Sponsors Link

7 Pantangan Kencing Batu yang Harus Dihindari

Sponsors Link

Kencing batu atau batu ginjal adalah salah satu dari macam macam penyakit ginjal dimana batu menyumbat pada saluran kemih yang menimbulkan gejala tidak nyaman dan menyakitkan terutama saat berkemih atau buang air kecil. Rasa nyeri tersebut nantinya juga akan bertambah parah jika tidak segera diatasi yang akhirnya bisa menyebabkan gagal ginjal.

ads

Kencing batu bisa terjadi karena endapan mineral berasal dari makanan yang terjadi di kandung kemih. Jika sudah menderita kencing batu, maka penderitanya harus melakukan diet ketat dan menjauhi segala pantangan kencing batu agar kondisinya tidak semakin buruk. Berikut ini, kami akan memberikan beberapa pantangan yang harus dihindari penderita kencing batu semaksimal mungkin.

  1. Daging Merah

Mengkonsumsi daging merah tidak hanya bisa meningkatkan tekanan darah dan kolesterol namun ternyata juga bisa menyebabkan kencing batu dan gejala batu ginjal pada wanita semakin parah. Daging merah yang merupakan makanan tinggi protein ini bisa memicu kerusakan ginjal jika dikonsumsi terlalu berlebihan sebab ginjal akan bekerja semakin keras untuk menyaring racun.

  1. Makanan dan Minuman Mengandung Kafein

Kafein yang terkandung dalam makanan dan minuman juga harus dibatasi bahkan dihindari karena merupakan stimulan yang bisa memberikan rangsangan terhadap batu ginjal. Beberapa contoh minuman dan makanan mengandung kafein yang harus dihindari diantaranya adalah teh, kopi dan coklat.

  1. Makanan Mengandung Vitamin C

Makanan mengandung vitamin C dan juga oksalat yang merupakan hasil dari metabolisme vitamin C bisa menyebabkan masalah kencing batu dan termasuk salah satu jenis pantangan kencing batu yang harus dihindari sebab oksalat nantinya bisa membentuk kristal penyebab batu ginjal pada pria dan wanita atau kencing batu. Beberapa makanan yang mengandung vitamin C dab oksalat tinggi yang harus dihindari diantaranya adalah:

  • Buah: Jeruk, kiwi, stroberi, nanas, jambu biji, pepaya, tomat, pisang, mangga, belimbing, lemon, alpukat, jeruk nipis, blewah, leci, blackcurrantmarkisa.
  • Sayuran: Bok choy, paprika hijau, lobak, kale, kembang kol.
  • Umbi umbian: Kentang, ubi.
  1. Makanan Tinggi Kalsium

Kalsium sebenarnya merupakan jenis mineral yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga tulang dan gii supaya selalu kuat. Namun bagi seseorang yang memiliki masalah ginjal seperti kencing batu, kalsium menjadi jenis mineral yang berbahaya sebab tubuh tidak bisa memproses penyerapan kalsium yang terlalu berlebihan. Kalsium yang menumpuk dalam tubuh bisa menyebabkan endapan batu ginjal yang akhirnya menyebabkan kencing batu semakin parah dan menyumbat saluran kemih.

Beberapa jenis makanan yang mengandung tinggi kalsium dan harus dihindari diantaranya adalah salmon, oatmeal, tempe, yogurt, keju, sumsum tulang sapi, susu, susu kedelai, biji wijen, kangkung, kol, sarden dan buah ara.

Sponsors Link

  1. Garam

Makanan mengandung garam tinggi tidak hanya berbahaya karena bisa menyebabkan tekanan darah tinggi, namun juga semakin memperburuk kencing batu dan juga penyebab batu ginjal kalsium oksalat. Kadar asam oksalat nantinya bisa meningkat dan membuat penderita batu ginjal dan kencing batu semakin berkembang semakin parah.

  1. Minuman Manis

Minuman manis yang mengandung gula dan juga pemanis buatan juga masuk dalam pantangan kencing batu yang harus dihindari. Tidak hanya berbahaya untuk penderita diabetes namun juga bisa memperburuk kencing batu dan penyakit ginjal lain. Lebih baik, ganti kebiasaan buruk mengkonsumsi minuman manis dan ganti dengan memperbanyak air putih.

Sponsors Link

  1. Minuman Bersoda

Minuman bersoda atau minuman berkarbonasi menjadi pantangan penderita kencing batu dan pantangan batu ginjal selanjutnya yang harus dihindari. Kandungan karbondioksida, gula, kalsium, natrium, kreatinin dan asam oksalat dalam minuman bersoda merupakan beberapa zat yang tidak baik untuk penderita ginjal seperti kencing batu sehingga harus dihindari sebisa mungkin.

Demikian ulasan dari kami tentang pantangan kencing batu berupa makanan dan minuman yang bisa memperburuk gejala dan menghambat proses penyembuhan sekaligus juga berbahaya untuk kesehatan ginjal secara menyeluruh sehingga harus dihindari. Memperbaiki pola makan menjadi jalan terbaik untuk mengatasi masalah kencing batu dan perbanyak minuman air putih agar anda bisa terhindar dari masalah ginjal yang bisa menyebabkan komplikasi tersebut.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Pantangan