Sponsors Link

Operasi Ginjal Bengkak: Prosedur – Biaya dan Perawatan

Sponsors Link

Ginjal bengkak yang dalam istilah medis disebut dengan hidronefrosis merupakan pembengkakan bagian organ ginjal yang terjadi karena penumpukan urine di mana urine tidak bisa mengalir dari ginjal menuju kandung kemih. Kondisi tersebut biasanya terjadi pada salah satu bagian organ ginjal, namun juga bisa terjadi pada dua ginjal secara bersamaan.

Jika bisa terdeteksi dan ditangani secepatnya, maka ginjal bengkak jarang menyebabkan komplikasi jangka panjang. Akan tetapi jika hanya dibiarkan, maka berpotensi menyebabkan penyakit infeksi saluran kemih dan luka parut ginjal sehingga mengarah pada ginjal dan operasi ginjal bengkak dibutuhkan untuk mengatasi masalah tersebut yakni sistoskopi. Berikut ini adalah beberapa jenis operasi ginjal bengkak yang bisa dilakukan.

Prosedur

Dalam setiap prosedur medis termasuk operasi ginjal bengkak dan ciri ciri ginjal bermasalah lainnya, anda harus menyiapkan diri sebelum tes dilakukan. Dokter kemungkinan akan memberikan resep antibiotik tertentu sebelum atau sesudah tes medis dilakukan supaya infeksi tidak terjadi.

Hanya saja, resep antibiotik yang akan diberikan tergantung dari tipe prosedur yang akan dijalani pasien. Namun ada beberapa persiapan penting yang harus diperhatikan, seperti:

1. Pemberian Anestesi

Jika operasi ginjal bengkak dilakukan di dalam ruang operasi yang mengedepankan pemakaian anestesi, maka petugas kesehatan tentu akan memberikan penjelasan lengkap pada pasien tentang instruksi prosedur. Untuk itu, semua instruksi tersebut harus anda lakukan supaya pemberian anestesi bisa dilakukan dengan baik.

2. Puasa

Dokter biasanya akan meminta pasien sebelum tidak mengkonsumsi apa pun pada tengah malam sebelum hari tes operasi ginjal bengkak dilakukan sama seperti transplantasi ginjal. Namun untuk sekarang ini, pasien masih diperbolehkan untuk mengkonsumsi cairan tertentu sampai 4 jam sebelum prosedur dilakukan. Sedangkan untuk tes medis yang hanya membutuhkan anestesi lokal tidak membutuhkan puasa sama sekali.

3. Memberitahukan Obat yang Dikonsumsi

Pasien juga nantinya diharuskan memberi tahu dokter tentang obat apa saya yang dikonsumsi. Hal ini sangatlah penting dilakukan supaya komplikasi tidak terjadi khususnya jika anda mengkonsumsi obat pengencer darah termasuk juga warfarin, ibuprofen dan juga aspirin yang juga harus dilakukan sesudah menjalani operasi pengangkatan ginjal agar efek samping operasi pengangkatan ginjal tidak terjadi.

Sesudah persiapan dilakukan dengan baik, maka tahap berikutnya adalah proses operasi di mana ada beberapa hal juga yang harus anda ketahui.

  • Pasien mengenakan baju operasi: Ketika masuk ke ruang operasi, maka pasien harus sudah mengenakan baju operasi kemudian dipersilahkan untuk berbaring di atas meja operasi dalam posisi telentang.
  • Pensterilan akan dilakukan pada bukaan uretra yaitu sisi luar vagina wanita dan ujung penis pada pria serta bagian kulit yang paling dekat.
  • Gel khusus akan dimasukkan yang sudah mengandung anestesi lokal untuk memberikan rasa kebas. Metode pembiusan tersebut dilakukan untuk meminimalisir rasa tidak nyaman selama alat sistoskopi dimasukkan ke dalam uretra.
  • Dokter lalu akan mendorong air steril lewat rongga samping pada alat supaya kandung kemih bisa terisi.
  • Prosedur keseluruhan dibutuhkan waktu antara 5 hingga 10 menit saja dengan tujuan untuk memeriksa kandung kemih bagian dalam.

Sesudah tes dilakukan, maka hasilnya bisa langsung diterima pasien. Sedangkan jika biopsi dilakukan bersamaan dengan proses sistoskopi, maka hasil biopsi akan menyusul dalam beberapa hari.

Biaya

Unuk biaya operasi ginjal bengkak yakni dengan cara sistokopi untuk menentukan kondisi uretra dan kandung kemih bengkak penyebab ginjal bengkak ini dilakukan dengan memasukkan tabung lentur atau kaku yang sudah dilengkapi dengan kamera dan cahaya ke dalam kandung kemih. Biaya yang dibutuhkan akan berbeda beda dari satu rumah sakit dengan rumah sakit yang lainnya. Namun rata rata membutuhkan biaya antara Rp.2.500.000 hingga Rp.3.000.000.

Perawatan

Pasien yang sudah menjalani operasi ginjal bengkak biasanya akan merasakan sensasi terbakar, sakit dan tidak nyaman di saluran kemih seperti ciri kandung kemih bermasalah namun tetap bisa beraktivitas seperti biasa. Pasien nantinya akan dianjurkan lebih banyak minum dan buang air kecil untuk mengurangi iritasi.

Selain itu, area kemaluan juga bisa dikompres dengan air hangat untuk mengurangi rasa nyeri dan jika dibutuhkan juga bisa mandi air hangat. Jika pasien menjalani operasi dengan bius regional atau bius total, maka sensasi kepala terasa berat sesudah prosedur operasi bisa terjadi. Untuk itu dibutuhkan pemantauan lebih lama dan mungkin perawatan di rumah sakit. Jika sudah diijinkan untuk pulang, maka pasien tidak diperbolehkan untuk mengendarai kendaraan sendiri dan harus diantar pulang. Sedangkan untuk mengurangi rasa sakit, maka dokter biasanya akan memberikan pereda rasa nyeri seperti ibuprofen atau paracetamol.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan