Sponsors Link

20 Pantangan Gagal Ginjal Kronik yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Kesehatan adalah hal yang mahal. Ungkapan bahwa kesehatan adalah mahkota yang hanya dapat dilihat oleh orang sakit mungkin tepat. Dari ungkapan itu kita belajar bahwa bagi orang sehat, kesehatan seakan adalah hal yang biasa dan bukan merupakan suatu kenikmatan tersendiri. Sementara bagi orang sakit, kesehatan adalah suatu hal yang didambakan. Bahkan untuk sekedar berobat saja mereka rela mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan kembali nikmat sehat pada tubuh mereka. Begitu pula dengan keadaan yang dirasakan oleh para penderita gagal ginjal kronik. Apabila mereka sudah terlanjur mengalami gagal ginjal kronik, maka mau tidak mau selain berobat mereka juga harus menjauhi pantangan gagal ginjal kronik yang dapat memperburuk keadaan tubuh mereka.

ads

Penyakit gagal ginjal kronik pada umumnya banyak dialami oleh orang dewasa. Penyebab yang paling sering dari penyakit ini adalah komplikasi dari penyakit lain seperti hipertensi, diabetes mellitus, dan glomerulonephritis. Gagal ginjal pada awalnya tidak akan terlihat dengan jelas, akan tetapi lambat laun kinerja tubuh akan menurun drastis apabila ginjal sudah mulai benar-benar turun fungsinya. Oleh karena itu setiap orang disarankan untuk mengecek keadaan tubuhnya dengan rutin untuk mengantisipasi kemungkinan adanya penyakit yang tidak terlihat dengan kasat mata.

Gagal ginjal kronis, berbeda dari gagal ginjal biasa. Penyakit ini merupakan keadaan gangguan fungsi ginjal yang bersifat tidak dapat diperbaiki, berlangsung secara progresif dan kemungkinan besar sudah berlangsung selama bertahun-tahun. Akhirnya, yang bisa dilakukan oleh pasien adalah memperpanjang masa hidupnya dengan melakukan hal-hal yang dapat meningkatkan harapan hidupnya, atau melakukan transplantasi ginjal sehingga mendapatkan ginjal baru yang bisa berfungsi menggantikan ginjal yang lama. Gagal ginjal kronis adalah suatu penyakit mematikan yang membutuhkan usaha serius untuk melawannya. Oleh karena itu pantangan gagal ginjal kronik harus benar-benar diperhatikan oleh keluarga pasien dan pasien sendiri agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Baca juga: Kebiasaan yang Bisa Merusak Ginjal

Ginjal memang merupakan organ yang kecil. Dengan berat sekitar 150 gram, sekitar berat separuh genggaman tangan orang dewasa, organ ini nyatanya memiliki fungsi yang sangat penting untuk tubuh dan berpengaruh pada semua bagian tubuh seperti mengatur keseimbangan elektrolit, asam basa, dan keseimbangan cairan tubuh. Fungsi utama ginjal mungkin adalah membantu membuang sampah sisa metabolisme yang akan meracuni tubuh jika terus bersarang di dalam tubuh, membantu mengatur tekanan darah tubuh dan membantu menjaga kesehatan tulang. Baca juga: Makanan Sehat untuk Ginjal

Selain potensi membuat racun dalam tubuh tidak bisa keluar, gangguan ginjal seperti gagal ginjal kronik juga dapat menyebabkan gangguan pada sistem peredaran darah tubuh yang dapat menyebabkan komplikasi lanjutan seperti penyakit jantung koroner, penyakit pembuluh perifer, dan stroke. Gangguan tersebut dapat muncul ketika seseorang mengalami gagal ginjal. Oleh karena itu orang-orang dengan riwayat keluarga tertentu, seperti banyak anggota keluarga yang menderita diabetes, disarankan untuk melakukan pencegahan sejak dini agar kondisi-kondisi berbahaya tersebut tidak muncul ke permukaan dan mengancam keselamatan jiwanya.

Agar para penderita gagal ginjal kronik dapat bertahan hidup lebih lama, maka ada beberapa hal di luar pengobatan yang perlu mereka lakukan. Beberapa hal tersebut termasuk menjauhi atau menghindari pantangan-pantangan bagi penderita ginjal kronik. Apa saja pantangan bagi penderita ginjal kronik? Silakan simak di bawah ini untuk mengetahui apa saja pantangan yang perlu dihindari untuk membantu pasien gagal ginjal kronik mempertahankan kesehatan mereka.

Sponsors Link

Baca juga:

1. Meminum cairan berlebihan

Salah satu hal yang perlu dihindari bagi para penderita gagal ginjal kronik adalah mengonsumsi cairan secara berlebihan. Ketika ginjal kehilangan fungsinya, maka kerja yang dilakukan juga akan semakin berat dan kemampuan filtrasi ginjal juga akan berkurang. Kemampuan produksi urin juga akan menurun sehingga bila terlalu banyak cairan yang dikonsumsi hal itu malah membuat terlalu banyak cairan yang ada di dalam tubuh. Akibatnya, cairan yang berlebihan tersebut akan berkumpul pada jaringan tubuh yang lainnya seperti jantung, paru-paru, paha, betis, dan lain sebagainya. Akibatnya tubuh akan terasa lebih berat dan akan menggembung cukup besar apabila jumlah cairan yang masuk begitu banyak. Baca juga: Penyebab Radang Ginjal

ads

2. Memakan makanan dengan kadar protein tinggi

Memakan makanan berprotein tinggi adalah salah satu hal yang perlu dihindari oleh penderita gagal ginjal kronik. Makanan dengan protein tinggi dapat memperberat kerja ginjal sehingga disarankan bagi para penderita ginjal untuk tidak mengonsumsi makanan dengan kadar protein yang tinggi sehingga ginjal mereka tidak perlu bekerja terlalu berat dan dapat memiliki keadaan yang stabil. Selain itu, beberapa jenis protein hewani juga menjadi salah satu penyebab munculnya atau terbentuknya batu ginjal.

Apabila pasien sudah menderita batu ginjal, maka memakan makanan dengan kadar protein tinggi, terlebih berasal dari protein hewani adalah hal yang sepatutnya dihindari agar keadaan ginjal tidak semakin memburuk. Apabila makanan dengan kadar protein yang tinggi tetap dikonsumsi, maka hal itu dapat menimbulkan masalah lain yang bisa berbahaya bagi tubuh penderita penyakit ginjal tersebut.

3. Mengonsumsi makanan dengan kadar garam yang tinggi

Garam adalah salah satu jenis zat yang perlu dihindari ketika menderita gagal ginjal kronik. Garam dapat mengikat air di dalam tubuh, sehingga apabila ada terlalu banyak garam maka darah juga akan menjadi lebih kental. Akibatnya tekanan darah akan meningkat dan oleh karena ginjal tidak bisa mengatur kekentalan darah maka detak jantung juga akan meningkat lebih tinggi. Lambat laun bila hal itu dibiarkan maka serangan jantung sewaktu-waktu dapat terjadi pada diri pasien. Baca juga: Cara Mengobati Ginjal Bengkak

4. Mengonsumsi makanan tinggi kalium

Kalium adalah salah satu jenis senyawa yang membuat kinerja ginjal menjadi berat karena diharuskan untuk menyaring senyawa ini. Pada umumnya, mengonsumsi makanan dengan kadar kalium yang terlalu tinggi dapat membuat ginjal yang sehat berpotensi lebih tinggi untuk mengalami penyakit gagal ginjal. Oleh karena itu konsumsi kalum pada orang sehat pun dianjurkan untuk dibatasi agar tidak menimbulkan dampak lanjutan yang lebih parah seperti hiperkalemia dan lain sebagainya. Bagi penderita gagal ginjal kronik, sudah dapat dipastikan bahwa makanan ini harus dihindari agar keadaan ginjal tidak bertambah parah.

5. Mengonsumsi makanan tinggi fosfor

Fosfor adalah salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Kekurangan fosfor dapat menyebabkan berbagai masalah bagi tubuh karena ada kekurangan zat yang penting bagi tubuh. Akan tetapi, terlalu banyak atau terlalu sering mengonsumsi makanan tinggi fosfor juga dapat menyebabkan berbagai masalah bagi tubuh kita, terutama bagi ginjal kita. Kandungan fosfor yang berlebihan di dalam tubuh dapat mengganggu keseimbangan elektrolit yang ada di dalam tubuh kita. Oleh karena itu, salah satu pantangan yang harus dihindari oleh para penderita ginjal adalah mengonsumsi makanan yang memiliki kadar fosfor tinggi.

Baca juga:

Sponsors Link

6. Mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat

Bagi penderita gagal ginjal kronis pantangan berikutnya adalah mengonsumsi makanan yang memiliki kadar karbohidrat cukup tinggi seperti nasi, jagung, ubi, kentang, pasta, makaroni dan lain sebagainya.. Sumber makanan yang lebih baik untuk memenuhi karbohidrat adaah berasal dari buah-buahan, roti, biji-bijian, dan sayuran. Sumber-sumber makanan alternatif tersebut selain memberikan karbohidrat jua akan membantu memenuhi kebutuhan energi, menyediakan serat, mineral, dan vitamin.

Sumber alternatif karbohidrat yang lain adalah madu atau jelli. Bila penderita ginjal membutuhkan kalori tinggi maka dapat mengonsumsi makanan berkalori tinggi seperti kue, tetapi tetap dibatasi agar makanan tersebut tidak mengandung gula yang tinggi, susu, pisang, dan sebagainya agar tidak terjadi masalah pada sistem pencernaan tubuhnya.

Baca juga:

Selain beberapa pantangan di atas, para penderita ginjal juga memiliki pantangan-pantangan di bawah ini:

  1. Mengonsumsi makanan tinggi lemak
  2. Mengonsumsi makanan tinggi kolesterol
  3. Mengonsumsi makanan cepat saji
  4. Mengonsumsi daging merah
  5. Mengonsumsi kulit ayam
  6. Mengonsumsi jeroan
  7. Mengonsumsi mentega
  8. Mengonsumsi daging kambing
  9. Mengonsumsi daging ayam
  10. Mengonsumsi ikan melebihi batas toleransi tubuh
  11. Mengonsumsi udang
  12. Mengonsumsi telur melebihi batas toleransi tubuh
  13. Mengonsumsi makanan kaleng cepat saji
  14. Mengonsumsi makanan beku olahan

Penyebab Gagal Ginjal Kronik

Gagal ginjal kronik adalah penyakit yang dapat terjadi oleh karena berbagai macam sebab. Mengetahui penyebab gagal ginjal kronik akan membantu untuk menghindari kemungkinan terserang gagal ginjal kronik. Beberapa penyebab gagal ginjal kronik tersebut antara lain adalah:

  • Gagal ginjal akut
  • Diabetes melitus
  • Hipertensi
  • Ginjal bengkak
  • Infeksi ginjal
  • Batu ginjal
  • Minum obat-obatan pereda nyeri secara berlebihan
  • Radang ginjal
  • Ginjal bocor
  • Kurang olahraga
  • Penumpukan garam dalam tubuh

Itulah beberapa pantangan gagal ginjal kronik yang penting untuk diketahui oleh para penderita gagal ginjal kronik. Semoga dengan menghindari pantangan di atas kondisi ginjal penderita gagal ginjal kronik dapat terjaga dengan baik sampai akhirnya dapat diobati dengan tepat.

Baca juga:

Sponsors Link
>
,
Oleh :
Kategori : Pantangan