan

Makanan tinggi protein tidak baik untuk ginjal. Kandungan protein yang ada di dalam makanan akan membuat kerja ginjal semakin berat. Salah satu tanda ginjal sedang bermasalah adalah saat kencing menjadi berbusa atau urine mengandung protein. Daging merah bisa meningkatkan kadar kreatinin dalam urine. Akibat kreatinin tinggi adalah gagal ginjal yang bisa menimpa seseorang.

4. Merokok

Inilah kebiasaan buruk yang telah menjadi gaya hidup bagi sebagian banyak orang. Rokok adalah sumber racun yang sangat tinggi. Racun yang masuk ke dalam tubuh ini semakin lama akan menumpuk di dalam ginjal. Tumpukan racun ini semakin lama akan semakin menyebabkan ginjal tidak bisa berfungsi dengan baik lagi. Inilah hubungan merokok dengan gagal ginjal yang harus dipahami oleh setiap orang.

5. Minum Obat Sembarangan

Meminum obat sembarangan bisa menyebabkan ginjal menjadi bermasalah. Kandungan yang ada di dalam obat yang dijual bebas di warung tidak bisa dipertanggung jawabkan. Jika bahan yang ada di dalamnya tidak cocok dengan tubuh kita, akan menimbulkan reaksi alergi yang tidak terduga. Lakukan cara merawat ginjal agar tetap sehat yaitu dengan tidak meminum obat sembarangan, terlebih lagi jika tanpa pengawasan dokter.

Sponsors Link

Penyebab

1. Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal adalah salah satu penyebab ginjal meradang. Ketika ada batu ginjal, maka kerja ginjal akan terganggu dan jaringan yang ada di dalamnya bisa mengalami pendarahan. Batu ginjal adalah kondisi saat ditemukan material keras seperti batu yang terbentuk di dalam ginjal.

2. Infeksi Ginjal

Penyakit yang disebut juga dengan pielonefritis ini bisa menyebabkan radang jika bakteri yang menginfeksi semakin menyebar. Bakteri yang tidak segera dihentikan penyebarannya ini bahkan bisa menyebabkan penyakit pada organ tubuh yang lain.

3. Tumor Ginjal

Tumor ginjal yang semakin membesar membuat keadaan ginjal semakin buruk saja. Sebagai akibatnya, fungsi ginjal secara keseluruhan akan semakin terganggu sehingga peradangan pun tidak bisa dihindari. Tumor ginjal bisa disembuhkan jika benjolan tumor diangkat dengan sempurna, baik melalui operasi maupun dengan obat tradisional.

Sponsors Link

Cara Mengatasi

  • Getah kenari. Obat radang ginjal tradisional yang sangat ampuh. Buat getah kenari menjadi ramuan dengan cara mencampurnya dengan air panas, lalu diminum 2 kali sehari. Getah kenari memang belum banyak diketahui manfaatnya untuk radang ginjal. Namun manfaat yang bisa dirasakan dari getah kenari sangat besar.
  • Daun Meniran. Rebus daun meniran bersama air, lalu biarkan air hingga tersisa setengahnya saja. Minum ramuan ini setiap pagi hari. Kandungan alami pada daun meniran akan menyembuhkan radang ginjal dengan cepat dan membantu memulihkan ginjal agar dapat berfungsi dengan baik seperti semula.
  • Biji Pepaya. Biji pepaya banyak dijual sebagai teh yang siap seduh. Kandungan yang ada di dalam biji pepaya bisa membantu meredakan peradangan yang terjadi di dalam ginjal dan membantu menyembuhkannya dengan lebih cepat. Minum teh biji pepaya 2 kali sehari.

Pencegahan

  • Mengontrol kadar gula darah, terutama jika seseorang memiliki diabetes.
  • Berhenti merokok agar kesehatan ginjal tidak semakin parah.
  • Hindari kelebihan berat badan agar penyakit tidak mudah menyerang.

Itulah berbagai pantangan radang ginjal yang harus dihindari. Sebelum ginjal terkena penyakit apapun, jaga kesehatan ginjal dengan baik dengan menjalani pola hidup sehat. Rajin berolahraga, memakan makanan dengan gizi seimbang, serta menjauhi berbagai kebiasaan buruk seperti merokok dan minum minuman keras.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Pantangan