Sponsors Link

9 Pantangan Makanan Penderita Ginjal yang Wajib Dihindari

Sponsors Link

Ginjal adalah salah satu organ terpenting dalam tubuh yang harus selalu dijaga kesehatannya. Meskipun kita sudah berusaha semaksimal mungkin, penyakit ginjal kadang tidak bisa dihindari. Adanya penyakit ginjal adalah tanda tanda ginjal mulai rusak. Jika sudah demikian, penanganan yang tepat dan pengobatan harus segera dilakukan.

ads

Dalam masa pengobatan, penderita ginjal akan mendapatkan beberapa pantangan makanan dari dokter. Pantangan makanan adalah jenis-jenis makanan apa saja yang dilarang untuk dikonsumsi penderita ginjal. Tujuannya adalah menjaga kesehatan ginjal dan menghindarkan ginjal dari kerusakan yang parah.

Penderita ginjal tentu dianjurkan dokter untuk makan makanan sehat untuk ginjal dengan tujuan agar kerusakan ginjal tidak menjadi semakin parah dan menyebabkan komplikasi dalam tubuh. Selain makanan sehat yang dianjurkan oleh dokter, beberapa jenis makanan memang memiliki dampak yang tidak baik untuk ginjal kita. Jika dikonsumsi, makanan-makanan ini akan memberatkan kerja ginjal dan menyebabkan kerusakan pada ginjal menjadi semakin parah saja. Ini dia jenis-jenis pantangan makanan penderita ginjal:

1. Makan nasi putih berlebihan

Sumber karbohidrat utama bagi manusia adalah nasi putih. Namun tingginya kadar karbohidrat dalam nasi membuat tubuh akan menumpuk banyak gula dan menyebabkan kadar gula dalam darah naik. Pada ginjal yang tidak sehat, tingginya kadar gula dalam darah dapat berujung pada gagal ginjal kronis. Konsumsi nasi putih bagi penderita ginjal memang tidak dilarang asalkan dalam porsi yang sesuai takaran dokter dan tidak berlebihan.

2. Makan jagung, ubi, singkong, dan kentang

Sama seperti nasi putih, jagung adalah sumber karbohidrat. Selain itu, jagung punya kandungan gula yang lebih tinggi dari nasi putih. Penderita ginjal harus selalu menjaga kadar gulanya tetap stabil, sehingga jagung menjadi pantangan makanan penderita ginjal. Jika kadar gula dalam darah terlalu tinggi bisa menyebabkan kerusakan ginjal yang lebih parah.

Penyakit gagal ginjal sendiri biasanya berawal dari kondisi ginjal yang rusak lalu menjadi semakin parah karena penderita ginjal tidak mematuhi pantangan makanan dari dokter. Selain jagung, ada tiga sumber karbohidrat lain yang menjadi pantangan bagi penderita ginjal. Ubi, singkong, dan kentang adalah jenis umbi-umbian yang bisa menggantikan nasi dan jagung. Dampak yang ditimbulkan pun akan sama dengan nasi putih yang dikonsumsi berlebihan.

3. Makan mie instan

Bagi orang yang sehat saja, mie instan tidak boleh dikonsumsi berlebihan. Terlebih lagi jika Anda menderita sakit ginjal. Ada dua faktor utama yang menjadikan mie instan pantangan makanan penderita ginjal. Pertama, mie instan adalah sumber karbohidrat yang bisa membahayakan ginjal jika dikonsumsi secara berlebihan. Karbohidrat bisa memicu naiknya kadar gula dalam darah. Kedua, mie instan mengandung banyak bahan pengawet yang akan sulit disaring oleh ginjal. Penumpukan zat pengawet di dalam tubuh tidak hanya membahayakan ginjal saja, tetapi juga kesehatan tubuh secara umum. Daripada makan mie instan, lebih baik makan makanan yang baik untuk ginjal.

4. Makan buah pepaya

Buah pepaya termasuk ke dalam jenis buah yang mengandung kalium tinggi. Kandungan kalium pada pepaya akan menambah beban kerja ginjal dan beresiko menyebabkan kerusakan yang parah pada organ ginjal. Oleh sebab itu, pepaya menjadi salah satu pantangan makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita penyakit ginjal. Ginjal yang tidak sehat telah kehilangan kemampuan untuk menyaring berbagai racun dalam tubuh dengan maksimal.

Sponsors Link

Menambah beban kerja ginjal tentu akan memperpendek umur ginjal dan bisa menyebabkan kerusakan yang permanen. Selain pepaya, masih ada buah-buahan lain yang menjadi pantangan penderita ginjal. Buah-buahan itu adalah tomat, pisang, alpukat, dan markisa. Sama seperti pepaya, keempat jenis buah itu memiliki kandungan kalium yang sangat tinggi dan tidak baik untuk ginjal.

5. Memakan daging hewan

Pantangan makanan penderita ginjal yang lain yaitu daging hewan karena salah satu penyebab penyakit ginjal yang wajib diwaspadai adalah tingginya kadar protein dalam urine. Ini ditandai dengan urine yang berbusa. Protein yang ada dalam urine bersumber dari daging hewan seperti sapi, kambing, dan ayam. Tingginya kadar protein dalam makanan akan memberatkan kerja ginjal untuk menyaringnya. Karena ginjal tidak dapat bekerja dengan maksimal, protein tidak dapat tersaring dan berujung pada kerusakan ginjal yang lebih parah lagi.

ads

6. Makan telur berlebihan

Selain daging hewan, telur ayam adalah sumber protein tinggi. Pada tubuh yang sehat, protein dibutuhkan untuk menguatkan otot. Namun jika Anda menderita penyakit ginjal, telur menjadi salah satu pantangan makanan. Sama halnya dengan ketika Anda mengonsumsi daging hewan, protein di dalam telur akan memberatkan kerja ginjal yang kesulitan untuk menyaringnya. Menghindari konsumsi telur yang berlebihan sangat penting untuk menjaga agar ginjal tidak semakin rusak.

7. Makan makanan manis

Gula adalah salah satu makanan utama yang merupakan pantangan makanan penderita ginjal. Gula menjadi pantangan makanan untuk penderita ginjal karena tingginya kadar gula dalam darah akan memicu kerusakan pada ginjal. Apalagi jika Anda adalah penderita diabetes melitus. Diabetes adalah salah satu penyebab gagal ginjal dan cuci darah yang harus diwaspadai. Hindari semua makanan yang sifatnya manis dan ganti dengan makanan yang rendah kandungan gula atau tidak mengandung gula sama sekali. Yang termasuk dalam makanan manis yang harus dihindari oleh penderita ginjal adalah cokelat, permen, roti cake, dan lain sebagainya.

8. Makan makanan asin

Selain gula, garam juga harus dihindari oleh penderita ginjal. Jika makanan manis akan menaikkan kadar gula dalam darah, maka makanan yang rasanya asin akan meningkatkan tekanan darah dengan cepat. Tekanan darah yang tinggi bisa menyebabkan hipertensi, yang merupakan salah satu faktor penyebab gagal ginjal. Jika ginjal Anda sudah bermasalah, hindari makan makanan dengan rasa yang terlalu ekstrim seperti makanan yang sangat manis atau sangat asin.

9. Minum susu dan produk olahannya

Susu yang dihasilkan oleh sapi atau kambing memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Susu murni yang baru diperas dan hanya disterilisasi mengandung kadar protein yang sama besarnya dengan daging hewan. Meskipun sudah diolah dalam bentuk susu bubuk atau kental manis, kadar protein di dalam susu juga masih tinggi. Makanan tinggi protein tidak baik untuk penderita ginjal.

Pada kondisi ginjal yang rusak atau sakit, protein adalah salah satu zat yang sangat sulit untuk disaring oleh ginjal dan menyebabkan kerja ginjal menjadi sangat berat. Jika penderita ginjal ingin meminum susu, minum susu yang khusus untuk penderita sakit ginjal. Selain susu murni, semua produk olahan susu seperti keju dan yogurt juga menjadi pantangan untuk penderita ginjal.

10. Makan makanan kaleng dan olahan

Makanan kaleng dan makanan olahan adalah makanan siap saji yang banyak dijual di supermarket. Makanan jenis ini disukai banyak orang karena praktis dan rasanya enak. Tidak perlu waktu lama untuk memasak, Anda sudah bisa menikmati rasa yang sama enaknya. Namun bagi penderita ginjal, makanan kaleng dan olahan sangat berbahaya bagi kesehatan ginjal.

Sponsors Link

Bahan pengawet yang ada di dalam makanan olahan sangat tinggi sehingga akan berpengaruh pada ginjal yang berfungsi menyaring semua pengawet tersebut. Karena ginjal sudah tidak mampu menyaring semua zat pengawet yang ada, zat tersebut akan menumpuk di dalam tubuh dan menjadi racun bagi organ lain seperti liver, sistem pencernaan, dan jantung. Makanan kaleng dan olahan termasuk kornet, sarden, dan sosis.

Itulah pantangan makanan penderita ginjal. Ginjal yang sudah rusak tidak akan bisa diperbaiki atau dikembalikan dalam kondisi sehat seperti semula. Yang harus Anda lakukan adalah menjaga agar kerusakan ginjal tidak menjadi semakin parah dan berujung pada gagal ginjal. Salah satu cara menjaga ginjal dari kerusakan adalah menerapkan pola hidup sehat dengan menjauhi makanan yang menjadi pantangan penderita ginjal. Untuk menghindari kerusakan ginjal yang parah, ikuti anjuran dokter dan jauhi jenis-jenis makanan yang bisa memberatkan kerja ginjal.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Pantangan