Sponsors Link

6 Obat yang Bisa Menghentikan Cuci Darah

Sponsors Link

Cuci darah atau dialisis merupakan prosedur yang dilakukan untuk membuang limbah berbahaya dari dalam tubuh. Proses ini biasanya memang dilakukan secara alami oleh bagian organ ginjal. Namun saat fungsi ginjal mengalami gangguan, maka dibutuhkan alat bantu berupa mesin yang biasanya dilakukan untuk pasien gagal ginjal kronis yakni kondisi ginjal sudah mengalami penurunan fungsi di bawah batas normal. Cuci darah sendiri biasanya juga dibagi menjadi dua yakni proses hemodialisis dan juga dialisis peritoneal.

Sedangkan keputusan menghentikan proses cuci darah sendiri hanya menjadi keputusan dokter dan juga pasien. Apabila pasien menjalani dialisis akibat ciri ciri ginjal akut, maka pemulihan bisa saja terjadi dan dialisis juga bisa dihentikan. Namun jika pasien menjalani cuci darah ini karena penyakit ginjal kronis, maka menghentikan cuci darah hanya akan memperburuk penyakit yang bisa berujung pada kematian. Berikut ini akan kami berikan beberapa jenis obat yang bisa menghentikan cuci darah untuk pasien gagal ginjal akut.

 1.Perawatan Medis

Obat yang bisa menghentikan cuci darah pertama adalah dari perawatan medis. Perawatan medis sendiri bertujuan untuk melindungi serta mempertahankan fungsi ginjal lainnya yang tersisa serta mengatasi gejala yang berhubungan dengan gangguan ginjal.

Ada beberapa faktor dari gagal ginjal yang tidak bisa diatasi dengan cuci darah dan dibutuhkan perawatan medis lainnya untuk mengatasi masalah tersebut. Sebagai contoh manajemen perawatan anemia yang dibutuhkan untuk pasien dialisis atau pun tidak.

2. Pengobatan Anemia

Anemia biasanya terjadi pada pasien gagal ginjal kronis yang bisa memperburuk kondisi pasien jika tidak segera ditangani. Dalam kondisi normal, ginjal akan menghasilkan hormon erythropoietin [EPO] untuk merangsang pembentukan sel darah merah di sumsum tulang. Fungsi ginjal yang rusak tentu akan menghasilkan EPO tersebut dalam jumlah sedikit dan semakin rentan terhadap anemia. Untuk itu, pengobatan anemia harus diberikan setiap minggu atau dua minggu sekali lewat suntikan.

3. Terapi Continuous Ambulatory Peritoneal Dialysis [CAPD]

CAPD merupakan teknik lain untuk menghentikan tujuan cuci darah yang bisa membersihkan darah selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Sistem CAPD memerlukan kantung cairan dialisat dan juga selang yang terhubung dengan kateter yang digantung pada tiang selama proses pergantian dilakukan.

Sebagian besar pasien butuh 3 hingga 4 kali penggantian dalam 1 hari seperti ketika bangun pagi, maka siang, sebelum makan malam dan juga sebelum tidur. Sedangkan penggantian cairan sendiri butuh waktu sekitar 30 menitdi mana cairan dialisat akan mengisi rongga perut selama penggantian semalaman.

Saat proses penggantian, maka pasien tetap bisa beraktivitas yang dilakukan di area bersih seperti rumah, kantor atau bahkan perjalanan. Terapi CAPD ini terbilang merupakan perawatan yang sederhana dibandingkan dengan manfaat cuci darah dan tidak bermain dengan darah serta tidak menukarkan cairan.

4. Obat Hipertensi

Tekanan darah tinggi bisa menurunkan fugsi ginjal dan juga mengubah komposisi elektrolit di dalam tubuh. Untuk penderita gagal ginjal kronis yang disertai dengan hipertensi, maka dokter biasanya juga akan memberikan obat ACE inhibitor atau ARB tersebut.

5. Obat Mengurangi Tingkat Kolesterol

Tingkat darah tinggi lemak yang disebut dengan lipid seperti kolesterol akan meningkatkan risiko masalah jantung dan juga pembuluh darah.Jika tingkat tersebut terlalu tinggi, maka diet rendah lemak penting untuk dilakukan dengan berolahraga lebih sering. Selain itu, pasien juga akan diberikan obat seperti statin yang berguna untuk menurunkan kolesterol pada penderita gejala gagal ginjal kronik.

6. Daun Seledri

Jika memang biaya cuci darah terasa terlalu mahal dan harus dihentikan, maka cara tradisonal bisa dijadikan solusinya yakni menggunakan daun seledri. Cuci bersih 1 ikat daun seledri segar dan potong potong lalu masukkan ke dalam panci yang sudah diisi dengan 1 liter air.

Didihkan selama 10 menit dan biarkan hingga dingin lalu minum sebanyak 1 gelas setiap hari yang sangat baik untuk mengeluarkan racun bersama dengan buang air kecil.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Obat Obatan