Sponsors Link

Manfaat dan Jenis Operasi Laser Untuk Infeksi Saluran Kemih

Sponsors Link

Penyakit infeksi saluran kemih atau ISK merupakan infeksi yang terjadi di organ yang berhubungan dengan fungsi pembentukan air seni. Ini bisa terjadi karena infeksi bakteri sudah berkembang biak di dalam saluran kemih baik pada pria atau wanita. Infeksi saluran kemih bagian atas bisa terjadi di ginjal dan saluran ureter, sementara untuk infeksi bagian bawah terjadi pada kandung kemih serta uretra. Untuk mengatasi masalah ini, maka operasi laser untuk infeksi saluran kemih biasanya akan dilakukan.

ads

Untuk mengatasi infeksi saluran kemih akan dilakukan pada sumber infeksi bakteri dan letak organ yang terkena. Sebagian besar butuh obat obatan seperti antibiotik. Sedangkan operasi laser untuk infeksi saluran kemih akan dilakukan jika terdapat batu di saluran kemih yang menyertai kondisi infeksi.

Infeksi saluran kemih bisa terjadi karena bakteri gram positif seperti Staphylococcus aureus dan juga gram negatif seperti E.coli dan Klebsiella sp. Gangguan pada saluran kemih akan menyebabkan bakteri tidak dapat dibersihkan lewat urin sehingga pertumbuhan yang besar di saluran kemih serta bisa menimbulkan infeksi kandung kemih sekaligus gejala.

Kondisi lain yang sedikit berbeda yakni jika infeksi saluran kemih memicu timbulnya penyakit batu ginjal. Ini bisa terjadi akibat infeksi bakteri yang mengubah urea menjadi amonia menumpuk dan akhirnya membentuk batu yang menghambat aliran dan terperangkap pada ginjal serta saluran kemih.

Hambatan urin juga bisa meningkatkan risiko batu semakin banyak karena petumbuhan bakteri dan terperangkapnya urin yang mengendap akan membentuk batu semakin cepat. Penyakit batu pada rongga ginjal lebih sering menyerang pria dibandingkan dengan wanita ditambah lagi jika kurang minum, terlalu banyak makan jeroan, diabetes dan juga minum teh atau kopi.

Gejala Infeksi Saluran Kemih

Gejala umum yang terjadi karena infeksi saluran kemih yang kemudian bisa memicu batu ginjal diantaranya adalah:

Pemeriksaan Diagnostik Penyakit Infeksi Saluran Kemih

Pemerikasan diagnostik diperlukan untuk menilai kondisi saluran kemih atau untuk mendeteksi adanya batu yang mengganggu. Beberapa pemeriksaan yang dilakukan diantaranya:

Pemeriksaan fisik: Dilakukan untuk melihat keluhan dan juga kelainan fisik sebagai tanda infeksi atau ciri ciri batu ginjal sudah terbentuk.

Laboratorium: Pemeriksaan laboratorium seperti darah lengkap dan urin lengkap berguna untuk mendeteksi adanya sel darah putih, sel darah merah, nitrat, bakteri, darah pada urin dan juga kristalpada urin.

Pencitraan: Pencitraan dengan USG abodomen dan saluran kemih atau rontgen digunakan untuk mendeteksi derajat indeksi, letak dan juga ukuran batu saluran kemih.

Tindakan yang Dilakukan

Untuk mengatasi infeksi sistem urin, maka dibutuhkan obat antibiotik yang berguna untuk membasmi bakteri sehingga bisa mengurangi gejala. Selain itu juga dibutuhkan antinyeri dan analgesik jika memang terjadi keluhan seperti demam atau nyeri.

Namun untuk batu ginjal, maka dibutuhkan penanganan operasi khususnya dengan laser. Operasi laser yang dilakukan oleh dokter bedah terdiri dari 2 jenis yakni ESWL dan juga PCNL.

Sponsors Link

1. ESWL

ESWL atau Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy merupakan operasi yang dilakukan untuk penanganan batu ginjal dan saluran kemih bagian atas dengan memakai transmisi energi yang lebih aman. Terapi ESWL dipakai untuk menghancurkan batu ginjal berukuran kurang dari 2 sentimeter dan batu ureter yang berdiameter kurang dari 1 sentimeter.

Gelombang elektrol akan menghancurkan batu sehingga menghasilkan pecahan batu yang lebih kecil serta mudah dikeluarkan. Namun sayangnya, ESWL ini tidak bisa dilakukan jika batu ginjal masih disertai dengan infeksi saluran kemih. Untuk itu, dibutuhkan penanganan infeksi saluran kemih sebelum tindakan ESWL tersebut dilakukan. Selain itu, ESWL juga tidak boleh dilakukan pada ibu hamil, pemilik kelainan pembekuan darah dan juga gangguan pembuluh darah.

2. PCNL

PCNL atau Precutaneous Nephrolithotomy merupakan tindakan yang butuh teknik operasi dengan memasukkan nefroskop dari pinggang lewat sayatan kecil. PCNL ini berguna sebagai pengobatan tuntas batu ginjal dengan ukuran lebih dari 20 milimeter. Alat akan masuk ke ginjal dan batu yang lebih besar harus dihancurkan lebih dulu dengan ultrasound atau fluoroskopi.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan