Sponsors Link

21 Pantangan Makanan Penyakit Ginjal Bengkak

Sponsors Link

Menjaga kesehatan ginjal adalah keharusan bagi setiap orang. Tidak peduli apakah kamu maish berusia remaja, sudah tua, laki-laki ataupun perempuan, semua orang memiliki kewajiban untuk menjaga kesehatan ginjal yang dibebankan oleh Tuhan kepadanya. Semua orang idealnya harus mengetahui cara menjaga kesehatan ginjal atau tips menjaga kesehatan ginjal dengan baik, dan pengetahan tentang masalah ginjal seperti penanganan batu ginjal, cara mencegah gagal ginjal, cara mengobati ginjal bocor dan lain sebagainya.

ads

Oleh karena itu, ketika misalnya kita menderita penyakit tertentu pun, secara alamiah kita akan berusaha untuk menyembuhkan penyakit yang kita alami dan salah satu hal yang akan kita lakukan adalah dengan cara menghindari makanan-makanan tertentu. Selain itu kita juga perlu  itu tentang masalah ginjal seperti penyebab penyakit ginjal, beberapa ciri-ciri penyakit ginjal seperti gejala sakit ginjal pada wanita atau gejala batu ginjal pada pria agar dapat menghindari penyakit ginjal dengan lebih baik.

Dilihat dari ukurannya, ginjal memang hanyalah organ dengan ukuran yang kecil. Dengan berat sekitar 150 gram, sekitar berat separuh genggaman tangan orang dewasa, ginjal nyatanya memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh manusia dan apabila terganggu akan mempengaruhi semua fungsi tubuh secara keseluruhan. Fungsi-fungsi ginjal kita antara lain adalah mengatur keseimbangan elektrolit dalam darah, mengatur tingkat asam basa, dan mengatur keseimbangan cairan yang ada di dalam tubuh. Selain itu ginjal juga membantu membuang sampah sisa metabolisme yang akan meracuni tubuh apabila dibiarkan begitu saja berada di dalam tubuh, membantu mengatur tekanan darah tubuh dan juga membantu menjaga kesehatan tulang.

Ada banyak penyakit ginjal, dari gagal ginjal akut, gagal ginjal kronis, sampai salah satunya adalah ginjal bengkak. Ginjal bengkak secara umum lebih sering dialami dialami oleh orang dewasa. Penyebab utama penyakit ini adalah komplikasi yang diakibatkan oleh penyumbatan pada saluran kemih, sehingga cairan yang ada di dalam ginjal tidak bisa keluar dari ginjal dengan leluasa. Selain komplikasi, infeksi juga merupakan salah satu penyebab pembengkakan ginjal.

Pada awalnya ginjal bengkak tidak akan dirasakan dengan jelas oleh penderitanya, akan tetapi lambat laun kinerja tubuh akan menurun drastis apabila pembengkakan telah parah. Oleh karena itulah setiap orang disarankan untuk mengecek kesehatan ginjalnya secara rutin untuk mengantisipasi kemungkinan adanya penyakit ginjal yang tidak terlihat secara kasat mata.

Ketika mengalami ginjal bengkak, selain berpotensi membuat terganggunya proses mengeluarkan racun dari dalam tubuh, ginjal bengkak juga dapat menyebabkan gangguan pada sistem metabolisme tubuh. Gangguan pada sistem tubuh tersebut berpeluang untuk menyebabkan komplikasi lanjutan seperti munculnya penyakit jantung koroner, penyakit pembuluh perifer, dan stroke. Gangguan-gangguan tersebut berpeluang muncul lebih besar ketika seseorang mengalami gagal ginjal. Oleh karena itu orang-orang dengan keluarga yang pernah menderita penyakit ginjal atau penyakit tertentu yang berhubungan dengan kesehatan ginjal seperti diabetes, disarankan untuk melakukan pengecekan secara rutin sebagai bentuk pencegahan sejak dini agar penyakit-penyakit yang sama tidak akan mereka alami di kemudian hari.

Sponsors Link

Ada banyak hal yang perlu dihindari ketika kita mengalami pembengkakan ginjal. Salah satunya adalah menghindari pantangan makanan penyakit ginjal bengkak.

Apa saja pantangan makanan penyakit ginjal bengkak itu? Silakan simak di bawah ini untuk mengetahui apa saja pantangan yang perlu dihindari untuk membantu pasien ginjal bengkak cepat mendapatkan kesembuhan.

1. Memakan nasi putih

Ketika kita menderita menderita ginjal bengkak, salah satu jenis makanan yang perlu dihindari adalah makanan yang mengandung karbohidrat dalam jumlah yang tinggi. Makanan dengan kadar karbohidrat yang tinggi dapat membuat tubuh kita harus mensekresi banyak gula sehingga dapat berdampak pada berubahnya kadar gula darah di dalam tubuh. Ketika ginjal sedang bermasalah, tingginya kadar gula di dalam darah dapat memicu banyak masalah. Oleh karena itu, nasi putih yang memiliki kadar karbohidrat cukup tinggi harus kamu hindari ketika kamu menderita penyakit ginjal bengkak.

ads

2. Memakan telur

Telur ayam adalah makanan berikutnya yang perlu kamu konsumsi dengan hati-hati ketika kamu menderita ginjal bengkak. Hal itu disebabkan karena saat menderita ginjal bengkak mengonsumsi makanan dengan kadar karbohidrat yang tinggi akan membuat tubuh kita mensekresi banyak gula sehingga dapat berdampak pada kadar gula darah di dalam tubuh. Saat ginjal sedang bermasalah, salah satunya adalah sedang mengalami pembengkakan, maka tingginya kadar gula di dalam darah akan membuat banyak masalah bisa berpeluang untuk terjadi.

3. Memakan pepaya

Ketika kita sedang menderita ginjal bengkak, selain menghindari karbohidrat dan protein, kita juga perlu menghindari makanan yang mengandung kadar kalium tinggi. Makanan dengan kadar kalium yang tinggi dapat memperberat kinerja ginjal sehingga membuat ginjal rentan terhadap kerusakan yang lebih parah. Ketika kamu masih sehat pun, mengonsumsi makanan dengan kadar kalium yang sangat tinggi tanpa diimbangi dengan olahraga dan konsumsi nutrisi yang lain sangat tidak disarankan karena membuat ginjal bekerja dengan sangat berat.

Ada banyak makanan yang mengandung kalium cukup tinggi, salah satunya adalah buah pepaya. Oleh karena itu sebaiknya kamu menghindari memakan buah pepaya ketika kamu menderita ginjal bengkak.

Ketika kita telah berhasil mengurangi konsumsi kalium dengan cukup, maka pembengkakan yang kamu alami lambat laun akan mengalami pengecilan dan ginjal yang bengkak dapat kembali pada ukuran yang normal. Tentunya, kamu harus mengiringi perawatan ginjalmu dengan pengobatan dan pola makan yang baik agar ginjalmu bisa sembuh dengan cepat. Tanpa melakukan pengobatan dengan teratur dan tepat, sudah pasti ginjalmu tidak akan bertambah baik meskipun kamu mengurangi makanan yang memiliki kadar kalium cukup tinggi.

4. Memakan mi

Selain nasi putih, kemungkinan besar makanan berkabohidrat tinggi yang biasanya kita jadikan menu makanan sehari-hari adalah mi, salah satunya adalah mi instan. Makanan dengan kadar karbohidrat yang tinggi bisa membuat tubuh kita mensekresi terlalu banyak gula sehingga akan membuat kadar gula darah meningkat. Oleh karena itu, selain menghindari nasi putih, kamu juga perlu menghindari mi agar jumlah gula darah di dalam tubuhmu tidak naik dengan berlebihan dan memperparah sakit ginjal yang sedang kamu derita.

5. Memakan gandum berlebihan

Pantangan makanan penyakit ginjal bengkak berikutnya selain nasi putih, mi instan dan berbagai makanan yang lain, kamu juga perlu menghindari makan gandum secara berlebihan karena gandum pun termasuk salah satu jenis makanan yang mengandung karbohidrat cukup tinggi. Oleh karena itulah kamu perlu menghindari memakan gandum secara berlebihan. Daripada memakan gandum, ada baiknya kamu mengonsumsi buah-buahan yang memiliki kadar kalium rendah tetapi memiliki banyak vitamin atau mineral dan senyawa antioksidan tertentu yang baik untuk menyembuhkan ginjalmu.

Sponsors Link

6. Memakan jagung berlebihan

Seperti yang telah kita singgung di atas, ketika mengalami ginjal bengkak maka salah satu jenis makanan yang perlu kamu dihindari adalah makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Dampak dari konsumsi makanan berkabohidrat tinggi secara berlebihan adalah meningkatnya kadar gula darah di dalam tubuh. Saat ginjal sedang mengalami pembengkakan, maka tingginya kadar gula di dalam darah akan membuat banyak masalah bisa berpeluang untuk terjadi. Oleh karena jagung termasuk salah satu jenis makanan yang mengandung kadar gula darah cukup tinggi, maka jagung adalah salah satu jenis makanan yang perlu kamu hindari.

Selain enam makan di atas, berikut ini adalah beberapa pantangan makanan penyakit ginjal bengkak lainnya yang perlu kamu hindari agar ginjal kamu cepat sembuh ketika sedang sakit ginjal bengkak.

  1. Memakan pisang
  2. Memakan kentang
  3. Memakan pasta
  4. Memakan keju berlebihan
  5. Memakan daging ayam berlebihan
  6. Memakan sarden kalengan
  7. Memakan sosis awetan
  8. Memakan cornet awetan
  9. Memakan cokelat
  10. Memakan daging kambing berlebihan
  11. Memakan udang berlebihan
  12. Memakan hati berlebihan
  13. Memakan buncis
  14. Meminum susu berfosfat tinggi
  15. Memakan ubi

Itulah beberapa jenis pantangan makanan penyakit ginjal bengkak yang perlu kamu hindari ketika kamu mengalami penyakit ginjal bengkak. Selain makanan di atas, ada baiknya kamu juga mengetahui tentang makanan penyebab sakit ginjal, dan juga makanan yang baik untuk ginjal. Pada prinsipnya makanan yang perlu kamu hindari ketika kamu mengalami ginjal bengkak adalah makanan dengan kadar karbohidrat yang tinggi, makanan dengan kadar protein yang tinggi terutama protein hewani, makanan dengan kadar kalium yang tinggi, makanan dengan kadar fosfat yang tinggi dan lain sebagainya.

Semoga dengan menghindari beberapa makanan-makanan di atas kamu dapat mendapatkan kesembuhan dengan lebih cepat dan juga lebih baik lagi. Selalu ingat bahwa kesehatan ginjal adalah hal yang penting dan dengan demikian kita akan selalu termotivasi untuk menjaga kesehatan ginjal kita.

Semoga dengan artikel ini kamu dapat menjaga kesehatan ginjalmu dengan lebih baik lagi ya!

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Pantangan