Sponsors Link

20 Pantangan Batu Ginjal – Penyebab dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Batu ginjal adalah salah satu jenis penyakit ginjal yang dapat menyerang kita semua. Dalam keseharian kita, ada kemungkinan bahwa batu ginjal memang terbentuk di antara saluran kandung kemih. Namun demikian, pada kondisi yang normal, batu ginjal yang terbentuk itu akan ikut keluar bersama dengan urin. Masalah mulai muncul apabila batu ginjal yang terbentuk di dalam saluran kemihmu membesar dan menumpuk, sehingga menghasilkan batu ginjal yang lebih besar. Bila keadaan itu terus berlanjut, maka sudah pasti kamu akan segera mengidap batu ginjal. Bila itu sudah terjadi, maka kamu harus menghindari pantangan batu ginjal yang akan kita bahas di bawah ini. Baca juga: Obat Tradisional Batu Ginjal

ads

Tapi sebelum itu, ada baiknya kita membahas terlebih dahulu tentang batu ginjal secara singkat. Secara prinsip, batu ginjal adalah sebuah penyakit ginjal, di mana terdapat sekumpulan ‘batu’, yang bisa terbuat dari oksalat, kalium, atau senyawa lain yang terkumpul di dalam ginjal atau saluran kandung kemih sehingga membuat ginjal atau saluran kemih terganggu fungsinya secara keseluruhan.

Batu ginjal bisa mengakibatkan beberapa masalah lanjutan yang juga mengancam ginjalmu. Pada tahap pertama, batu ginjal yang berada di tepi dinding ginjal akan membuat dinding ginjalmu mengalami iritasi secara perlahan-lahan. Bila iritasi itu kian parah, ginjalmu dapat mengalami kebocoran. Atau bisa pula, batu ginjal tersebut menutup saluran ureter sehingga urin yang dihasilkan dari ginjal tidak dapat dikeluarkan dengan sempurna sehingga akan kembali ke dalam ginjal dan terjadilah refluks. Bila refluks sudah terjadi, maka tunggu saja, karena lambat laun, pasti metabolisme tubuhmu akan terganggu dan kamu bisa mengalami pembengkakan ginjal, atau pada kondisi yang benar-benar parah, akan berpeluang mengalami gagal ginjal. Baca juga: Kebiasaan yang Bisa Merusak Ginjal

Oleh karena alasan di atas, maka kamu tidak bisa meremehkan batu ginjal. Ada beberapa hal yang tidak boleh kamu lakukan apabila kamu menderita atau sedang mengalami gejala batu ginjal. Apa saja pantangan batu ginjal tersebut? Berikut ini beberapa hal yang harus kamu hindari saat kamu sedang menderita batu ginjal.

Baca juga:

1. Makan ikan sarden

Salah satu jenis makanan yang harus kamu hindari bahkan tidak boleh sama sekali kamu makan adalah makanan yang mengandung oksalat dengan kadar yang tinggi. Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, oksalat adalah salah satu zat yang dapat terkumpul di dalam ginjal dan kemudian mengkristal dan membentuk batu ginjal. Oleh karena itu, kamu harus menghindari makanan yang mengandung banyak oksalat, salah satunya adalah ikan sarden.  Baca juga: Makanan Sehat untuk Ginjal

2. Pemanis buatan (Sakarin, aspartam, dkk)

Pada beberapa kalangan, mungkin pemanis buatan dianggap menjadi salah satu solusi yang tepat bagi mereka yang ingin merasakan sensasi rasa manis tetapi sedang menderita diabetes. Namun sebenarnya, pemanis buatan sangatlah berbahaya bagi ginjalmu. Ginjal dan juga hati kita, sebenarnya menganggap pemanis buatan sebagai senyawa asing yang perlu dinetralkan sehingga memperberat fungsi ginjal.

Salah satu riset pada tahun 2009 yang diterbitkan dalam jurnal American Society of Nephrology menemukan bahwa orang yang mengonsumsi banyak natrium akan mengalami fungsi ginjal. Sementara pada minuman dengan pemanis buatan, terkandung jumlah natrium yang sangat tinggi. Dengan kata lain, semakin banyak meminum minuman dengan pemanis buatan, semakin berat kerja ginjalmu. Baca juga: Penyebab Radang Ginjal

Selain bahaya di atas, pemanis buatan juga memiliki dampak negatif lainnya yaitu membentuk asam yang kuat di dalam darah. Peningkatan kadar asam ini akan meningkatkan pelepasan kalsium dari tulang dan kemudian meningkatkan pengendapan kalsium oksalat dalam darahmu. Yap, artinya, semakin tinggi pula kemungkinan batu ginjal yang baru akan terbentuk di dalam ginjalmu. Baca juga: Minuman Pembersih Ginjal

Sponsors Link

3. Makan garam berlebihan

Garam sebenarnya adalah sebutan untuk sebuah senyawa yang terdiri atas unsur natrium dan unsur klorin, alias natrium klorida. Sudah tahu bukan bahwa natrium bisa memicu peningkatan produksi asam oksalat dan itu berarti meningkatkan risiko terbentuknya batu ginjal dalam tubuhmu?

Selain dampak di atas, terlalu banyak garam juga akan membuat terjadinya penahanan air di dalam tubuh sehingga ginjal tidak akan dapat menghasilkan urin dalam jumlah yang cukup untuk dikeluarkan sehingga akan memicu pengendapan urin serta meningkatkan resiko munculnya racun lain di dalam tubuhmu. Baca juga: Cara Mengobati Ginjal Bengkak

Tidak hanya masalah-masalah di atas, bahaya natrium dalam kadar yang berlebihan saat kamu sedang mengalami batu ginjal yang lain adalah mampu membuat sirkulasi darah terganggu sehingga malah memicu munculnya penyakit seperti hipertensi, serangan jantung, stroke, dan lain-lain. Semua masalah kesehatan tersebut secara tidak langsung juga akan menambah berat beban ginjal dan mengganggu fungsi ginjal sehingga batu ginjal yang kamu derita malah akan bertambah parah.

Oleh karena itu, jangan terlalu banyak mengonsumsi garam ya.

Baca juga:

ads

4. Makan kedelai

Salah satu jenis makanan yang harus kamu hindari bahkan tidak boleh sama sekali kamu makan adalah makanan yang mengandung oksalat dengan kadar yang tinggi. Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, oksalat adalah salah satu zat yang dapat terkumpul di dalam ginjal dan kemudian mengkristal dan membentuk batu ginjal.

Kedelai adalah salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan asam oksalat sangat tinggi sehingga sangat rawan memperparah batu ginjal apabila kamu sudah memiliki batu ginjal di dalam saluran kemihmu.

Baca juga:

5. Makan karbohidrat non kompleks

Karbohidrat mungkin memang menjadi unsur yang penting untuk mendapatkan energi bagi tubuh kita. Tetapi tahukah kamu bahwa segala jenis karbohidrat olahan seperti gula pasir, nasi putih, tepung dan lain sebagainya termasuk jenis karbohidrat non kompleks. Dari sini, masalahnya adalah, karbohidrat non kompleks itu akan meningkatkan kadar glukosa dengan cepat dan signifikan.

Kenaikan kadar glukosa dalam darah akan mengakibatkan terjadinya kenaikan kadar insulin. Setelah diselidiki, ternyata kenaikan insulin dalam jumlah besar tersebut akan menyebabkan pelepasan kalsium dari tulang dan melarutkannya dalam darah, sehingga seperti yang sudah kita duga sebelumnya, akan memicu produksi asam oksalat dalam jumluh yang cukup banyak dan akan meningkatkan resiko munculnya batu ginjal. Bila kamu sudah menderita batu ginjal, maka hal itu akan menyebabkan meningkatknya ukuran batu ginjal yang ada di dalam saluran kemihmu.

Hal tersebut terbukti melalui salah satu penelitian yang di terbitkan pada tahun 1986 dalam Food and Chemical Toxicology memperkuat temuan bahwa gula halus makanan serta alkohol gula dapat meningkatkan produksi kalsium oksalat yang dapat berakibat buruk pada ginjal kita.

Selain 5 pantangan di atas, ada beberapa pantangan lain yang harus kamu hindari agar keadaan ginjalmu tidak semakin parah. Beberapa mungkin akan membuatmu sedikit tidak nyaman, akan tetapi demi kesehatan ginjalmu sendiri, sebaiknya kamu benar-benar menjauhi pantangan-pantangan di bawah ini. Apa saja itu? Berikut pantangan tambahan yang telah berhasil kami rangkum dari berbagai sumber.

  1. Minum kopi
  2. Makan daging merah
  3. Minum minuman bersoda
  4. Makan tempe kedelai
  5. Makan tahu kedelai
  6. Minum susu kedelai
  7. Minum jeruk berlebihan
  8. Makan kale
  9. Makan brokoli
  10. Alkohol
  11. Makan garam
  12. Makan tomat
  13. Makan kacang-kacangan
  14. Makan kacang panjang
  15. Mengonsumi ikan-ikanan

Baca juga:

Sponsors Link

Penyebab batu ginjal

Setelah mengetahui pantangan batu ginjal, ada baiknya kamu juga mengetahui kenapa batu ginjal bisa terjadi sehingga kamu bisa menghindari mengalami batu ginjal untuk yang kedua kalinya. Ingatlah bahwa pencegahan selalu lebih baik daripada mengobati. Jadi, daripada kamu menunggu ginjalmu bermasalah, lebih baik kamu menjaga agar ginjalmu tetap sehat sampai akhir hidupmu nanti.

Berikut ini beberapa hal yang dapat menyebabkan batu ginjal.

  1. Memakan terlalu banyak makanan tinggi kalsium
  2. Memakan terlalu banyak makanan yang mengandung oksalat
  3. Memakan terlalu banyak makanan tinggi asam urat
  4. Faktor genetika
  5. Tidak sempurnanya pembentukan urin sehingga gagal menghasilkan zat pemisah antara zat-zat kristal yang ada di saluran kemih
  6. Infeksi ginjal
  7. Kurang banyak minum air
  8. Memakan terlalu banyak makanan tinggi protein tanpa diimbangi dengan minum air yang cukup
  9. Ginjal mengalami masalah terlalu banyak memproduksi asam amino sistinuria

Cara mengatasi batu ginjal

Sementara itu, untuk mengatasi batu ginjal, kamu dapat memanfaatkan beberapa obat tradisional atau obat herbal yang ada di bawah ini.

  1. Jus Lemon
  2. Minyak zaitun
  3. Cuka apel
  4. Uva ursi
  5. Akar dandelion
  6. Teh Horsetail
  7. Jus Buah Delima
  8. Seledri
  9. Teh basil
  10. Jus seledri
  11. Jus basil
  12. Keji keling
  13. Kumis kucing
  14. Mengkudu
  15. Daun tempuyung
  16. Daun dadap
  17. Daun gempur batu
  18. Daun alpukat
  19. Buah manggis

Itulah beberapa pantangan penyakit batu ginjal dan apa yang dapat kamu lakukan untuk menghindari serta mengatasi batu ginjal. Apapun yang terjadi, percayalah bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati batu ginjal. Jadi, selamat merawat ginjal kesayanganmu ya!

Sponsors Link
>
, ,