Sponsors Link

Operasi Ginjal Bocor: Prosedur – Biaya dan Perawatan

Sponsors Link

Dalam istilah dunia medis, sebetulnya tidak dikenal dengan nama ciri ciri ginjal bocor. Istilah tersebut mungkin diberikan dengan tujuan untuk mempermudah pemahaman masyarakat dan nama kedokteran untuk ginjal bocor sendiri adalah sindrom nefrotik. Sindrom nefrotik atau ginjal bocor ini bisa terjadi pada orang dewasa dan juga anak anak. Pada anak anak biasanya menderita ginjal bocor yang disebut dengan minimal chane disease yakni penyakit dengan perubahan minimal.

ads

Ginjal bocor ini sebetulnya bisa diobati dengan cara mengkonsumsi obat obatan yang diberikan oleh dokter. Namun jika fungsi ginjal sudah benar benar terganggu, maka ada operasi ginjal bocor yang akan dilakukan untuk mengatasi masalah yang biasa disebut dengan gagal ginjal. Dengan metode ini, maka dokter bisa melakukan pembedahan untuk mengganti ginjal yang sudah rusak tersebut dengan ginjal sehat dari pendonor. Berikut akan kami jelaskan tentang prosedur operasi ginjal bocor lengkap dengan biaya dan perawatannya.

Prosedur

Operasi ginjal bocor yang dilakukan dengan cara transplantasi ginjal ini akan dilakukan sesudah memperoleh ginjal yang tepat dari pendonor untuk mengatasi penyebab ginjal bocor pada orang dewasa atau anak anak. Umumnya, operasi ini membutuhkan waktu antara 3 hingga 4 jam dan selama proses tersebut, anda tidak akan sadarkan diri karena sudah dibius total.

Tim medis nantinya akan memulai operasi dengan membuat satu sayatan lalu menempatkan ginjal baru pada bagian bawah perut. Jika memang ginjal lama menyebabkan komplikasi seperti batu ginjal, infeksi ginjal, tekanan daragh tinggi atau infeksi, maka tim medis juga akan mengangkat ginjal tersebut.

Tim medis kemudian akan menyambungkan pembuluh darah ginjal yang baru ke pembuluh darah bagian bawah perut dan menghubungkan ureter yakni saluran kemih dari ginjal baru ke kandung kemih untuk mengatasi bahaya ginjal bocor.

Biaya

Untuk melakukan operasi ginjal bocor ini, maka tentunya biaya yang tidak sedikit. Biaya yang dibutuhkan nantinya tergantung dari masing masing kebijakan rumah sakit dan juga dari kelengkapan alat yang akan digunakan dalam operasi. Namun biasanya, pasien yang ingin menjalani operasi ginjal bocor harus menyiapkan dana antara t juta hingga 25 juta. Biaya biaya tersebut juga belum termasuk dengan biaya obat obatan dan juga biaya perawatan sesudah operasi.

Perawatan

Untuk minggu minggu pertama sesudah menjalani operasi, maka pasien akan disarankan untuk mengontrol kesehatan secara teratur ke rumah sakit. Sesudah itu, maka banyaknya kunjungan akan mulai dikurangi menjadi 2 hingga 3 bulan sekali asalkan pasien tidak mengalami gangguan kesehatan yang serius sesudah operasi sama seperti transplantasi ginjal.

Dari mulai risiko terkena kanker khususnya kanker kulit bisa meningkat sesudah operasi dilakukan sehingga sangat disarankan untuk memeriksakan kondisi kulit serta bagian tubuh lainnya secara berkala untuk memeriksa benih benih kanker tersebut. Selain itu, ada beberapa perawatan lain yang juga harus dilakukan, seperti:

1. Mengubah Pola Makan

Ada kemungkinan jika sesudah operasi ginjal dilakukan, maka beberapa jenis makanan tertentu juga harus dihindari selama beberapa minggu pertama karena bisa menyebabkan infeksi seperti menghindari daging setengah matang, susu yang belum dipasteurisasi dan produk yang mengandung telur mentah seperti mayonaise.

Sponsors Link

Selain itu, pola makan yang harus masuk ke dalam diet pasca operasi meliputi:

  • Sedikit mengkonsumsi produk susu
  • Memperbanyak asupan buah dan sayuran yang merupakan makanan penderita ginjal bocor.
  • Konsumsi makanan yang terbuat dari gandum.

2. Rutin Olahraga

Sesudah kondisi fisik dinyatakan pulih, maka juga disarankan untuk olahraga dengan teratur seperti aerobik selama 2 hingga 5 jam per minggu. Selain itu, berenang, bersepeda, tenis dan juga jalan cepat juga masih bisa dilakukan selain juga harus menjauhi pantangan ginjal bocor.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan