Sponsors Link

Panduan Konsumsi Protein untuk Pasien Dialisis Dari Ahli Gizi

Sponsors Link

Protein merupakan bahan penyusun yang sangat dibutuhkan untuk kehidupan manusia. Makanan sendiri memiliki tiga makronutrien yakni protein, karbohidrat dan juga lemak. Makronutrien tersebut merupakan unsur pembangun yang membentuk makanan dan memberikan energi pada tubuh yang disebut dengan kalori.

ads

Protein bisa berasal dari sumber hewani seperti unggas, daging, telur dan susu atau dari sumber nabati seperti kacang kacangan dan biji bijian. Seseorang akan butuh lebih banyak albumin yakni protein dalam darah ketika sedang menjalani proses hemodialisis. Pada saat ginjal sudah tidak berfungsi dengan baik, maka hemodialisis dan dialisis peritoneal akan menghilangkan penumpukan limbah serta cairan yang ada dalam darah.

Namun, dialisis juga turut menghilangkan beberapa albumin dari dalam darah dan inilah sebabnya kenapa panduan konsumsi protein untuk pasien dialisis sangat penting untuk diketahui.

Albumin akan membantu cairan tetap ada di pembuluh darah dan ini sangatlah penting ketika anda melakukan dialisis sebab anda tidak bisa pergi ke kamar mandi seperti dulu. Dialisis akan mengeluarkan cairan ekstra dari darah anda dan akan menjaga cairan dalam darah anda agar tidak menggenang di sekitar kaki dan pergelangan kaki atau di sekitar paru paru anda. Untuk itu, dialisis sangat penting untuk menghilangkan kelebihan cairan lebih mudah dan sekaligus juga mengurangi stres pada sisa tubuh anda.

Level albumin akan diperiksa setiap bulan ketika pasien menjalani dialisis dengan sasaran level 4.0 atau lebih tinggi atau dikenal dengan pasien yang mengalami albuminuria. Dalam penelitian menunjukkan jika pasien dialisis dengan tingkat albumin 4.0 atau lebih tinggi memiliki peluang rawat inap yang lebih kecil sekaligus risiko kematian yang lebih rendah. Kadar albumin anda bisa turun akibat peradangan, infeksi atau rawat inap baru baru ini.

Cara Menaikkan Level Albumin

Meski memang tidak terkait langsung dengan makanan, namun sering kali pasien akan makan lebihsedikit ketika sedang merasa tidak enak badan. Berikut ini akan kami berikan panduan konsumsi protein untuk pasien dialisis agar level albumin bisa ditingkatkan atau dipertahankan.

1. Minum dan Makan Sumber Protein

Setidaknya dalam sehari, anda harus minum 32 oz cairan atau lebih kurang dari itu sebab albumin akan turun ketika anda terlalu banyak minum. Selain itu, pastikan juga anda makan sumber protein setiap kali sedang mengkonsumsi makanan. Namun untuk ciri ciri penyakit ginjal yang lain juga memiliki aturan yang berbeda.

2. Nikmati Camilan Sebelum Tidur

Organ hati anda akan menyimpan energi ekstra yang digunakan ketika anda belum makan seperti ketika anda sedang tidur dan melewatkan waktu makan atau ketika tidak merasa lapar. Jika anda tidak memiliki energi tersimpan yang cukup, maka tubuh akan memakai protein yang tersimpan dalam otot anda.

3. Makan 1 Kacang Brazil Setiap Hari

Kacang Brazil mengandung antioksidan yang disebut selenium dalam jumlah tinggi. Selenium ini sangat membantu untuk mengurangi peradangan yang bisa menurunkan albumin anda. Namun pastikan anda hanya mengkonsumsi satu kacang brazil per hari sebab jika terlalu banyak, maka bisa meningkatkan kadar kalium dan fosfor anda yang juga baik dikonsumsi untuk ciri ciri ginjal bermasalah.

4. Siapkan Camilan Berprotein Tinggi

Pastikan untuk selalu menyimpan camilan yang mengandung protein tinggi seperti tuna, salad telur atau ayam. Anda bisa menyantapnya bersama dengan keripk untuk camilan lezat khususnya pada saat anda tidak terlalu nafsu makan namun masih butuh banyak makanan mengandung protein agar ginjal rusak tidak sampai terjadi.

Sponsors Link

5. Konsumsi Suplemen Protein

Anda juga bisa mencoba suplemen yang mengandung protein seperti protein bar atau taburi bubuk protein dengan rasa vanila pada mangkuk oatmeal untuk makan pagi anda. Namun, pastikan anda selalu membaca labelnya dengan baik sebab ada beberapa protein baru atau bubuk protein yang mengandung banyak kalium. Tanyakan pada ahli diet anda untuk pilihan terbaik yang bisa anda konsumsi yang juga menjadi cara menjaga kesehatan ginjal.

6. Gunakan Phospat Binder

Gunakan selalu phospat binder atau pengikat fosfat anda setiap kali makan atau sedang mengkosumsi kudapan khususnya suplemen protein sebab di mana ada protein, maka kemungkinkan juga akan ada fosfor.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup