Sponsors Link

14 Pantangan Ginjal Mengecil yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Penyakit ginjal mengecil merupakan penyakit dimana ukuran ginjal menjadi mengkerut dan tidak sesuai dengan ukuran normal pada biasanya. Sehingga hal ini mengakibatkan fungsi ginjal tidak dapat berfungsi secara normal/ abnormal.  Pada tahap awal berkurangnya fungsi ginjal ini memang sangat sulit didetkesi, karena belum ada keluhan-keluhan yang terjadi pada pasien penderita ginjal mengecil, terkecuali pasien tersebut melakukan pemerikasaan laboratorium.

ads

Ginjal sendiri merupakan organ dalam tubuh manusia yang fungsinya menyaring kotoran  urea dari darah  kemudian kotoran tersebut dibuang bersama air berbentuk urine. Pada kasus yang dialami para penderita gejala gagal ginjal  yang menjadi penyebabnya adalah penyakit hipertensi yang sulit dikendalikan.

hal ini berakibat sangat fatal karena mengakibatkan protein menjadi bocor masuk ke dalam ginjal, kemudian terbuang ke urin. Hal ini lah yang mengakibatkan protein tersebut masuk ke dalam ginjal dan seiring berjalannya waktu ginjal menjadi mengecil.

Apakah obat dapat merusak ginjal?

Fungsi obat adalah sebagai penyembuh dari suatu penyakit. Namun, karena obat terbuat dari bahan kimia dan mengkonsumsi bahan kimia secara berlebihan tentu saja akan mengakibatkan resiko kerusakan ginjal . Dan obat kimia itu pada dasarnya bersifat racun/toxic.  Berikut beberapa hal yang menjadi penyebab ginjal mengecil :

  • Pielonafrites yaitu Kerusakan yang terjadi pada nefron pasien sehingga menyebabkan tekanan darah tinggi pada vena yang di karenakan obstrulsi saluran kemih. Sehingga ginjal akan mengalami kerusakan dan mulai mengecil seiring berjalannya waktu.
  • Penyakit ginjal akutSaat penyakit pasien mulai berkembang pada kondisi sakit ginjal akut, biasanya kreatinin dan nitrogen urea sudah dalam kondisi parah. Sementara jaringan fungsional ginjal menjadi rusak dan ginjal pun menjadi mengecil.
  • Displasia ginjal bawaan. Pada kondisi ini ukuran ginjal  dapat mengecil dan berkurang hingga 50% dari ukuran ginjal normal, hal ini dapat terjadi dikarenakan suplai darah pada jaringan ginjal tidak dapat berkembang dengan baik.

Beberapa gejala yang dialami penyakit ginjal mengecil:

  1. Gatal pada kulit
  2. Kencing darah
  3. Muntah
  4. Sakit pada pinggang dan punggung
  5. Kelelahan
  6. Anemia
  7. Sering buang air kecil

Pada dasarnya pengobatan untuk penyakit ginjal mengecil ini harus dilakukan secara cepat setelah pasien divonis penyakit ini. Selain pengobatan yang dilakukan secara intens, pantangan ginjal mengecil harus dilakukan sesuai dengan anjuran dari doketer ahli ginjal. Pengobatan yang dilakukan pasien setidaknya dapat mengurangi dan memperlambat perkembangan mengecilnya ginjal. Beberapa pantangan makanan, pantangan minuman dan kegiatan harus dilakukan oleh pasien untuk mengendalikan penyakit ini.

Sponsors Link

Beberapa pengobatan bisa dilakukan oleh pasien, mulai dari yang bersifat medis dan herbal. Sebaiknya semua dilakukan sesuai anjuran dokter spesialis ginjal. Jangan lupa carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai pantangan ginjal mengecil, sehingga pasien dapat mengusahakan beberapa jenis pengobatan yang baik untuk jenis penyakit ini. Pola makan untuk pasien ginjal mengecil ternyata harus diperhatikan juga, pasien harus mengkonsumsi makanan yang lunak dan mudah dicerna, pilihlah makanan yang banyak mengandung serat laut contohnya seperti agar-agar untuk mendapatkan energi.

Pantangan Makanan

Beberapa Pantangan Ginjal Mengecil yang harus dihindari oleh pasien diantaranya:

ads
  1. Makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi, diantaranya adalah jagung, nasi, kentang, umbi-umbian, tepung terigu dan tepung tapioka.
  2. Keju dan coklat. Semua jenis makanan yang masuk ke dalam olahan susu mengandung potasium, kalium dan fosfor serta kalium itu tidak baik untuk kesehatan ginjal, hal ini dikarenakan aliran darah akan dipenuhi oleh fosfor yang menyebabkan klsium akan tersedot dari tubuh pasien. Sedangkan coock tidak baik bagi penyakit ginjal karena banyak mengandung mineral dan potasium, yang diketahui apabaila dikonsumsi oleh pasien ginjal akan sulit dikeluarkan dan berakibat gagal jantung.
  3. Telur dan daging. Makanan yang mengandung banyak protein akan sulit disaring oleh ginjal, sedangkan bagi penderita ginjal protein tersebut akan tertumpuk menjadi racun sehingga akan meracuni ginjal.
  4. Garam dan gula.Pantangan makanan lainnya yaitu jenis makanna yang mengandung banyak garam dan gula. Garam menjadi penyebab tekanan darah sehingga tidak baik untuk kesehatan ginjal sedangkan gula akan menimbulkan dahaga pada pasien.
  5. Beberapa jenis buah dan sayur. selain buah yang menyehatkan ginjal ada beberapa jenis buah juga yang menjadi pantangan ginjal mengecil, Karena buah-buahan banyak mengandung potasium dan kalium sedang potasium dan kalium harus dihindari oleh pasien ginjal. Beberapa jenis buah-buahan yang menjadi pantangan bagi penyakit ginjal yaitu, pisang, semangka, alpukat pepaya dan jeruk.
  6. Gorengan. Jenis makanan yang digoreng tentu saja banyak mengandung minyak, dan minyak yang berlebihan bisa berakibat keracunan asam dan tidak bisa dicerna dengan baik oleh pasien ginjal.
  7. Makanan berpengawet. Seperti diketahui sebelumnya, makanan yang didalamnya terdapat bahan pengawet. seperti, sarden, sosis dan buah-buahan kaleng mengandung potasium dan sodium yang memiliki sifat racun dan tidak baik untuk kesehatan pasien ginjal.
  8. Kacang-kacangan. Fosfor dan mineral yang banyak terkandung di dlaam kacang sangat tidak dianjurkan untuk pasien ginjal mengecil.

Pantangan Minuman

Selain pantangan makanan yang wajib diperhatikan oleh pasien ginjal mengecil, ada juga beberapa pantangan ginjal mengecil dalam mengkonsumsi minuman diantaranya:

9. Minuman cafeein

Pada dasarnya segala sesuatu yang berlebihan memang sangatlah tidak baik, hal ini berlaku untuk pantangan penyakit ginjal mengecil, cafeein yang berlebihan akan merusak dan dapat menginfeksi ginjal dan malah akan semakin memperparah kondisi penyakit anda.

10. Minuman mengandung alkohol

Tentunya banyak sekali resiko penyakit yang akan terjadi apabila minuman beralkohol di konsumsi oleh pasien penyakit ginjal, selain dapat meng infeksi ginjal juga semakin merusak fungsi ginjal. Minuman alkohol dapat meracuni dan menyebabkan ginjal kronis.

11. Minuman bersoda

Minuman bersoda diketahui banyak mengandung air, karbondioksida dan gula dengan jumlah yang sangat besar. bagi penderita penyakit ginjal sangat tidak dianjurkan mengkonsumsi makanan yang manis-manis karena berpotensi merusak ginjal.  sehingga akan sangat berdampak buruk bagi kesehatan anda.

12. Susu

Minuman jenis susu ini masuk ke dalam pangan ginjal mengecil. susu memang sangat dibutuhkan oleh tubuh, khsusnya tulang. akan tetapi ada saat dimana para pasien penyakit ginjal mengencil ini sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi jenis minuman susu, karena susu dengan takaran yang berlebihan di sinyalir dapat merusak ginjal, dan bagi para penderita sakit ginjal akan berdampak buruk.

Sponsors Link

Pantangan Kegiatan

Selain makanan dan minuman yang harus di pantang pasien ginjal mengecil, ada beberapa kegiatan yang harus dihindari diantaranya:

13. Olahraga berat

Pada dasarnya olahraga sangat baik untuk kesehatan, akan tetapi apabila dilakukan secara berlebihan justru akan meningkatkan resiko penyakit anda, sebaiknya pilihlah olahraga yang ringan-ringan saja.

14. Merokok

Tentunya selain sangat tidak dianjurkan oleh pasien ginjal mengecil, karena rokok dapat meningkatkan kolestrol dalam darah yang akan semakin memperparah kondisi ginjal anda, sebaiknya hindarilah merokok dari sekarang jika anda masih menyayangi ginjal anda.

Sponsors Link
>
, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Pantangan